• Jum'at, 26/04/2024 04:32 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

PENDAFTARAN KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH 2020 DIBUKA

- Kamis, 01/10/2020 16:35 WIB

Madrasah Robotics Competition 2020 atau Kompetisi Robotik Madrasah tahun 2020 kembali digelar oleh Kementerian Agama RI. Dalam penyelenggaraan kegiatan di tahun ini, Kemenag RI bekerjasama dengan Universitas Islam As-SyaGi’iyah dan International Robotic Training and Competition. Pendaftaran untuk mengikuti kegiatan ini dibuka sejak Kamis, 1 Oktober 2020, dan akan ditutup tanggal 31 Oktober 2020.

Kementerian Agama RI mengajak seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah dari seluruh Indonesia untuk ikutserta dalam Madrasah Robotics Competition 2020. Menurut Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KKSK) Kemenag RI, Dr. H. Ahmad Umar MA, kegiatan ini sangat penting untuk mengakomodasi animo yang tinggi dari para siswa Madrasah, selain karena hal ini juga bermanfaat bagi pelajar untuk mengisi kegiatan edukatif di masa pandemi Covid 19 seperti yang tengah terjadi saat ini.

Selain Direktur KKSK Kemenag RI, Ahmad Umar, dalam Konferensi Pers Madrasah Robotics Competition 2020 ini, hadir Ketua Yayasan Perguruan Tinggi As-SyaGi’iyah (UIA) Prof. Dr. H. Dailami Firdaus, Rektor UIA Dr. H. Masduki Achmad, SH, MM dan Chairman IRTC Armin Irawan.

Direktur KSKK Kemenag RI, Ahmad Umar menyatakan, “Dalam kegiatan tahunan yang ke 6 ini, kami ingin memotivasi siswa madrasah Indonesia untuk mengembangkan teknologi dan inovasi yang akan sangat berguna bagi kemajuan Indonesia,. Kita ingin membuktikan Madrasah juga menjadi kawah candradimuka pengembangan SDM dalam bidang Teknologi Inovasi seperti Robotik ini”.

Sementara Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam As-SyaGi’iyah, Prof. Dr. Dailami Firdaus, dalam menyatakan “Kami senang sekali dapat terlibat selaku pelaksana kegiatan Madrasah Robotics Competition 2020, sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Islam As-SyaGi’iyah sebagai pusat pengembangan dan pengamalan Agama, ilmu dan teknologi. Untuk itu, kami akan bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan ini’.

Armin Irawan, selaku Chairman IRTC menyatakan “IRTC punya pengalaman mengadakan Kompetisi robotik, baik di tingkat Nasional maupun Internasional, kami akan membantu Kemenag RI menjadikan Madrasah sebagai pusat pengembangan Teknologi Inovasi Robotic, agar di masa depan kita punya SDM unggul yang mampu membuat Robot bagi kemaslahatan Bangsa”.

Kegiatan Madrasah Robotics Competition 2020 ini akan dilaksanakan secara Virtual dan bertahap mulai dari babak penyisihan hingga ke acara Ginal. Terdapat 7 kategori yang akan diperlombakan, yaitu Maze Solving, IoT (Internet of Things), Creative, Under Water, Line Follow, ASV, dan Sumo. Setelah mendaftar, para peserta akan diminta untuk untukmengupload materi yang disyaratkan dalam bentuk video ke website panitia dan kemudian akan diseleksi oleh tim juri.

Selain kompetisi, dalam rangkaian kegiatan Madrasah Robotics Competition 2020 ini juga akan dilaksanakan beberapa program Webinar dan Talkshow Virtual bertemakan Pengembangan dan Inovasi Teknologi Robotik. Berbagai kegiatan ini dapat diikuti oleh khalayak secara virtual melalui beberapa media sosial yang tersedia.

Madrasah Robotics Competition 2020 menyediakan hadiah yang menarik bagi para pemenang lomba. Selain Piala dan SertiGikat dari Kementerian Agama RI, panitia juga menyediakan hadiah lain dalam bentuk uang tunai, beasiswa pendidikan dan umroh. Tak hanya itu, para pemenang lomba juga akan dibina untuk terus berprestasi di tingkat kejuaraan robotik International.

“Kita ingin membangun kebanggaan (proud) bagi siswa-siswi Madrasah, bahwa mereka secara kualitas setara dengan pelajar sekolah umum lainnya. Ini kegiatan luar biasa yang harus kita dukung. Sudah saatnya siswa siswi madrasah tampil menjadi pemain utama pengembangan teknologi inovasi ke depan. UIA insyaAllah akan mendukung full kegiatan

Tags

Artikel Terkait

Terkini