• Sabtu, 20/04/2024 16:06 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

BAND PERAIH NOMINASI MERCURY PRIZE BLACK COUNTRY, NEW ROAD RILIS SINGLE TERBARU "BREAD SONG

- Rabu, 01/12/2021 15:35 WIB
BAND PERAIH NOMINASI MERCURY PRIZE BLACK COUNTRY, NEW ROAD RILIS SINGLE TERBARU "BREAD SONG
Foto oleh: Rosie Foster

Band rock asal Inggris, Black Country, New Road hari ini merilis single terbaru mereka berjudul “Bread Song” yang menjadi rilisan ke-2 dari album mereka selanjutnya, ‘Ants From Up There’, yang siap dirilis pada 4 Februari 2022 melalui label musik Ninja Tune.

Sebuah lagu yang sudah dibawakan secara langsung oleh Black Country, New Road sejak awal tahun ini, “Bread Song” telah menjadi salah satu lagu favorit penggemar mereka dengan lirik-lirik penuh emosi dan instrumentasinya yang lembut. Dari segi lirik, “Bread Song” mungkin dapat diasosiasikan dengan suatu hal yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari — remah-remah roti di tempat tidur — namun lirik lagu ini telah melalui banyak perubahan selama jangka waktu empat tahun. Evolusi musik Black Country, New Road yang terdiri dari Lewis Evans, May Kershaw, Charlie Wayne, Luke Mark, Isaac Wood, Tyler Hyde, dan Georgia Ellery turut terdengar di “Bread Song” di mana mereka mengeksplorasi warna musik yang lebih melodik dengan dinamika yang lebih rumit, berujung pada momen-momen indah yang melanda semua pendengarnya bagaikan ombak.  

Mengenai “Bread Song”, frontman Isaac Wood mengatakan, “Kami sengaja merekam bagian chorus pertama tanpa time signature. Aku pernah melihat Steve Reich tampil di “Music for 18 Musicians” dan di penampilan itu ada bagian di mana panjang barnya ditentukan oleh napas dari pemain klarinet dan musisi-musisi lainnya bermain hingga ia kehabisan napas. Aku ingin mencoba hal tersebut dengan yang lain di mana kami tidak melihat satu sama lain dan tidak memberi sinyal ke satu sama lain, dan hanya bermain tanpa time signature, namun secara bersama-sama.”

Album perdana mereka, `For the first time`, dihujani ulasan gemilang dari berbagai kritikus musik dan pencinta musik di seluruh dunia serta mendapatkan nominasi Mercury Music Prize. Dirilis pada Februari 2021, album tersebut didaulat sebagai “salah satu album terbaik tahun ini” oleh The Observe dan mendapatkan review 5/5 dari The Times yang juga menamakan Black Country, New Road sebagai “the most exciting band of 2021”.  Selain itu, ‘For the first time’ juga mendapatkan dukungan yang ekstensif di seluruh dunia dan berhasil debut di posisi #4 chart album Inggris di pekan pertamanya, sebuah prestasi yang luar biasa untuk sebuah album perdana yang terbilang eksperimental.

Album tersebut juga mencapai posisi #1 di situs Any Decent Music, #2 di situs Album Of The Year, dan duduk di posisi #1 di situs Rate Your Music selama beberapa pekan, serta menjadi album yang tahun ini paling banyak diulas oleh para penggemar musik dan paling banyak didiskusikan. Black Country, New Road juga dinamakan Artist Of The Week dan Album Of The Week oleh The Observer, The Line Of Best Fit, dan Stereogum, serta mendapatkan fitur di NPR, Crack Magazine, Pitchfork, NME, Clash, dan publikasi ternama lainnya.

Single “Bread Song” dirilis tak lama setelah pengumuman album terbaru mereka, ‘Ants From Up There’, yang siap dirilis pada 4 Februari 2022 mendatang — hampir setahun setelah ‘For the first time’ dirilis. Black Country, New Road kemudian mengambil momentum dari album tersebut dan langsung beralih ke album ke-2 mereka di mana mereka mencapai sebuah keseimbangan yang terampil antara versi lebih berani dari musik mereka sebelumnya dan sebuah progresi yang natural. 

Album terbaru mereka `Ants From Up There`  diumumkan bersamaan dengan perilisan single “Chaos Space Marine” yang mendapatkan berbagai macam reaksi dari pendengar mereka dan berbagai publikasi ternama dunia termasuk NPR yang mendeskripsikannya sebagai “a thrilling transcontinental epic,” dan The Times yang mendaulat mereka sebagai “salah satu band paling seru dan aneh dari Britania.”

Di ‘For the first time’, Black Country, New Road memadukan post-rock, indie, dan spoken word yang dibawakan dengan intens. Album ‘Ants From Up There’ dipastikan akan memperluas perpaduan unik tersebut untuk menciptakan sebuah titik tengah yang membawa nuansa minimalis klasik, indie-folk, pop, rock alternatif, dan warna musik yang telah lekat dengan karakter mereka. Black Country, New Road siap untuk mengambil lompatan yang berani dan inovatif lewat album terbaru mereka. 

 

`Ants From Up There` Tracklist
1. Intro
2. Chaos Space Marine
3. Concorde
4. Bread Song
5. Good Will Hunting
6. Haldern
7. Mark’s Theme
8. The Place Where He Inserted the Blade
9. Snow Globes
10. Basketball Shoes

Tags

Artikel Terkait

Terkini