Band peraih nominasi GRAMMY Hiatus Kaiyote mengumumkan album & lagu baru

Foto oleh Tré Koch

Band peraih dua nominasi GRAMMY® Award asal Melbourne, Hiatus Kaiyote, hari ini mengumumkan album terbaru mereka ‘Mood Valiant’ yang dirilis 25 Juni 2021mendatang melalui Brainfeeder Records / Ninja Tune. Terdiri dari Naomi “Nai Palm” Saalfield (gitar, vokal), Paul Bender (bass), Simon Mavin (keyboard), dan Perrin Moss (drum), album terbaru mereka merupakan kelanjutan dari album ‘Choose Your Weapon’ yang dirilis 2015 lalu dan dijuluki Rolling Stone sebagai “kemajuan yang menakjubkan”. Proyek terbaru mereka datang sesudah musik mereka di-sample oleh The Carters (Beyoncé & Jay-Z), Kendrick Lamar, Anderson .Paak, Chance The Rapper, dan Drake — musisi yang berkolaborasi dengan Nai Palm di album ‘Scorpion’-nya.

Bersamaan dengan diumumkannya album ‘Mood Valiant’, Hiatus Kaiyote turut merilis single pertama dari album tersebut, “Get Sun” feat. Arthur Verocai. Dikerjakan selama enam tahun, album ‘Mood Valiant’ mencerminkan kerja keras Hiatus Kaiyote menciptakan sebuah album yang kaya akan groove: indah, memukau, dan istimewa. Di balik semuanya adalah musikalitas Hiatus Kaiyote yang mampu mengemas suara yang kompleks secara sederhana.

Awal perjalanan dari album ‘Mood Valiant’ dimulai saat mereka membutuhkan materi baru untuk dibawakan di tengah tur untuk album ‘Choose Your Weapon’. Pada musim gugur 2018, produksi instrumental sudah selesai dan menunggu vokal Nai. Namun, Nai didiagnosa dengan kanker payudara. Kematian ibunya dari kondisi yang sama masih lekat di pikiran Nai. Ia pun kembali ke Australia dan menjalani sebuah operasi mastectomy yang menyelamatkan nyawanya. Setelah Nai pulih, Hiatus Kaiyote pun kembali mengerjakan album mereka, kali ini dengan perspektif yang berbeda. Lirik-lirik Nai, bahkan yang ditulis sebelum diagnosanya, terdengar seperti sebuah prakiraan.

“Saat kamu tahu hidupmu akan segera diambil darimu, hal tersebut membuatmu berpikir tentang siapa sebenarnya dirimu,” ujar Nai. “Aku rasa setelah kondisi kanker payudaraku, aku memutuskan untuk membuktikan kepada hidup ini bahwa apa yang aku bawa adalah kejujuran. Keinginanku hanyalah untuk hidup dan membagikan pengalamanku terhadap waktu dan keindahan,”

Sebuah perjalanan ke Rio de Janeiro di akhir 2019 untuk berkolaborasi dengan arranger legendaris Brasil, Arthur Verocai, mengubah nuansa album yang sedang mereka kerjakan. “Pada saat itu kami telah merekam lagu ‘Get Sun’, dan lagu tersebut sudah terdengar bagus,” ujar Bender. “Kami tidak tahu apa yang telah ia tulis untuk lagu tersebut. Saat Verocai memainkan bagian horn dan string, kami semua terkesima. Air mata turun dari mata kami semua,”

“Verocai adalah seseorang yang sangat baik,” ujar Perrin. “Sound engineer yang bekerja dengan kami tidak pernah berhenti tersenyum, suasananya sangat indah, setelah Arthur selesai, kami bertanya jika kami boleh menggunakan studionya untuk sisa malam itu,” Sesi tersebut kemudin melahirkan dua lagu baru untuk album mereka. Nai dan Simon merekam lagu “Stone Or Lavender”, sementara Bender dan Perrin memulai pembuatan lagu “Red Room”secara spontan dimulai dari bass dan drum.

Sebelumnya, saat Verocai setuju untuk menambahkan bagian string dan horn di lagu mereka, ia mengajak Hiatus Kaiyote untuk datang ke studionya di Rio de Janeiro. Nai mengungkapkan, “Kami berpikir, ‘itu sangat luar biasa, namun kami mungkin tidak mampu untuk terbang ke sana,”Mereka pun kemudian menggelar sebuah tur mini untuk membayar semua biaya yang dibutuhkan yang kemudian menjadi sebuah pengalaman spiritual dan penuh air mata untuk mereka — kebaikan Verocai dan sesuatu tentang Brasil menginspirasi mereka untuk menambahkan dua lagu baru di album mereka pada sesi malam itu.

Tentang album terbaru mereka, Bender mengungkapkan, “Judul album tersebut benar-benar merangkum semua spektrum di perjalanan kami. Semuanya telah melalui banyak tantangan besar. Aku merasa kita benar-benar berjuang untuk menyelesaikan album ini. Ada rasa keberanian, rasa kemenangan, seakan-akan kami keluar dari sebuah badai. Matahari bersinar dan kami sampai di daratan. Kami melalui itu! Aku bangga dengan hasilnya serta kedalaman emosional dari album ini. Dan aku harap album ini dapat membawa sebuah kenyamanan untuk semua orang pada masa-masa sulit seperti sekarang,”

Mood Valiant` Tracklist:

1. Flight Of The Tiger Lily
2. Sip Into Something Soft
3. Chivalry Is Not Dead
4. And We Go Gentle
5. Get Sun feat. Arthur Verocai
6. All The Words We Don`t Say
7. Hush Rattle
8. Rose Water
9. Red Room
10. Sparkle Tape Break Up
11. Stone Or Lavender
12. Blood And Marrow

 

TAGS : Musik Band peraih nominasi GRAMMY Hiatus Kaiyote mengumumkan album & lagu baru