• Kamis, 25/04/2024 14:01 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

Putih Abu-Abu resmi merilis “Sudahi Saja”

- Jum'at, 15/01/2021 16:42 WIB
Putih Abu-Abu resmi merilis “Sudahi Saja”
Dok Wanner Musik Indonesia

Tepat hari ini, Jumat, 15 Januari 2020, grup vocal asal Cianjur yang sangat populer di YouTube, Putih Abu-Abu, merilis single terbaru berjudul “Sudahi Saja” dengan berkolaborasi bersama Woro Widowati. Single ini merupakan single rilisan perdana dari Putih Abu-Abu di tahun 2021 ini dan terhitung sejak hari ini, single ini sudah bisa dinikmati di berbagai layanan streaming.

Lagu “Sudahi Saja” diciptakan oleh beberapa composer dan penulis lirik antara lain, Ivan Dewanto, Kris Monti, dan Cecep Wijaya Alpacira. Pengerjaan musik juga digawangi oleh Ivan Dewanto yang memang terkenal dengan hasil pekerjaan yang sangat bagus untuk meramu lagu Pop Ballad dengan sentuhan orkestrasi yang pas.Influence dari K-Pop ballads sangat terasa dalam lagu ini.

Salah satu faktor keunikan tersendiri dari lagu ini adalah penggunaan 3 bahasa yang berbeda. Lagu ini mengangkan bahasa jawa, bahasa sunda, dan bahasa Indonesia. Bahasa daerah dijadikan daya tarik tersendiri dari lagu ini. Melihat bahwa banyak lagu-lagu populer berbahasa jawa, dan sebagai generasi muda, Putih Abu-Abu dan Woro Widowati ingin ikut mempopulerkan bahasa daerah dikalangan generasi millennial agar kultur dan budaya tidak hilang. Mereka menunjukkan bahwa bahasa daerah, jika dikemas dengan baik, akan dapat terdengar seperti karya internasional.

Kolaborasi dengan Woro Widowati.

Woro Widowati menjadi elemen penting tak terpisahkan dari lagu ini. Penyanyi cantik berhijab asal Magelang, Jawa Tengah, memulai karir bernyanyinya dengan membawakan lagu-lagu berbahasa jawa dan mem-posting hasil karyanya tersebut melalui kanal YouTube nya. Akun YouTube yang dimilikinya sejak tahun 2019 ini, kini telah memiliki lebih dari 1 juta subscribers.

Kolaborasi dengan Woro Widowati menjadi hal menarik untuk dikupas, bagi Putih Abu-Abu hal ini merupakan pertama kalinya mereka melakukan kolaborasi dengan artis lain dan merilis single secara bersama-sama.

“seneng banget bisa merilis single kolaborasi, Alhamdulillah pengerjaannya semuanya enak dan mudah, menyenangkan dan gak berat. Kita enjoy banget dalam proses pengerjaannya. Dan Woro juga enak banget untuk diajak Kerjasama dan sangat professional banget di studio” ujar Putih Abu-Abu ketika ditanyakan kesannya terhadap single kolaborasi perdana mereka ini.

Tags

Artikel Terkait

Terkini