Diselenggarakan Full Online, Jakarta Fashion Week Model Search 2021 Umumkan JFW 2022 Icons dan Face of Indonesia

Diselenggarakan Full Online, Jakarta Fashion Week Model Search 2021 Umumkan JFW 2022 Icons dan Face of Indonesia
Dok JfW

Memasuki tahun ke-14-nya, perhelatan salah satu pekan mode terbesar di Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week 2022, siap diselenggarakan secara virtual selama 4 hari, yaitu pada 25-28 November 2021 mendatang.

Sudah menjadi agenda wajib bagi Jakarta Fashion Week (JFW) untuk menyelenggarakan Jakarta Fashion Week Model Search, atau yang biasa dikenal dengan nama JFW Model Search, termasuk di tahun 2021 ini. Dengan nama besar Jakarta Fashion Week, JFW Model Search selalu menarik banyak perhatian untuk menanti wajah baru dari top model Indonesia.

Untuk tahun ini, JFW Model Search memilih 14 model terbaik dari seluruh Indonesia yang akan berjalan di runway Jakarta Fashion Week 2022. Dua di antara mereka terpilih menjadi Jakarta Fashion Week 2022 Icons, yaitu model kampanye Jakarta Fashion Week 2022, serta dua model lainnya akan menjadi Face of Indonesia, perwakilan Indonesia di Face of Asia – Asia Model Festival di Seoul, yang tahun ini juga akan diadakan secara virtual.

Tidak menjadikan masa pandemi sebagai halangan, semua proses Jakarta Fashion Week Model Search 2021 dilakukan secara online atau virtual, mulai dari pendaftaran, audisi, penjurian, hingga pemberian workshop bagi 14 model yang masuk ke tahap Grand Final. Bekerja sama dengan TikTok sebagai platform digital untuk menyelenggarakan video audisi, Jakarta Fashion Week Model Search 2021 berhasil menarik perhatian lebih dari 900 partisipan dari seluruh Indonesia, sejak pendaftarannya dibuka selama bulan Juni 2021 lalu.

Penggunaan media sosial TikTok sebagai platform audisi JFW Model Search 2021 pun menjadi sarana Jakarta Fashion Week dalam menemukan talenta-talenta baru di bidang modeling. Kesuksesan JFW Model Search 2021 ini juga terlihat dari audiens TikTok yang menyebarkan hashtag #jfwmodelsearch di platform TikTok, yang hingga pertengahan Oktober 2021 telah mencapai 12,6 juta views, serta #inigayamodelJFW yang berhasil mengumpulkan 48,2 juta views.

“Kreativitas telah menjadikan TikTok sebagai rumah bagi kreator fashion, desainer, stylist, dan juga para model untuk mengekspresikan suara mereka, berbagi gaya yang unik, dan ditemukan oleh industri fashion. Kami senang kolaborasi dengan Jakarta Fashion Week ini bisa memberikan terobosan baru untuk spektrum konten fashion di platform kami, dan menjadi kolaborasi pertama kami dengan fashion week franchise,” ungkap Fandhy Thesia, Marketing Operations Manager TikTok Indonesia.

Fandhy pun menambahkan, “Sebelumnya, TikTok meluncurkan tagar #TikTokRunwayJFW, di mana kami mengajak pengguna TikTok untuk seolah tampil menjadi model di fashion runway. Hashtag challenge ini mendapatkan antusiasme yang positif, dengan mencapai 12 juta views.”

Kerja sama kedua kalinya antara TikTok dan JFW ini diharapkan Fandhy bisa memperkaya konten-konten yang lebih positif lagi, terutama di bidang fashion. “Kami berharap

kolaborasi TikTok dan Jakarta Fashion Week ini bisa dinikmati oleh semua fashion enthusiast. Kita bisa memajukan banyak penggiat fashion Indonesia, mulai dari desainer lokal, model-model muda yang berpotensi, dan membuat fashion itu bisa lebih dekat ke masyarakat, termasuk konten-konten dari Jakarta Fashion Week yang hadir di TikTok, platform media sosial yang diakses oleh orang banyak,” katanya.

JFW Model Search 2021 juga melibatkan Yoland Handoko (fashion stylist) dan Panca Makmun (koreografer senior) sebagai juri dan coach professional yang memberikan materi virtual workshop bagi 14 Grand Finalist JFW Model Search 2021.

“Meski diadakan fully digital dengan segala keterbatasan yang ada, seperti koneksi internet salah satunya, saya merasa para peserta JFW Model Search 2021 ini sudah sangat matang dan memberikan effort yang tidak main-main di setiap tantangan yang diberikan. Selain itu, seluruh peserta yang berpartisipasi sangat beragam dengan tampilan masing-masing yang unik dan latar belakang yang berbeda-beda,” ujar Yoland.

“Cukup berat saat harus menentukan siapa juara untuk menjadi JFW 2022 Icons dan Face of Indonesia karena surprisingly semua peserta sudah punya karakter, look, juga skill yang sangat qualified dan kita cari sesuai dengan standar Jakarta Fashion Week. Dikarenakan selama ini kita tahu seperti apa standar kualitas model yang tampil di runway JFW, jadi kami benar-benar selektif memilihnya agar tidak berbanding terlalu jauh dengan model-model senior lainnya yang akan berjalan di runway JFW 2022. Dan bagi saya pribadi, para peserta JFW Model Search 2021 ini sudah seperti model profesional yang siap tampil di runway sekelas Jakarta Fashion Week,” Panca menambahkan.

Dari 14 Grand Finalist, JFW akhirnya memilih Jakarta Fashion Week 2022 Icons, yaitu Ekene Dilichukwu Edeh (19) dari Jakarta dan Intan Abigail (19) dari Bandung.

Ekene Dilichukwu Edeh, atau yang akrab disapa Ken, memiliki darah campuran Palembang dan Nigeria sehingga membuat ia punya warna kulit yang eksotis. Ken pun pernah terpilih sebagai model pembuka di salah satu show desainer terkenal Indonesia, Patrick Owen. Sementara Intan Abigail, yang memiliki darah campuran Bandung dan Afrika Selatan, baru terjun di dunia modeling selama satu tahun terakhir.

Selain menetapkan JFW 2022 Icons, Jakarta Fashion Week Model Search 2021 memilih dua Grand Finalists, yaitu Michael Prince Iyke (22) dari Jakarta dan Ranti Kusuma Putri (26) asal Jakarta, sebagai Face of Indonesia.

Sejak 4 tahun lalu memutuskan menjadi model dan terjun ke dunia fashion, Prince sangat percaya diri pada warna kulit gelap yang dimilikinya. Baginya, hal tersebut adalah sebuah kebanggaan. Sedangkan Ranti sudah menekuni dunia modeling sejak tahun 2015, meski ia baru terjun ke industri ini secara penuh di tahun 2017. Menjadi model dianggap Ranti sebagai sebuah wadah untuk mengekspresikan diri dan perasaannya.

Jakarta Fashion Week 2022 siap disajikan untuk para pecinta dan pelaku industri fashion, baik Indonesia maupun internasional, secara virtual mulai dari tanggal 25-28 November 2021 di berbagai platform, seperti live stream melalui microsite JFW.TV dan YouTube Jakarta Fashion Week.

TAGS : Fashion Diselenggarakan Full Online Jakarta Fashion Week Model Search 2021 Umumkan JFW 2022 Icons dan Face of Indonesia