• Jum'at, 03/05/2024 06:51 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

Pendiri Ruangguru, Iman Usman Berbagi Tentang Penggunaan Teknologi untuk Pendidikan

- Selasa, 26/03/2019 14:20 WIB
Pendiri Ruangguru, Iman Usman Berbagi Tentang Penggunaan Teknologi untuk Pendidikan
Iman Usman

Lebih dari 50 organisasi pendidikan terkemuka di dunia yang terlibat dalam pendidikan menghadiri acara tahunan Global Education and Skills Forum (GESF) di Dubai, Uni Emirat Arab pada tanggal 22-24 Maret 2019. Acara ini mengundang pembicara kelas dunia dari sektor bisnis, keuangan, pemerintah, kebijakan publik, akademisi, filantropi dan jurnalisme untuk membahas berbagai masalah di bidang pendidikan yang paling mendesak serta berbagi pengalaman dan keahlian mereka. Iman Usman, selaku pendiri Ruangguru menjadi satu-satunya pembicara dari Indonesia yang diundang ke acara tersebut.

Pelaku industri pendidikan dan teknologi Eliza Erikson dan Erin Simmons dari Omidyar Network, memberikan pemaparan dari laporan “Scaling Access and Impact: Realizing the Power of EdTech” yang menunjukkan faktor-faktor penunjang akses pendidikan serta pembangunan ekosistem EdTech di berbagai negara, salah satunya Indonesia yang diwakili oleh Iman sebagai narasumber.

Pada laporan tersebut, perkembangan pesat teknologi pendidikan di Indonesia juga disorot. Salah satu pendukung dalam pertumbuhan tersebut adalah dengan hadirnya Ruangguru sebagai pemain kunci di sektor pendidikan tanah air yang kini telah berkembang menjadi perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 12 juta pengguna terdaftar. 

Laporan tersebut menyoroti bagaimana teknologi dan konten belajar yang disediakan Ruangguru berupa video belajar, kuis, dan persiapan ujian telah berhasil mempermudah akses terhadap pendidikan berkualitas di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sesi tersebut, CPO (Chief of Product and Partnership Officer) sekaligus pendiri Ruangguru, Iman Usman, berbagi pengalamannya terkait dengan penemuannya dari laporan tersebut dan menyoroti sejumlah tantangan bagi pertumbuhan ekosistem EdTech di Indonesia. 

Secara khusus, di antaranya membahas adanya celah pada adopsi teknologi di kalangan orang tua serta akses terhadap pembayaran digital yang masih terbatas. Di sisi lain, Iman juga menyampaikan sejumlah studi kasus dari beberapa inisiatif pemerintah dalam mendorong penyetaraan akses, seperti: Kartu Indonesia Pintar dan Program Palapa Ring.

Iman merasa terhormat telah diundang sebagai pembicara di acara GESF tahun ini. Sehingga, Ia bisa berbagi cerita tentang apa yang sedang Ruangguru kerjakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

“Di sini saya berbagi cerita bagaimana Ruangguru membangun ekosistem serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, saya juga jadi memiliki perbandingan perkembangan EdTech di negara-negara lain,” kata Iman.

Selain sesi-sesi dari forum tersebut, salah satu dari rangkaian acara GESF adalah penganugerahan Global Teachers Prize 2019. Sebanyak 10 finalis guru-guru terbaik yang berhasil menginspirasi dan membawa perubahan terpilih dari seluruh penjuru dunia, mulai dari yang mengajar di kota hingga ke desa terpencil. 

Pemenang Global Teacher Prize 2019 tahun ini berasal dari Kenya, yaitu Peter Tabichi. Rangkaian acara GESF ditutup dengan penampilan spesial dari Hugh Jackman, Rita Ora, Liam Payne, dan Little Mix.

Tags

Artikel Terkait

Terkini