• Kamis, 28/03/2024 23:01 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice akan hadir di Jakarta saat libur Lebaran 2024 14 & 15 April di Indonesia Arena

Bekraf Nobatkan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

- Selasa, 07/05/2019 12:04 WIB
Bekraf Nobatkan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
Dok Bekraf

Bekraf, Jakarta—Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Direkorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri Deputi Pemasaran menggelar Demo Day KATAPEL batch 2 dalam rangka fasilitasi para pelaku kreatif di subsektor Desain Komunikasi Visual, Fotografi, Film dan Animasi, TV, dan Radio untuk komersialisasikan Kekayaan Intelektual / IP(Intellectual Property). Setelah melalui proses seleksi 20 besar, Bekraf menobatkan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), Mintchan, Gugug!, Ghosty’s Comic, Manguni Squad sebagai 5 IP Terbaik pada gelaran Katapel Batch 2 ini.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf menuturkan, “Dari hasil survei khusus untuk ekraf, sebagian besar para pelaku kreatif sebanyak 88,9% masih membutuhkan pembimbingan agar mendaftarkan karya cipta mereka sehingga memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Padahal potensi pengembangan pasar dan pendapatan bisnis bagi pemegang lisensi kekayaan intelektual (IP) ini sangatlah besar. Kami berharap program ini dapat mendorong peningkatan ekspor dan produk domestik bruto ekonomi kreatif melalui penjualan lisensi karya, baik di dalam maupun di luar negeri, di mana sumber daya yang dikomersialisasikan tidak mempunyai kuotasi (unlimited resource).”

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) menjadi salah satu IP yang sangat populer, hal itu juga diapresiasi oleh Grace Kusnadi, Direktur Eksekutif KATAPEL. “NKCTHI merupakan salah satu bentuk pengelolaan IP dengan sangat baik dan strategis. Kini kita bisa melihat akun instagram @NKCTHI memiliki 1,1 juta pengikut, Buku NKCTHI diakui sebagai best seller, bahkan kini tengah memasuki proses pembuatan Film NKCTHI. Pengelolaan IP secara optimal perlu kita lakukan agar Indonesia memiliki banyak NKCTHI lain yang bisa masuk ke berbagai platform kreatif. Karena proses kreatif seharusnya bergerak lintas platform.”

5 IP terbaik Katapel Batch 2 akan mendapatkan bimbingan pengembangan produk kreatif selama satu tahun. Mereka juga berkesempatan untuk mengikuti berbagai bertaraf internasional, seperti China Licensing Expo 2019 di Shanghai. Para peserta sebelumnya juga telah dibekali pengetahuan melalui short course yang menghadirkan para ahli dan mentor. Serta berkesempatan untuk ambil bagian pada Demo Day KATAPEL batch 2 dimana mereka dipertemukan dengan undangan yang terdiri dari Brand Owners, Potential Investors, dan juga License Buyers.

Tags

Artikel Terkait

Terkini