Konser dirumahaja Mulai Salurkan Donasi 4,5 Miliar Rupiah

Konser dirumahaja Mulai Salurkan Donasi 4,5 Miliar Rupiah
Istimewa

Konser Musik #dirumahaja: Solidaritas Lawan Corona telah memulai proses penyaluran donasi. Proses penyaluran yang berlangsung pada Selasa (31/3) dilakukan secara virtual oleh para inisiator gerakan; antara lain Najwa Shihab, dr. Tompi, dan Seroja Hafiedz kepada para perwakilan penerima bantuan. Pada fase awal, telah disalurkan donasi sebesar 4,5 miliar rupiah kepada Palang Merah Indonesia #lawancorona, GusDurian Peduli dan Gerakan Islam Cinta #salingjaga, Semua Murid Semua Guru #belajardirumah, Wahyoo Warteg Digital #rantanghati.

Palang Merah Indonesia mendapatkan Rp 1.000.000.000 untuk menjalankan program darurat bencana nonalam COVID-19 milik PMI. Kemudian, GusDurian Peduli dan Gerakan Islam Cinta yang mendapatkan Rp 2.050.000.000 untuk menyediakan kebutuhan sembako satu bulan penuh bagi 12.000 orang. Semua Murid Semua Guru mendapatkan Rp 1.000.000.000 untuk menyediakan 10.000 paket materi belajar bagi anak-anak marjinal tanpa akses internet. Serta, Wahyoo Warteg Digital mendapatkan Rp 450.000.000 untuk menyediakan makanan dua kali sehari bagi 800 orang selama 14 hari dari mitra Warung Wahyoo. 

*Najwa Shihab, Co-Founder Narasi menuturkan proses pencairan donasi* dilakukan secara berkala karena pertimbangan status darurat Corona masih akan berlangsung hingga akhir Mei. “Iya, konsernya sudah selesai, tetapi penggalangan donasinya masih akan terus sampai 14 April 2020. Jadi masih ada beberapa hari lagi. Kita terus membuka donasi, karena sekali lagi rasanya ini perjuangannya masih panjang. Oleh karena itu juga strategi untuk mencairkan dana pun bertahap. Mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan ke depan. Sejak awal, gerakan ini adalah kolaborasi banyak pihak. Pandemi corona adalah musuh berat yang perlu kita lawan bersama. Kami mengajak teman-teman lain yang belum bergabung untuk bergerak bersama agar perjuangan ini bisa kian berdampak.”

*Bendahara PMI, Suryani Sidik Motik, menuturkan dana* yang terkumpul akan disalurkan ke beberapa rumah sakit dan unit donor darah. “Satu miliar rupiah ini akan kami bagikan untuk rumah sakit PMI yang ada di Bogor, rumah sakit terbesar di wilayah Bogor, dan rumah sakit rujukan. Kami juga punya rumah sakit di Aceh dan rumah sakit di Kendari. Selain itu kita juga punya unit donor darah sebanyak 243 unit se-Indonesia. Alat Pelindung Diri (APD) juga akan kami berikan untuk mereka rencananya begitu karena sesuai dengan amanah dari Narasi dan kita dikhususkan untuk APD.”

*Alissa Wahid dari jaringan GusDurian menyampaikan* bahwa donasi yang diterima pihaknya akan disalurkan kepada para pekerja sektor informal. “Terima kasih teman-teman musisi semuanya yang telah menambah jumlah yang bisa kami salurkan kepada keluarga-keluarga Indonesia, para pekerja sektor nonformal yang menerima dampak paling berat dari bencana COVID ini. Bantuan dari teman-teman musisi melalui Konser Musik #dirumahaja ini akan membantu belasan ribu orang untuk setidaknya satu bulan ke depan. Mereka bisa menjaga diri dan menjaga jarak lebih baik dengan #dirumahaja tanpa harus memikirkan bagaimana harus hidup dalam kesehariannya.”

*Najelaa Shihab dari gerakan Semua Murid Semua Guru menuturkan* fokus penyaluran akan diberikan kepada anak-anak di pemukiman marginal yang tidak memiliki akses terhadap internet. “Senang bisa ikut sama-sama kerja barengan untuk pendidikan, luar biasa kami dapat donasi sejumlah satu miliar rupiah, jauh lebih banyak dari target awal yang berusaha dikumpulkan. Dana ini akan kami gunakan untuk memberikan peralatan belajar di rumah dalam berbagai bentuk yang sifatnya non digital. Jadi lembar mewarnai, board game dan materi-materi edukasi yang dibutuhkan oleh anak-anak rentan yang tinggal di pemukiman marginal yang tidak memiliki akses terhadap internet.”

*YouTuber Edho Zell yang menggagas gerakan #rantanghati bersyukur* karena donasi yang terkumpul melebihi target yang ditetapkan. “Berkat bantuan dari teman-teman semuanya kami melampaui target sehingga kami bisa membantu lebih banyak orang lagi. Mudah-mudahan pekerja nonformal dan buruh harian bisa menikmati dan juga bisa ikutan #dirumahaja tanpa harus mikirin besok makan apa.”

*dr. Tompi, selaku perwakilan musisi di Konser Musik #dirumahaja turut memberikan pernyataannya.* “Kami sesama musisi saat ini masih dalam komunikasi untuk mengajak pendengar/followers ataupun masyarakat umum bisa terus ikutan berdonasi. Walau mungkin tidak dalam bentuk konser tapi ada kemungkinan kita akan bikin wave berikutnya sambil kami lihat kebutuhannya ke depan. Tapi yang pasti, pintu donasi masih dibuka dan kami masih fight ke arah sana. Karena kebutuhan pasti masih akan sangat banyak.”

Sederet nama yang sebelumnya turut menjadi bagian dari Konser Musik #dirumahaja antara lain: Andmesh, Anji, Armand Maulana, Fourtwnty, Hivi, Judika, Ridho Hafiedz & Kaka, Eva Celia, Tulus, Rossa, Afgan, Vidi Aldiano, Gamaliel, Hindia, Ariel Noah, Yura Yunita, Kunto Aji, Barasuara, Raisa, Ardhito Pramono, Rendy Pandugo, Petra Sihombing, Ari Lasso, Iwan Fals, Trio Lestari dan Didi Kempot. Bukan cuma musisi, komika Pandji Pragiwaksono dan Bintang Emon juga turut  menghibur para penonton. Serta tak ketinggalan, Nadiem Makarim, Erick Thohir, dan Jusuf Kalla yang juga turut berpartisipasi.

Penggalangan donasi online di Kitabisa.com/konserdirumahaja sendiri masih dibuka hingga 14 April 2020. Total donasi yang terkumpul hingga Selasa (31/3) pukul 18.00 telah mencapai 11,5 miliar rupiah lebih dari total 88.371 donatur.

Social movement #dirumahaja secara khusus digagas oleh Narasi sejak Jumat (13/3). Melalui social movement ini, Narasi berharap setiap orang bisa memiliki kesadaran diri, turut memperlambat penyebaran virus, menerapkan social distancing, dan bekerja dari rumah sehingga bisa menekan peningkatan infeksi baru dan membuat kurva penyebaran virus Corona bisa kian melandai.

 

TAGS : Musik Konser dirumahaja Mulai Salurkan Donasi 4 5 Miliar Rupiah