Musik soul disco pasca-pandemi Jungle di "Keep Moving" 

Duo produser asal Inggris peraih nominasi Mercury Prize, Jungle, hari ini kembali dengan single terbaru mereka, “Keep Moving”, yang diambil dari album terbaru mereka ‘Loving In Stereo’yang dirilis 13 Agustus 2021mendatang. Sebuah lagu antemik sarat makna bergenre soul disco, “Keep Moving”menjadi kali pertama Jungle menghadirkan sentuhan paduan suara di musik mereka. 

Album terbaru Jungle, sekaligus ketiga dalam katalog mereka, ‘Loving Stereo’, dipastikan menjadi album soundtrackmusim panas yang berbeda dari biasanya. Jungle, yang terdiri dari Josh Lloyd-Watson dan Tom McFarland, menghabiskan setahun belakangan di studio demi mengerjakan sebuah album lantai dansa untuk dunia pasca-pandemi, penuh dengan semangat selebrasi yang musik hadirkan. Album ini sekaligus menjadi kali pertama Jungle bekerja sama dengan penyanyi Tamil-Swiss Priya Ragu dan rapper asal Amerika Serikat, Bas.

Direkam di London, single“Keep Moving” adalah lagu tentang menerima diri kita seutuhnya dan melangkah ke depan meski banyak tantangan menerpa. Awalnya sejumlah versi lagu tersebut telah direkam, sebagian dapat didengar di bagian belakang lagu saat nuansa musik western ala ‘Morricone’ hadir di penghujung lagu.

Jungle adalah arsitek dari dunia mereka sendiri layaknya dua creative director yang memimpin sebuah proyek seni. Elemen koreografi berada di jantung dari semesta Jungle dan dapat dilihat di setiap video musik yang mereka rilis. Album ‘Loving In Stereo’membawa elemen tersebut ke tingkat berikutnya, menampilkan kolektif penari-penari yang menjadi representasi visual dari musik mereka. Disutradarai oleh Josh Lloyd Watson dan Charli Di Placido, video musik “Keep Moving”menjadi sebuah suguhan yang ditunggu-tunggu semua pendengar Jungle.

Diambil hanya dalam satu take, video yang kental dengan nuansa film Birdman dan West Side Story tersebut menampilkan dua kelompok penari — kelompok laki-laki melawan kelompok perempuan. Video tersebut dibuka oleh penari Che Jones (yang membintangi video musik “Smile” dari album terakhir Jungle) di kamar tidurnya yang kemudian berpindah keluar di mana kita bertemu dengan Mette Linturi (yang membintangi video musik “Casio”dari album sebelumnya). Hasilnya adalah sebuah karya indah yang menarik untuk ditonton dan meninggalkan perasaan takjub untuk semua yang menonton.

Sepanjang karir mereka, Jungle telah tampil di berbagai benua dan kota mulai dari Kuala Lumpur hingga Moskwa, serta bermain di beragam festival ternama dunia meliputi Coachella, Bonnaroo, dan Lollapalooza, memenangkan hati para pencinta musik dari seluruh dunia.

Kedua album Jungle masuk ke daftar Top 10 album di Inggris, yaitu album perdana self-titled (2014) yang mendapatkan nominasi Mercury Prizedan disertifikasi Gold, serta ‘For Ever’ (2018). Keduanya telah meraup hampir 1 miliar streamdi berbagai platform.

Loving In Stereo` Tracklist:

1. Dry Your Tears 
2. Keep Moving
3. All Of The Time
4. Romeo feat Bas
5. Lifting You
6. Bonnie Hill
7. Fire
8. Talk About It
9. No Rules
10. Truth
11. What D’You Know About Me
12. Just Fly, Don’t Worry
13. Goodbye My Love feat Priya Ragu
14. Can’t Stop The Star

TAGS : Musik Musik soul disco pasca-pandemi Jungle di