Dukung Siswa Belajar Optimal Saat PPKM, Quipper Selenggarakan Acara “Festival Merdeka Belajar”

Dukung Siswa Belajar Optimal Saat PPKM, Quipper Selenggarakan Acara “Festival Merdeka Belajar”
Ist

Pemerintah resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali hingga 23 Agustus 2021. Dengan demikian, wilayah dengan PPKM level 4 tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan meniadakan sekolah tatap muka. Adanya pembatasan sosial turut berdampak pada perayaan HUT ke-76 Republik Indonesia dengan sejumlah seruan dan aturan guna mencegah kerumunan di tengah masa PPKM. Namun, hal ini tidak mengurangi semarak dan kemeriahan hari kemerdekaan RI ke-76 yang masih bisa dirayakan dengan memanfaatkan teknologi digital. Perusahaan teknologi pendidikan Quipper, mengajak seluruh siswa di Indonesia untuk turut merayakan hari kemerdekaan secara virtual melalui rangkaian acara ‘Festival Merdeka Belajar’. Acara yang berlangsung mulai tanggal 14 sampai 20 Agustus 2021 ini diisi oleh berbagai kegiatan yang edukatif, menghibur, serta bertujuan untuk mengobarkan semangat nasionalisme kepada para siswa. 

Rangkaian acara Festival Merdeka Belajar di antaranya adalah sesi edukatif berupa Live Class dan bedah jurusan kuliah, serta dilengkapi oleh acara virtual meet and greet bersama Quipper Super Teacher termasuk Tasya Kamila, yang juga merupakan aktris, penyanyi, dan penulis lagu. Pada acara yang digelar pada Minggu, 15 Agustus 2021 kemarin, Tasya Kamila membagikan pengalamannya saat kuliah di Universitas Indonesia (UI) dan Columbia University, serta pandangannya terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Menurut Tasya Kamila, pelajar di masa pandemi memiliki banyak rintangan, mulai dari kesulitan beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh, ancaman learning loss, dan dampak psikologis seperti kesepian hingga frustasi akibat terlalu lama belajar dari rumah. Menurutnya, peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia ini bisa menjadi momentum untuk membangkitkan semangat merdeka belajar. "Di tengah masa penuh tantangan ini, kita masih memiliki kemerdekaan atau kebebasan dalam menuntut ilmu, mendapatkan akses ke pendidikan yang berkualitas, dan kebebasan untuk memilih sekolah atau universitas. Semangat merdeka belajar ini harus selalu kita rayakan dan kita hidupkan dengan cara belajar sepenuh hati," tekannya.

Pada sesi virtual meet and greet, Tasya Kamila berpesan meskipun saat ini sedang berada di masa yang sangat menantang, namun jangan sampai hal tersebut menghalangi kita semua untuk menuntut ilmu dan terus belajar. “Walaupun nggak mudah, tapi jangan sampai pandemi ini menghalangi kita untuk keep up dengan keilmuan dan terus belajar karena saat ini sudah tersedia akses dan sarana untuk dapat tetap belajar secara efektif. Tetap semangat dalam belajar dan meraih cita-cita serta gunakan teknologi dan gadget kamu untuk hal-hal yang bermanfaat,” tutupnya.

Selain berbincang langsung dengan Tasya Kamila, peserta juga berkesempatan untuk belajar melalui kuis yang dibawakan langsung oleh Quipper Super Teacher. Adapun Super Teacher atau tutor yang turut serta di dalam acara ini adalah Pak Cecep selaku guru Fisika, Bu Tita selaku guru Biologi, dan Pak Adit selaku guru Bahasa Inggris. Siswa tampak antusias saat mendapat kesempatan untuk bercakap langsung dengan guru-guru yang biasanya hanya dapat mereka lihat melalui layar gawai saja, dan mengikuti kuis seputar Sejarah Indonesia yang dikemas dengan seru.

Sebagai pelengkap acara, siswa juga mendapatkan sesi Live Classgratis yang dibawakan oleh coachQuipper. Live Class sendiri merupakan fitur pembelajaran interaktif yang didapatkan oleh para siswa ketika berlangganan paket Quipper. Salah satu peserta Festival Merdeka Belajar, Afrina Layanti Pasaribu dari SMAN 1 Tukka, Tapanuli Tengah membagikan pengalamannya selama mengikuti kegiatan tersebut. “Senang sekali ada Live Class gratis dan banyak giveawayyang diberikan. Saya juga dapat hal-hal baru seperti strategi untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan tips persiapan belajar yang lebih baik,” ungkap Afrina.

Rangkaian acara Festival Merdeka Belajar berlangsung sampai 20 Agustus 2021. Siswa dapat memanfaatkan dua sesi Live Class gratis lainnya, serta diskusi seputar persiapan menuju perguruan tinggi. Selama acara berlangsung, sejumlah kesempatan kuis berhadiah atau giveawayturut diberikan dengan hadiah mulai dari saldo uang elektronik hingga gawai penunjang belajar daring seperti smartphone, tablet, dan laptop senilai total Rp 20 juta.

Salah satu siswa yang telah beruntung memenangkan hadiah berupa laptop, mengaku bersyukur bisa mendapatkan laptop dari Quipper dan pembelajaran baru selama mengikuti kegiatan Festival Merdeka Belajar. “Senang banget bisa dapat pembelajaran dan semangat baru untuk terus belajar saat meet and greet sama kak Tasya Kamila. Tidak menyangka juga bisa dapat laptop untuk dipakai belajar dan nonton video pembelajaran Quipper. Terima kasih Quipper untuk bantuan laptop yang diberikan," ujar Malva Febryna, siswa asal SMAN 15 Bandung. 

Melalui acara ini, Quipper berharap untuk dapat membangkitkan semangat belajar para siswa di tengah pembatasan sosial. “Meski siswa tidak dapat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia secara langsung di sekolahnya masing-masing, kami ingin memberikan semangat dan dukungan penuh melalui acara edukatif gratis serta gadgetuntuk menunjang pembelajaran daring mereka ke depannya,” ujar Ruth Ayu Hapsari, Business Strategy and Growth Senior Manager Quipper Indonesia. 

Untuk mengikuti acara ‘Festival Merdeka Belajar’ dari Quipper, siswa cukup mendaftarkan diri melalui form online secara gratis. Hingga tanggal 20 Agustus 2021, masih ada beberapa rangkaian acara yang dapat diikuti oleh para siswa melalui media sosial Instagram @quipper_id, @quippercampus, Twitter @quipper_id, dan grup belajar Telegram Quipper Generation.

TAGS : Pendidikan Dukung Siswa Belajar Optimal Saat PPKM Quipper Selenggarakan Acara “Festival Merdeka Belajar”