• Sabtu, 11/05/2024 09:25 WIB
Musisi internasional Color Me Badd akan tampil bersama sejumlah musisi nasional seperti SamSons, The Groove dengan Tiara Effendy, Andien, dan Iwa K. Acara ini akan diselenggarakan pada Jumat & Sabtu, 7-8 Juni 2024, serta penampilan HiVi dalam Afternoon Special Show yang akan diadakan pada Sabtu, 8 The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

Shopee dan SMSG Memulai Rangkaian Muda Berdaya Melalui Sesi Inspirasi Bersama Prilly Latuconsina

- Minggu, 25/08/2019 02:22 WIB
Shopee dan SMSG Memulai Rangkaian Muda Berdaya Melalui Sesi Inspirasi Bersama Prilly Latuconsina
Prily Latuconsina ( dok Shopee )

Setelah diresmikan pada Hari Pendidikan Nasional tahun 2019, program Muda Berdaya besutan Shopee dan Semua Murid Semua Guru (SMSG) kini telah memulai rangkaian acara pertamanya untuk memperkenalkan lebih lanjut seputar pendidikan kewirausahaan untuk para generasi muda. Program pendidikan kewirausahaan ini awalnya berangkat dari pemahaman Shopee dan SMSG akan potensi kewirausahaan yang dinilai mampu menjawab tantangan zaman dan industri karena mampu mengasah keberdayaan, kemandirian, dan juga kreativitas generasi muda. Tantangan yang dihadapi oleh sumber daya manusia di Indonesia berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Diperlukan terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

Acara Talk show dan Sesi Inspirasi Muda Berdaya yang dihadiri oleh ratusan murid SMA/SMK sederajat sekitaran Palembang yang antusias mencari inspirasi seputar peluang wirausaha. Para pembicara dalam Talk show Muda Berdaya berbagi tentang pandangannya akan kemungkinan berwirausaha saat usia sekolah - terlebih untuk memantik ide dan memotivasi anak muda Palembang untuk menggali ide, memulai dan menjalankan usaha sedari dini.

Adapun acara ini terbagi menjadi dua sesi antara lain Talk show dan Sesi Inspiratif. Talk show yang mengundang Prilly Latuconsina selaku Brand Ambassador Shopee dan sosok pengusaha muda inspiratif, Drs. Widodo MPd. selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Rezki Yanuar selaku Country Brand Manager, Shopee, dan Widita Kustrini selaku Kepala Program, Semua Murid Semua Guru. Sesi Inspiratif yang diisi oleh empat mentor yang memiliki latar belakang pengalaman usaha yang mumpuni, yaitu Yukka Harlanda selaku CEO Brodo, Adis Karim selaku Owner Rumah Songket Adis, Abdul Anzisy selaku Owner Bakso Granat Mas Azis, serta Arina Baroroh selaku Junior Project Manager Du’anyam.

Rezki Yanuar, Country Brand Manager, Shopee mengatakan, “Program Muda Berdaya ini dirancang menjadi solusi relevan untuk menjawab dinamika dunia industri yang berubah dengan begitu cepat. Pendekatan yang dilakukan untuk menanggulangi tantangan tersebut adalah mendorong generasi muda untuk menjadi wirausahawan. Dalam acara Talk Show dan Sesi Inspirasi kali ini, Shopee dan SMSG berkolaborasi dengan berbagai pihak sebagai bukti konkret dari komitmen kami untuk terus berinvestasi dalam perkembangan generasi muda.”

Pada bulan Agustus 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2017 sebesar 5,50 persen, turun menjadi 5,34 persen pada Agustus 2018. TPT sendiri adalah indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat penawaran tenaga kerja yang tidak digunakan atau tidak terserap oleh pasar kerja. Dilihat dari tingkat pendidikan pada Agustus 2018, TPT untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih mendominasi di antara tingkat pendidikan lain, yaitu sebesar 11,24 persen. Yang menjadi perhatian adalah tingginya TPT merupakan lulusan SMK yang sejatinya dipersiapkan untuk langsung bekerja.

“Kami menyambut baik ajakan kolaborasi dari Shopee dan SMSG untuk menjalankan program Muda Berdaya. Kami merasa program pendidikan kewirausahaan ini sejalan dengan cita-cita dan semangat kami untuk terus memajukan kualitas anak didik kami, khususnya siswa/i SMA/SMK sederajat. Kami berharap program ini dapat mencetak murid-murid yang siap bersaing secara berdaya, mandiri, dan kreatif di masa mendatang.” ungkap Drs. Widodo MPd. selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Menanggapi keterlibatannya dalam Talk show dan Sesi Inspirasi Muda Berdaya, Prilly Latuconsina selaku Brand Ambassador Shopee Indonesia mengutarakan kesannya setelah dilibatkan dalam program pendidikan kewirausahaan ini. “Senang sekali ketika diajak Shopee untuk membagikan pengalaman memulai bisnis kepada Sobat Shopee di Palembang. Saya merasa program Muda Berdaya ini adalah program yang tepat untuk menambah wawasan anak muda yang belum mengetahui tips dan trik yang tepat untuk mewujudkan ide usaha mereka. Saya berharap apa yang saya bagikan hari ini dapat menginspirasi dan menjadi dorongan bahwa kewirausahaan dapat dimulai dari usia sekolah.”

Tags

Artikel Terkait

Terkini