Elon Musk menjadi sosok favorit bos Twitter, Jack Dorsey

Munady
Minggu, 17/02/2019 10:48 WIB
Elon Musk menjadi sosok favorit bos Twitter, Jack Dorsey
dok Getty Reuters Images
Elon Musk diberitakan sebagai pencuit twit favorit pemimpin Twitter, Jack Dorsey, yang terungkap dalam wawancara tentang cara mengatasi pelecehan.
 
Penyebutan nama bos Tesla tersebut dipertanyakan sejumlah orang karena twit Musk sering kali dipandang kontroversial.
Satu twit tentang status perusahaan membuat Musk kehilangan jabatan sebagai pimpinan, yang lainnya menyebabkan tuntutan nama baik.
Dalam wawancara langsung melalui twit, Dorsey juga mengatakan cara media sosial menangani pelecehan sebagai "kesalahan besar".
Dorsey melontarkan pernyataan lewat wawancara 90 menit dengan situs berita teknologi, Recode.
 
Ketika ditanyakan siapa yang secara pribadi dia pandang menarik dan berpengaruh di platform itu, dia menulis: "Saya menyukai bagaimana @elonmusk menggunakan Twitter. Dia memusatkan perhatian pada penyelesaian masalah yang ada dan berbagi pemikiran secara terbuka. Saya sangat menghormati itu, termasuk gejolak yang terjadi."
 
Elon Musk gembira menerima pujian itu, dan mengirim twit: "Terima kasih Jack. Twitter ok."
Tetapi pihak-pihak lain tidak terlalu memuji. "Sementara menyesali pelecehan di Twitter, Dorsey memuji pimpinan Tesla yang dituntut karena pencemaran lewat sebuah twit," tulis seorang pengguna.
Twit kontroversial Musk:
 
Dia sempat diblok Twitter, yang menduga akunnya diretas setelah membuat twit: "Mau membeli sejumlah Bitcoin?"
Twitnya yang sekarang terkenal, "Saya mempertimbangkan untuk menjadikan Tesla milik pribadi dengan harga US$420. Pendanaan didapat," menyebabkan Securities and Exchange Commission melakukan penyelidikan, yang berakhir dengan dirinya harus mundur sebagai pimpinan selama tiga tahun dan membayar denda US$2 juta.
 
Serangan terhadap seorang penyelam gua yang membantu menyelamatkan anak laki-laki Thailand dari gua. Musk menyebut penyelam itu sebagai "laki-laki paedofil" di Twitter, yang menyebabkan kasus pencemaran nama baik.
Sulit dipahami
 
Twitter menghadapi sejumlah masalah seperti bagaimana mengatasi akun palsu, campur tangan pemilu, berita palsu dan pelecehan di platfromnya.
Saham Twitter turun 10% bulan ini, dengan keuntungan pada kuartal pertama 2019 diperkirakan berada di bawah perkiraan para analis. Twitter juga kehilangan pengguna menjadi 321 juta dari 330 juta setahun lalu.
 
Dalam wawancara dengan Recode, Dorsey tidak memberikan jalan keluar baru tetapi mengakui bahwa membebani korban dengan meminta mereka melaporkan pelecehan tidak akan menyelesaikan masalah.
 
Maria Ressa: Pemimpin redaksi situs berita Filipina yang pernah bertugas di Jakarta, ditangkap
KFC ubah resep kentang gorengnya setelah pelanggannya mengeluh lewat Twitter
Rudiantara dan perdebatan tagar #YangGajiKamuSiapa
 
Ketika ditanyakan tentang nilai yang akan diberikan dirinya terkait "tanggung jawab teknologi" dia menjawab: "Diri saya? Kami telah mencatat kemajuan tetapi tidak menyeluruh dan dirasa tidak cukup. Dan kami menempatkan sebagian besar tanggung jawab pada korban pelecehan (itu kegagalan besar)".
 
Wawancara terbuka diberikan hashtag - #karajack - tetapi sejumlah orang yang berusaha mengikutinya mengeluh karena segera membingungkan dan sulit dipahami, setelah semakin banyak orang yang ikut serta dalam pembicaraan.
 
Ini tidak baik untuk Twitter, yang telah dituduh sebelumnya sebagai media yang sangat tidak mudah digunakan.
Dorsey mengirim twit: "Ok. Memang tidak mudah mengikuti pembicaraan. Justru karena itulah kita melakukan ini. Memperbaiki hal seperti ini akan membantu. Saya yakin."
KOMENTAR