• Jum'at, 19/04/2024 09:50 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

LAGU SIO MAMA SATUKAN PERBEDAAN BUDAYA DI KONSER LIDA 2019

- Selasa, 29/01/2019 19:12 WIB
LAGU  SIO MAMA SATUKAN PERBEDAAN BUDAYA DI KONSER LIDA 2019
LIDA ( Indosiar )

Ragam budaya dari 34 provinsi di Indonesia selalu dihadirkan dalam tiap episode LIDA 2019. 

Konser LIDA 2019 Top 80 Grup 13 yang berlangsung malam tadi pun sarat dengan makna bahwa perbedaan budaya dapat disatukan melalui sebuah karya seni. Seperti yang dilakukan peserta perwakilan asal Provinsi Maluku Utara, Yusuf yang mengajak seluruh penonton beserta dewan juri untuk menyanyikan lagu daerah berjudul “Sio Mama”. Perwakilan Provinsi Lampung pun tidak mau ketinggalan, pendukung Vita membawakan oleh-oleh berupa Tapis Lampung yang menjadi kain khas Provinsi Lampung. Kebahagiaan host beserta dewan juri yang mendapatkan Tapis Lampung ditunjukkan mereka dengan mengenakan langsung kain tersebut yang diperagakan di atas panggung LIDA 2019.

Perjuangan lima peserta dari grup 13 di Konser LIDA 2019 Top 80 semalam berlangsung sengit. Dewan juri tidak segan-segan untuk menekan tombol merah ketika mereka merasa kurang puas dengan penampilan peserta. Bahkan untuk penampilan dari Andira (Sulawesi Selatan) dan Lalu (Nusa Tenggara Barat) tidak ada satupun juri yang menekan tombol biru. Penampilan Basir (Gorontalo) yang membuka kompetisi tadi malam pun hanya mendapatkan satu lampu biru meski cukup menghibur dengan lagu “Buta”. Sementara penampilan terbaik yang diberikan Vita (Lampung) dan Yusuf (Maluku Utara) berbuah pujian dari beberapa dewan juri.

“Saya suka improvisasi kamu dengan memasukkan unsur Pop R&B di lagu ini. Penjiwaannya pun bagus sehingga pesan dari lagu ini dapat tersampaikan dengan baik” puji Ruth Sahanaya atas penampilan Yusuf yang malam tadi bertugas sebagai juri tamu non dangdut. Sementara Dewi Perssik memuji penampilan Vita, “Kamu dapat menyelesaikan lagu ini dengan cukup baik, meskipun belum sempurna kualitas vokal kamu bagus  tinggal lebih  ekspresif lagi”.

Saran serta kritik yang diberikan oleh dewan juri bertujuan untuk membangun peserta supaya lebih baik lagi. Dukungan peserta yang dikirimkan juga menentukan kelanjutan peserta di panggung LIDA 2019. Lalu (NTB) yang mendapat lampu merah dari seluruh dewan juri pun harus rela meninggalkan panggung LIDA 2019 karena dari perolehan dukungan dari pemirsa berada di posisi terendah yakni 15,21%. Disusul dengan Basir (Gorontalo) dengan perolehan akhir sebesar 15,28% dan Andira 16,62%. Sementara Vita (Lampung) dan Yusuf (Maluku Utara) berada di urutan teratas yakni 27,35% dan 25,53%.

Setelah Grup 13 menentukan empat peserta yang berhasil lolos ke babak, hingga kini tercatat sudah 52 peserta yang memastikan diri melaju ke babak Top 64. Hanya tersisa 12 tempat yang harus diperebutkan oleh tiga grup terakhir yang akan berkompetisi. Malam nanti giliran Grup 14 yang akan berusaha mencuri perhatian dewan juri dan seluruh pemirsa Indosiar dengan kemampuan menyanyi dangdut terbaik. Kelima peserta dari Grup 14 yang berkompetisi malam nanti adalah Abi (Jawa Tengah), Delila (Papua Barat), Kiki (Kepulauan Riau), Randy (Sulawesi Tenggara), dan Novi (Kalimantan Barat). Saksikan Konser LIDA 2019 Top 80 Grup 14 malam nanti pukul 19.00 WIB LIVE hanya di Indosiar!

Liga Dangdut Indonesia: Seni Menyatukan!

 

Tags

Artikel Terkait

Terkini