• Jum'at, 29/03/2024 01:06 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice akan hadir di Jakarta saat libur Lebaran 2024 14 & 15 April di Indonesia Arena

Dubes RI Singapura Dukung Inovasi Kios Pintar Sekolah

- Minggu, 31/03/2019 12:30 WIB
Dubes RI Singapura Dukung Inovasi Kios Pintar Sekolah
Dubes RI Singapura ( Ist )

( rilDuta Besar Indonesia di Singapura Dukung Perkembangan Era Digital untuk Dunia Pendidikan dengan Meresmikan Pemanfaatan Teknologi Informasi Berupa Mesin Kios Pintar di SIS Ltd.

Kritikan tidak adanya perkembangan yang signifikan dalam sistem pendidikan di Indonesia sejak 100 tahun yang lalu, kini menemui titik temu.

Era digital merupakan kesempatan bagi dunia pendidikan Indonesia untuk mengubah dan mengembangkan sistem pendidikan yang lebih modern dan lebih dekat dengan dunia pelajar di zaman sekarang.

Sekolah Indonesia Singapura Limited atau disingkat SIS Ltd merupakan sekolah yang didirikan untuk memfasilitasi pendidikan anak-anak Warga Negara Indonesia yang tinggal di Singapura,  berlokasi di 20A Siglap Road Singapura dan berada di bawah naungan langsung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) ingin ‘mendobrak’ sistem pendidikan yang masih konvensional dengan resmi menjadi sekolah pertama di Singapura dan juga sekolah indonesia di luar negeri yang menggunakan edukasi teknologi (edutech) berupa KIPIN ATM sebagai sarana pembelajaran di sekolah, yang terbukti jauh lebih canggih, lebih praktis dan lebih murah dibandingkan cara lama yang memanfaatkan buku cetak.

KIPIN ATM merupakan sebuah Kios Pintar Digital yang berbentuk seperti mesin ATM berisi :

  • RIBUAN Buku Pelajaran Sekolah terbitan Kemendikbud
  • Video Pelajaran Sekolah berbasis kurikulum 2013
  • Latihan Soal Tryout
  • Komik Literasi

Semuanya All in One hanya dalam 1 (satu) mesin. Keunggulan lainnya dari KIPIN ATM ialah tidak membutuhkan jalur internet  dan hanya dengan menggunakan jalur listrik saja KIPIN ATM sudah dapat langsung digunakan.

Selain itu, KIPIN ATM juga dilengkapi dengan wifi yang terdapat di dalam mesin yaitu “KIPIN eduSPOT”, dimana semua data dalam KIPIN ATM dapat diunduh secara GRATIS oleh para siswa tanpa mengurangi pulsa ataupun kuota internet dan materi yang sudah terunduh di smartphone, bisa digunakan kapan saja dan dimana saja secara offline.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Bpk I Gede Ngurah Swajaya meng-apresiasi upaya sekolah menjadi Smart School. Mendukung KBRI yang sudah Smart Embassy. Saat mencoba sendiri mesin KIPIN ATM, beliau sangat senang dengan kecanggihan alat tersebut dan berharap selalu ada update konten. Juga berpesan agar berupaya meningkatkan Digital School agar Pendidikan Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain.

Sumardiyanto, Kepala Sekolah SIS Ltd menyadari bahwa saat ini dunia tengah memasuki revolusi digital dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia, internet sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dimana terdapat perubahan dari cara belajar serta pola berpikir khususnya bagi generasi millenial.

“Tentunya, pola pendidikan era lama kini menjadi kurang relevan untuk diterapkan pada generasi zaman now yang terkena dampak langsung disruptif teknologi. Karena itu, dengan adanya  KIPIN ATM di sekolah kami ini, diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar siswa karena baik siswa maupun guru sangat dimudahkan dalam mendapatkan materi pelajaran LENGKAP secara GRATIS !!”,ujar Sumardiyanto.

SIS Ltd ( Sekolah Indonesia Singapura Limited) sebagai sekolah yang berpikiran maju ingin membuktikan bahwa gadget bisa berdampak positif apabila digunakan dengan tepat. Justru era digital ini merupakan kesempatan bagi dunia pendidikan untuk mengubah dan mengembangkan sistem pendidikan yang modern dan lebih dekat dengan dunia pelajar di zaman sekarang.

Dengan adanya penambahan fasilitas KIPIN ATM diharapkan Sekolah Indonesia Singapura Limited (SIS Ltd) dapat menjadi representasi bagi sekolah-sekolah yang ada di Indonesia bahwa dengan selalu upgrade mengikuti perkembangan teknologi dapat membawa Pendidikan Indonesia menjadi lebih maju dan yang paling penting ialah anak bangsa mampu bersaing secara global.

 

 

Tags

Artikel Terkait

Terkini