• Jum'at, 29/03/2024 09:17 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice akan hadir di Jakarta saat libur Lebaran 2024 14 & 15 April di Indonesia Arena

Gelar Karya Film Pelajar Kembali Digelar, Aktor Reza Rahadian Menjadi Direktur Festival

- Rabu, 11/09/2019 23:45 WIB
Gelar Karya Film Pelajar Kembali Digelar, Aktor Reza Rahadian Menjadi Direktur Festival
Aktor Reza Rahardian ( dok IG reza_rahardian95)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) kembali menyelenggarakan Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) dengan mengangkat tema “Semangat Kebhinekaan Generasi Milenial”.
 
Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) merupakan ajang kreativitas dan pencarian bakat baru di industri film, yang dapat diikuti oleh sineas muda tingkat SMA/SMK/sederajat. Mereka mewakili sekolahnya masing-masing dengan mengirimkan karya film pendek mereka yang akan dikompetisikan. Setiap sekolahhanya diperbolehkan mengirimkan satu karya berdurasi maksimal 10 menit. Film yang dikirimkan ke GKFP 2019 memiliki dua kategori, yaitu film pendek fiksi dan film pendek dokumenter.
 
Menurut Kapusbang Film Kemendikbud, Dr.Maman Wijaya, "Kegiatan GKFP 2019 digelar untuk mengajak generasi milenial khususnya di kalangan pelajar untuk ikut menunjukkan rasa cinta tanah air dan menjunjung tinggi keberagaman melalui kegiatan pembuatan film".
 
Tahun ini merupakan tahun ketiga GKFP diadakan. Jika ditahun sebelumnya aktor Reza Rahadian dipilih sebagai salah satu tim juri, tahun ini Reza Rahadian ditunjuk sebagai direktur Gelar Karya Film Pelajar 2019. “Melalui GKFP, saya berharap talenta-talenta baru di industri film akan bermunculan sehingga terjadi keberlangsungan di industri film Indonesia. Selain itu, ini merupakan salah satu kontribusi saya di industri film Indonesia”, ungkap Reza.
 
Selain Reza, Angga Aldi Yunanda, aktor remaja yang dikenal lewat aktingnya di film Dua Garis Biru (Gina S. Noer, 2019) juga dipilih sebagai Ikon Gelar Karya Pelajar 2019. Angga dianggap dapat mewakili generasi milenial. “Ini adalah jalan pembuka untuk generasi saya untuk bisa terjun ke industri film dan membawa ide-ide baru bagi perfilman Indonesia”, kataAngga. 
 
Film-film yang masuk akan diseleksi secara administrasi oleh Tim Pusbang Film dan selanjutnya dinilai dan dipiliho lehTim Ahli dan Dewan juri. Tim Ahli adalah praktisi film yang akan memilih dan menentukan 30 film pendek fiksi dan 30 film pendek dokumenter dari seluruh karya yang masuk. Tim Ahli terdiri atas Pritagita Arianegara, Gita Fara, Titien Watimena, Gritte Agatha, dan Wicaksono Wisnu Legowo. Sedangkan Dewan Juri yang terdiri atas Garin Nugroho, Sheila Timothy, dan Yudi Datau akan memilih dan menentukan 20 film pendek fiksi dan 20 film pendek dokumenter untuk diundang mengikuti workshop di Jakarta. Dewan Juri juga akan menentukan lima nominasi film pendek fiksi dan lima nominasi film pendek dokumenter dari masing-masing 30 film pilihan Tim Ahli.
 
Bagi pelajar yang tertarik untuk mengikuti GKFP dapat melakukan pendaftaran melalui pusbangfilm.kemendikbud.go.id atau membuka akun instagram @gkfp_2019 dan mengunduh formulir pendaftarannya pada profil akun tersebut. Penutupan pendaftaran diperpanjang hingga 30 September 2019

Tags

Artikel Terkait

Terkini