Good Doctor Dukung Edukasi Kesehatan tentang Universal Healthcare Coverage Kepada Lebih dari 13 Juta Pengguna

Good Doctor Dukung Edukasi Kesehatan tentang Universal Healthcare Coverage Kepada Lebih dari 13 Juta Pengguna
Ist

Hari Kesehatan Nasional yang jatuh di bulan November mencatat terobosan baru upaya transformasi digital sektor kesehatan Indonesia, melalui kerjasama yang dibangun oleh Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) and BPJS  Kesehatan. Melalui kerjasama ini masyarakat khususnya peserta program JKN-KIS akan dimudahkan dalam mendapatkan informasi, edukasi, dan akses program JKN-KIS melalui aplikasi Good Doctor. Informasi dan edukasi yang dapat diakses mencakup hal-hal terkait administrasi, pendaftaran, hak dan tanggung jawab, tata cara, dan pelayanan di fasilitas kesehatan. 

Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya BPJS Kesehatan untuk terus meningkatkan pelayanan JKN-KIS, salah satunya melalui kolaborasi dengan penyedia layanan kesehatan. Hingga saat ini, 226 juta penduduk Indonesia telah tercakup dalam program JKN-KIS atau 84% dari total penduduk, dan harapannya dengan transformasi digital yang efektif, sebagian besar dari peserta program JKN-KIS ini dapat segera mengakses informasi dan layanan dengan mudah lewat aplikasi layanan kesehatan berbasis digital, seperti Good Doctor.

Berangkat dari ambisi untuk mewujudkan “one doctor for every family in Indonesia”  atau satu dokter untuk setiap keluarga di Indonesia, pengguna aplikasi Good Doctor di Indonesia kini telah mencapai lebih dari 13 juta pengguna, dengan layanan yang mencakup lebih dari 100 kota di seluruh Indonesia. Cakupan luas ini dibangun dalam kurun waktu kurang dari dua tahun sejak aplikasi Good Doctor pertama kali diluncurkan di Indonesia, dan kini telah bermitra dengan lebih dari 4.000 rumah sakit, klinik, apotik dan laboratorium kesehatan di seluruh Indonesia. Disamping penyediaan layanan kesehatan langsung kepada penggunanya, Good Doctor juga membangun kerja sama dengan lembaga-lembaga yang memiliki tujuan yang selaras, termasuk BPJS Kesehatan, untuk memperkuat upaya pencapain transformasi digital sektor kesehatan Indonesia. Good Doctor percaya bahwa layanan kesehatan yang didukung oleh teknologi akan menciptakan akses yang lebih luas dan lebih mudah bagi masyarakat.

 Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksanamenyatakan, “Kami berharap kemitraan dengan BPJS Kesehatan dapat meningkatkan akses peserta program JKN-KIS terhadap informasi dan layanan melalui aplikasi kami, serta membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan melalui sumber terpercaya dan kredibel yang dikurasi oleh tim medis kami. Berangkat dari kerjasama ini, kami akan terus mengembangkan solusi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan peserta program JKN-KIS dan seluruh masyarakat.”

Didukung oleh teknologi yang menghadirkan akses, kenyamanan, dan kecepatan yang tidak dibatasi oleh batasan geografis dan demografis seperti yang dihadapi oleh layanan kesehatan tradisional, Good Doctor menyediakan berbagai solusi untuk layanan kesehatan. Aplikasi Good Doctor menghubungkan pasien dengan dokter terpercaya dan kredibel, dimana pasien dapat membuat janji konsultasi dengan lebih mudah. Aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan asuransi peserta untuk akses dan proses layanan yang lebih cepat. Aplikasi Good Doctor juga menyediakan platform e-commerceuntuk berbagai produk kesehatan dan kebugaran.

Lebih lanjut, Good Doctor menghadirkan berbagai konten kesehatan yang dikurasi oleh tim profesional. Menyediakan informasi kesehatan terpercaya melalui aplikasinya juga merupakan salah satu upaya Good Doctor untuk meningkatkan literasi masyarakat mengenai pelayanan kesehatan di Indonesia, terutama mengenai Universal Healthcare Coveragedemi memastikan seluruh masyarakat memiliki akses kepada pelayanan kesehatan berkualitas kapanpun dan dimanapun. Semangat inilah yang kembali digaungkan Good Doctor pada Hari Kesehatan Nasional, demi mencapai Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangunmengatakan, “Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BPJS Kesehatan dan Good Doctor yang dilakukan pada awal bulan November merupakan titik awal bagi kami untuk bersama-sama mengembangkan layanan kesehatan yang terbaik dan paling sesuai untuk masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi digital yang telah merambah semua sektor, dipadukan dengan keahlian Good Doctor yang sudah memiliki pengalaman luas di bidang ini, kami bertujuan untuk mengembangkan solusi berbasis teknologi yang cocok untuk masyarakat Indonesia dan sejalan dengan konsep JKN. Kami berharap kerjasama ini terus berkembang, dan bersama-sama kita dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Sebagai mitra pemerintah, Good Doctor juga terus berperan di tengah situasi pandemi COVID-19 melalui berbagai inisiatif. Good Doctor ditunjuk sebagai mitra telemedisin pemerintah untuk memberikan layanan bagi pasien COVID-19 yang sedang menjalani karantina mandiri. Good Doctor juga telah meluncurkan COVID-19 Care Centerdalam aplikasi yang merupakan bagian dari inisiatif #LawanPandemi, serta mendukung program vaksinasi nasional melalui screening dan registrasi online melalui aplikasi Good Doctor. Peran aktif Good Doctor di tengah upaya #LawanPandemi terbukti pada kenaikan jumlah konsultasi medis terkait COVID-19 hingga 700% dan pertumbuhan jumlah pengguna aktif hingga enam kali lipat ketika tingkat penularan COVID-19 tinggi.

 

TAGS : Kesehatan Good Doctor Dukung Edukasi Kesehatan tentang Universal Healthcare Coverage Kepada Lebih dari 13 Juta Pengguna