• Jum'at, 19/04/2024 19:17 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

Tanjung Pulisan Sulut Diarahkan Jadi KEK Pertama Berkonsep Resort Konservasi dan Taman Laut

- Jum'at, 15/03/2019 23:46 WIB
Tanjung Pulisan Sulut Diarahkan Jadi KEK Pertama Berkonsep Resort Konservasi dan Taman Laut
KOMBLIK

Tanjung Pulisan - Likupang, Sulawesi Utara (Sulut), diarahkan untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pertama di Provinsi Sulut dengan konsep resort konservasi internasional dan taman laut.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pengusulan KEK Pariwisata yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui Asisten Deputi (Asdep) Bidang Investasi Pariwisata dan digelar di Hotel Aryaduta, Manado, Sulawesi Utara, pada Jumat (15/03).

Acara dibuka oleh Asisten Deputi Bidang Investasi Pariwisata Kemenpar, Henky Manurung, dan dihadiri oleh Ketua Tim Percepatan Kawasan Pariwisata, Azwir Malaon, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Bapak Allan Mingkid, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut, Daniel A Mewengkang, perwakilan PT. Minahasa Permai Resort Development (MPRD), Paquita Wijaya, Staf Ahli Gubernur, Dino Gobel, Kepala Bidang Investasi Destinasi Pariwisata Khusus, Rudy P. Siahaan, beserta jajaran, dan para stakeholder pariwisata daerah Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya, Henky menyampaikan rakor itu digelar sebagai bentuk tindak lanjut arahan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya untuk menghasilkan 100 destinasi KEK, sekaligus finalisasi persiapan kunjungan Menpar ke KEK Tanjung Pulisan – Likupang dalam waktu dekat.

"Kami harap rapat koordinasi ini akan mempercepat pengusulan KEK Tanjung Pulisan, Likupang, agar potensi pariwisatanya dapat dikelola dengan baik dan dapat diperkenalkan segera kepada masyarakat luas. Saya optimistis, Tanjung Pulisan yang akan dikembangkan sebagai KEK pertama di Sulawesi Utara ini akan meningkatkan investasi di daerah dan membantu menumbuhkan pusat ekonomi baru dengan banyaknya kunjungan wisatawan kelak," tambah Henky.

Kemenpar hingga akhir tahun ini akan berfokus untuk menyelesaikan pembangunan lima KEK pariwisata di beberapa destinasi yang tersebar dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Sebanyak lima lokasi KEK pariwisata tersebut yakni di Sukabumi (Jawa Barat), Pangandaran (Jawa Barat), Likupang (Sulawesi Utara), Mentawai (Sumatera Barat), dan Kepulauan Selayar (Sulawesi Selatan).

Senada dengan Henky, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Daniel A. Mewengkang, menyambut baik adanya pelaksanaan rakor percepatan pengusulan KEK Tanjung Pulisan ini karena menurutnya akan banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat sekitar KEK maupun calon investor.

"Hadirnya KEK ini akan memberi tiga manfaat, pertama akan memberi keamanan investasi dengan disediakannya izin lokasi dan amdal, kedua mempercepat hadirnya investor dengan disediakannya sarapan prasarana investasi seperti listrik, air, dan jalan, serta ketiga mengakselerasi kegiatan investasi melalui adanya sistem perizinin terpadu satu pintu (PTSP) atau _one stop service investment_," jelas Daniel. 

Rencananya, KEK Tanjung Pulisan, Likupang, Sulut, akan berdiri di atas lahan seluas 396 hektar, dengan nilai investasi sebesar Rp11 triliun dalam jangka waktu investasi selama 10 tahun. 

Proyeksi serapan tenaga kerja yang akan dihasilkan di area KEK Tanjung Pulisan, Likupang, secara rata-rata adalah sekitar 1.500 tenaga kerja pertahun melalui rencana bisnis konsep pengembangan pariwisata sebagaimana data Kajian Studi Kelayakan KEK Tanjung Pulisan, Likupang, dari PT. Minahasa Permai Resort Development.

Perwakilan PT MPRD, Paquita Wijaya, menyatakan dalam tiga tahun pertama, KEK Tanjung Pulisan, Likupang, akan berfokus dalam tahap pembangunan infrastruktur.

Mengingat lokasi KEK Tanjung Pulisan berdekatan dengan hutan lindung, ke depannya PT MPRD akan membangun _Wallace International Conservation Resort and Marine Park_, sebagai salah satu atraksi utama di kawasan tersebut. 

Tujuan dibangunnya area konservasi ini tidak lain untuk mengembalikan keanekaragaman flora dan fauna endemik daerah yang saat ini sudah berkurang  jumlahnya. Sejauh ini, Paquita menuturkan pihaknya sudah bekerja sama dengan investor Singapura terkait pengembangan _conservation resort_, dan dengan telah berkomunikasi dengan investor Australia terkait pengembangan marina di KEK Tanjung Pulisan. 

“Kami yakin, hadirnya KEK Tanjung Pulisan yang menyuguhkan keindahan topografi seperti green sabana, perbukitan, dan lautan yang masih _pristine_ ini akan menjadi daya jual bagi wisatawan. Bukan tidak mungkin ke depan, KEK ini akan turut berkontribusi menjadi salah satu destinasi unggulan yang mendukung target kunjungan wisatawan baik wisman dan wisnus yang direncanakan oleh Menpar," pungkas Paquita.

 

 

Tags

Artikel Terkait

Terkini