• Jum'at, 26/04/2024 20:44 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

SHYE MENGEKSPLOR WARNA MUSIK BARU & KECINTAAN KEPADA DIRI SENDIRI LEWAT SINGLE “not rly"

- Jum'at, 18/06/2021 18:34 WIB
SHYE MENGEKSPLOR WARNA MUSIK BARU & KECINTAAN KEPADA DIRI SENDIRI LEWAT SINGLE “not rly"
SHYE Foto oleh: Chris Sim

Menyusul kesuksesan album perdananya ‘days to morning glory’ yang dirilis tahun lalu, penyanyi, penulis lagu, dan produser asal Singapura, Shye, hari ini merilis single terbarunya “not rly”, sebuah lagu bernuansa pop-elektro tentang menghargai diri sendiri yang dibawakan dengan jenaka. Lagu terbaru Shye dapat didengarkan melalui tautan ini dan video musiknya yang akan dirilis 25 Juni 2021 mendatang dapat diakses di tautan ini.

Ditulis, direkam, diproduseri, dan di-mix sendiri oleh Shye, “not rly” menjadi kesempatan musisi berumur 19 tahun tersebut bereksperimen dengan warna musik baru. “not rly” menampilkan elemen-elemen musik yang kerap tidak terdengar di ranah musik pop saat ini yaitu nuansa musik gelap yang sesuai dengan pesan dari lagu tersebut.

“Aku rasa kita semua mempunyai hal-hal yang kita takutkan dan kadang kita membiarkan hal-hal tersebut menguasai kemampuan kita untuk menyadari banyak hal lain yang seharusnya kita hindari. Lagu ini membicarakan tentang menghargai diri sendiri dan hal-hal yang kita hargai,” jelas Shye. Mengenai perjalanan musiknya, Shye menambahkan, “Aku ingin menunjukkan perkembanganku sebagai seorang musisi di tiap rilisan terbaruku. Mungkin lagu ini terdengar berbeda dengan rilisan-rilisanku sebelumnya tapi aku suka saat aku mencoba sesuatu yang baru. Aku juga berharap pesan di lagu ini dapat dirasakan oleh semua yang mendengarkannya dan dapat membuat mereka semakin mencintai dan menghargai diri mereka.”

Seorang musisi dengan rasa kepemilikan yang kuat, Shye selalu memegang kendali semua proses kreatifnya agar semua karyanya dapat merefleksikan semua perasaannya, kepribadiannya, dan pengalamannya. Salah satu alasan terbesarnya untuk tetap menjadi musisi independen datang dari keinginannya agar para pendengar musiknya — yang terus bertambah secara konsisten — dapat merasakan apa yang ia rasakan. 

TENTANG SHYE

Shye adalah seorang produser, penyanyi, penulis lagu, dan mahasiswa berumur 19 tahun yang menciptakan musik dari kamar tidurnya. Seseorang yang terbilang introvert, proses mengekspresikan diri baginya adalah sesuatu menyenangkan dan membantunya untuk keluar dari zona nyamannya.

Seorang musisi yang tidak takut untuk bereksperimen, Shye selalu membuat aturannya sendiri. Menapaki jalurnya sendiri, meruntuhkan temboknya sendiri, dan membuat ruang amannya sendiri, Shye selalu berusaha untuk menjadi dirinya sendiri seraya menciptakan warna musik yang identik dengan dirinya. Shye berharap musik pop elektronik khasnya dapat menawarkan sesuatu yang berbeda untuk para penikmat musik, yang tidak hanya menghibur mereka namun membuat mereka merasa didengarkan

Sejak memenangkan Vans Musicians Wanted pada 2018 di umurnya yang baru menginjak 16 tahun, Shye telah mengarungi skena musik dan mengambil perhatian para penggemar musik seraya memenangkan berbagai penghargaan selama perjalanannya. Mulai dari memenangkan “Best Song to Unwind to” di Youth Music Awards 2019, hingga memenangkan kategori “Album of the Year” dari Youth Music Awards 2021 untuk album perdananya ‘days to morning glory’ yang juga masuk ke daftar The Best 25 Asian albums of 2020 dari NME. Baru-baru ini Shye juga memenangkan kategori “Best New Artiste” di ajang Freshmusic Awards. Meski pandemi membatasinya untuk bergerak bebas, Shye telah tampil di sejumlah acara, salah satunya Mediacorp Let’s Celebrate 2021 (bersama Jason Derulo, Benee, Conan Gray, Jeremy Zucker) dan di sejumlah festival regional seperti Urbanscapes, Bangkok Music City dan Baybeats, serta menjadi musisi pembuka untuk Clairo, SALES and Superorganism.

Musik Shye telah diputar di sejumlah stasiun radio ternama di Singapura termasuk 98.7FM, Kiss 92, dan Power 98. Shye juga telah di-fitur oleh sejumlah media ternama di Asia Tenggara di antaranya Mothership, FEMALE Magazine, MTV Asia, NME Asia, Buro Singapore, Esquire Singapore, dan MSN Philippines.

Ketertarikan Shye di dunia mode membawanya ke sejumlah kolaborasi dengan sejumlah merek ternama seperti Celine, Chanel, Gucci, Longchamp dan ia juga turut tampil pada sejumlah kampanye dari Pomelo Fashion dan Uniqlo bersama musik ciptaannya. Shye juga menjadi cover dari majalah FEMALE magazine edisi bulan Juni.

Tags

Artikel Terkait

Terkini