Luncurkan Wired 4 Work! 2.0, Plan Indonesia Dukung Kaum Muda

 Luncurkan Wired 4 Work! 2.0, Plan Indonesia Dukung Kaum Muda
Ist

Kaum muda, terutama perempuan, perlu mendapatkan dukungan penuh agar tetap bisa menikmati akses kerja yang layak dan setara di tengah pandemik COVID-19. Kerja sama multisektor juga diperlukan untuk membekali kaum muda dengan kemampuan kerja yang tepat, baik dari sisi ketenagakerjaan maupun kewirausahaan. Dengan demikian, diharapkan kaum muda bisa tetap berdaya di tengah pandemik COVID-19 maupun setelahnya.

Sejak 2018, Plan Indonesia melalui program Wired 4 Work!, bagian dari Program Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda, konsisten berupaya meningkatkan kesiapan kerja kaum muda (18-29 tahun). Melalui program yang didanai oleh Accenture Global ini, sebanyak 12.480 kaum muda (55 persen kaum muda perempuan)di Jakarta, Semarang, dan Lombok telah mendapatkan pelatihan kesiapan kerja. Kemudian, sekitar 1.715 kaum muda mendapatkan pekerjaan yang layak dan mampu mengembangkan pendidikan mereka. Sementara, 70 institusi (pemerintah, industri/perusahaan swasta, lembaga  pelatihan dan edukasi teknis dan kejuruan) terlibat dalam riset pasar kerja, pengembangan modul, pelatihan dan praktik kerja, serta penempatan kerja kaum muda.

Melanjutkan upaya tersebut, pada Kamis (9/9), Wired 4 Work! 2.0 hadir untuk menjangkau lebih banyak kaum muda di seluruh wilayah Indonesia Hingga 2022 mendatang, Plan Indonesia berupaya menjembatani kaum muda menuju akses ekonomi atau penghasilan baru melalui program ini. Upaya ini menjadi penting, mengingat 19,10 juta orang (9,30 persen penduduk usia kerja) terdampak pandemik COVID-19 (Sakernas, 2021). Survei yang sama mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) penduduk usia muda (15-24 tahun) mencapai 18,03 persen pada Februari 2021 

Melalui Wired 4 Work! 2.0, Plan Indonesia akan menghadirkan pelatihan soft skill(kesiapan kerja) dan kewirausahaan hijau (green entrepreneurship). Pelatihan ini dilakukan dengan memanfaatkan platform digital (kitakerja.id) yang masih terus dikembangkan dan nantinya bisa diakses dari seluruh wilayah di Indonesia.

Wired 4 Work! 2.0 memiliki target capaian 5.000 kaum muda (18-29 tahun), 55 persen di antaranya perempuan. Sebanyak 2.000 kaum muda ditargetkan mendapat peningkatan kapasitas kerja, sementara 1.000 kaum muda mendapatkan mentoring kerja. Plan Indonesia juga menargetkan sebanyak 30 institusi dan 400 mentor dari berbagai sektor untuk mengadopsi penggunaan kitakerja.id, platformdigital untuk mendukung ketenagakerjaan dan kewirausahaan kaum muda hingga masa berakhirnya program. Selain website, kitakerja.idteramplifikasi melalui akun Instagram @kitakerja.id. 

Setelah peluncuran pada Kamis (9/9) yang dibarengi dengan talkshowberjudul ‘Digitalization for Youth: Kaum Muda Berdaya untuk Indonesia’, Plan Indonesia akan melangsungkan rangkaian kegiatan Wired 4 Work! 2.0. Diharapkan, akan ada semakin banyak pihak yang berkolaborasi demi mewujudkan ekonomi yang inklusif dan setara bagi kaum muda, baik dalam kondisi pandemik COVID-19 maupun setelahnya. Selain itu, upaya Plan Indonesia melalui Wired 4 Work! 2.0 juga diharapkan dapat membantu terpenuhinya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya di bidang kerja layak dan perkembangan ekonomi di Indonesia.

 

TAGS : Pandemi Luncurkan Wired 4 Work! 2.0 Plan Indonesia Dukung Kaum Muda