• Kamis, 25/04/2024 04:56 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

Kota Tertua di Bulgaria Dinobatkan Sebagai Ibu Kota Budaya Eropa

- Minggu, 13/01/2019 20:17 WIB
Kota Tertua di Bulgaria Dinobatkan Sebagai Ibu Kota Budaya Eropa
dalam rangka peringatan 30 tahun runtuhnya tembok Berlin dipamerkan di ruang terbuka Kota Plovdiv ( AP )

Plovdiv, kota tertua di Bulgaria, telah diresmikan sebagai Ibu Kota Budaya Eropa untuk 2019, kantor berita Associated Press melaporkan.
 
Sekitar 50 ribu orang berkumpul di sebuah alun-alun, Sabtu (12/1), untuk menonton upacara pembukaan yang dijuluki "Kita semua berwarna" dengan 1.500 artis lokal dan asing di beberapa panggung.
 
Terletak diantara Balkan dan Pegunungan Rodopi, kota terbesar kedua Bulgaria itu telah bertahan selama ribuan tahun di persimpangan antara Eropa Barat dan Timur Tengah.
 
Plovdiv mengklaim sebagai kota Eropa tertua yang terus dihuni, dengan sejarah selama lebih dari 6.000 tahun. Buktinya bisa dilihat dari banyak bangunan-bangunan penting sejak zaman Thrakia, Yunani, Romawi, Bizantium, dan Ottoman.
 
Plovdiv adalah kota Bulgaria pertama yang menjadi sebuah ibu kota budaya Eropa. Gelar yang sama juga dimiliki oleh Kota Matera di Italia

Tags

Artikel Terkait

Terkini