Seni di Seluruh Istanbul: Istanbul Mengedepankan Seni dan Budaya

Seni di Seluruh Istanbul: Istanbul Mengedepankan Seni dan Budaya
Ist

Pusat  Kebudayaan Ataturk di Istanbul membuka kembali pintunya bagi pecinta seni pada 29 Oktober 2021, yang merupakan peringatan 98 tahun Hari Republik Turki. Dikenal sebagai Ataturk Kultur Merkezi (AKM) oleh penduduk setempat, struktur kontemporer yang baru dibangun ini merujuk pada desain ikonik sebelumnya.

AKM adalah salah satu investasi terpenting dalam Rute Budaya Beyoglu, yang didirikan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata sebagai salah satu proyek seni dan budaya terbesar Turki hingga saat ini. Pusat ini menandai dimulainya jalur budaya, dan pembukaannya kembali meluncurkan Festival Rute Budaya Beyoglu Internasional, yang juga dikembangkan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Mehmet Nuri Ersoy, meresmikan Pusat Kebudayaan Istanbul Ataturk dalam upacara pembukaan yang dihadiri oleh tokoh-tokoh terkemuka dari bidang bisnis, seni dan akademik, serta perwakilan dari organisasi non-pemerintah, dan media lokal dan asing.

Rampung direkonstruksi dalam 2,5 tahun oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dengan biaya TL 2 miliar, AKM menyambut pengunjung sepanjang tahun ke Opera House seluas 49.000 meter persegi dengan 2.040 kursi yang dilengkapi teknologi mutakhir. Pusat ini juga memiliki luas 16.300 meter persegi, aula teater dengan 802 kursi, galeri AKM seluas 410 meter persegi, dan aula serbaguna AKM.

Selain aula yang disebutkan di atas, AKM menawarkan area indoor sekitar 100.000 meter persegi, yang terdiri dari galeri, aula serbaguna, pusat seni anak, panggung musik, studio rekaman musik, dan perpustakaan yang dirancang sebagai pusat informasi untuk topik khusus seperti musik, seni, arsitektur dan desain. Kompleks yang diperbarui juga mencakup bioskop AKM Yesilcam dan ruangan seperti toko desain, bersama dengan area latihan, ruang belajar solois dan orkestra, restoran, kantin, kafe buku, bengkel, dan unit administrasi dan teknis.

SENI HADIR DI BEYOGLU

Istanbul – satu-satunya kota metropolitan di dunia yang terbentang di dua benua, dan jembatan antara peradaban, budaya, dan ekonomi – meluncurkan festival kota internasional multi-segi dengan cakupan luas yang berfokus pada budaya dan seni.

Dikembangkan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Proyek Rute Budaya Beyoglu menyoroti nilai internasional Istanbul, dan aset sejarah, arsitektur, ekonomi, dan wisatanya. Festival Rute Budaya Beyoglu berlangsung dari 30 Oktober hingga 14 November 2021, menampilkan partisipasi lebih dari seribu seniman di 60 lokasi.

Berperan sebagai ibu kota tiga kerajaan karena posisi strategisnya yang menghubungkan Eropa dan Asia, Istanbul telah menyatukan berbagai agama, budaya, komunitas dan karya mereka sepanjang sejarah yang kaya sejak era prasejarah. Dinamakan Ibukota Kebudayaan Eropa pada tahun 2010 oleh Dewan Eropa, Istanbul sekarang menjadi tuan rumah festival kota internasional yang diselenggarakan di poros proyek budaya dan seni terbesar Turki, Rute Budaya Beyoglu.

Rute Budaya Beyoglu menampilkanpusat kebudayaan Ataturkyang baru dibangun kembali, serta menara Galata, bioskop Atlas, pondok Galata Mevlevi, rumah peringatan Mehmet Akif, dan teater budaya Tarık Zafer Tunaya, bersama dengan banyak aset sejarah, budaya dan arsitektur lainnya yang dipugar oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Hal ini termasuk investasi budaya dan pariwisata yang penting seperti Galataport, bioskop Emek, dan panggung Garibaldi. Rute dari pusat kebudayaan Ataturk ke Galataport menghadirkan perjalanan yang mengungkap masa lalu ke masa depan di tengah suasana Beyoglu yang menawan, dengan arsitektur, sastra, lukisan, musik, desain, dan teater.

Festival Rute Budaya Beyoglu akan diadakan setiap tahun untuk memastikan bahwa proyek ini, yang dirancang untuk berkontribusi pada nilai merek Istanbul, sebagai salah satu tujuan wisata terpenting di dunia, dipamerkan di tingkat internasional.

Proyek Seni dan Budaya Terbesar Turki

Mulai tanggal 30 Oktober dan berlangsung hingga 14 November, Festival Rute Budaya Beyoglu akan menampilkan konser, pameran, dan acara lainnya. Merangkul seluruh segmen masyarakat, pameran, konser, produksi opera dan teater, diskusi dan lokakarya akan diadakan di enam puluh lokasi di sepanjang rute festival, dengan partisipasi lebih dari seribu seniman.

Sebagai proyek seni dan budaya terbesar di Turki, Festival Rute Budaya Beyoglu menyatukan beragam karya dan disiplin ilmu, mulai dari seni klasik hingga kontemporer, digital dan film, musik, tari, dan sastra. Seniman kontemporer dan mahasiswa ditampilkan, bersama dengan karya-karya kolektor dan karya-karya yang diproduksi untuk Festival, mengumpulkan nilai-nilai budaya dan seni bangsa di bawah satu atap. Program selengkapnya dapat diakses di http://www.beyoglukulturyolu.com

TAGS : Budaya Seni di Seluruh Istanbul: Istanbul Mengedepankan Seni dan Budaya