Bonobo, salah satu nama terbesar di jagad elektronik, rilis "Shadows" bersama Jordan Rakei

Bonobo, salah satu nama terbesar di jagad elektronik, rilis "Shadows" bersama Jordan Rakei
Bonobo ( ist )

Musisi, produser, dan DJ asal Inggris Raya, Bonobo (aka Simon Green), hari ini merilis bagian terbaru dari album terbarunya, ‘Fragments’, yang siap dirilis 14 Januari mendatang via label musik Ninja Tune yaitu single “Shadows” yang turut menampilkan teman sesama musisinya dan teman satu labelnya, Jordan Rakei.

“Shadows” dengan groove-nya yang seakan menghantui diwarnai oleh permainan bass dan permainan piano Fender Rhodes yang renyah, sebelum akhirnya mencapai sebuah crescendo yang penuh euforia di atas permainan synth yang menggugah dan arpeggio strings. Simon mengatakan, “‘Shadows adalah salah satu lagu pertama yang aku tulis untuk album terbaruku dan berkolaborasi dengan Jordan rasanya sangat menyenangkan. Sebelumnya kami sudah menghabiskan banyak waktu bersama. Ia pernah tur bersama kami dan aku adalah penggemarnya. Jordan adalah pilihan yang mudah untuk diajak berkolaborasi. Instrumental-nya berkembang secara pelan-pelan seperti throwback Detroit. Di tengah proses pembuatan lagu ini aku memikirkan orang-orang seperti Theo Paris dan Moodyman. Lagu ini adalah salah satu lagu terfavoritku di album terbaruku dari awal.”

“Aku sudah menggemari musik Bonobo sangat lama dan kesempatan berkolaborasi ini sangat istimewa. Kami mengerjakan lagu ini secara terpisah di awal masa Lockdown 2020,” ujar Jordan Rakei. “Simon mengirimkan lagunya dan aku menulis 3 verse berbeda dan 3 chorus berbeda. Saat anda bekerja secara terpisah, rasanya sangat sulit untuk menentukan apakah sebuah ide sesuai dengan visi mereka, jadi aku ingin memastikan bahwa aku mengirimkan lebih dari cukup haha. Dan ia memilih verse dan chorus favoritnya dan aku merekamnya di studioku di London.”

Bonobo baru-baru ini membahas album ‘Fragments’ dengan Rolling Stone saat ia merilis single “Tides” feat. Jamila Woods yang Clash sebut “menenangkan” dan didapuk sebagai single pilihan pekan itu oleh The Observer. Single utama album terbarunya, "Rosewood", disambut hangat oleh sejumlah publikasi internasional ternama meliputi Pitchfork, NME, Mixmag, dan CRACK magazine, dan telah didengarkan lebih dari 1 juta kali sejak dirilis. “Rosewood” dinilai Billboard “menangkap esensi lantai dansa, dan pagi setelah pesta. Beat-nya perlahan memintamu untuk bergerak...dari salah satu produser yang paling dirayakan selama 2 dekade terakhir ini.”

Album ‘Fragments’ dipastikan menjadi album paling emosional dari Bonobo yang bernama asli Simon Green. Berbagai musisi hadir di album ini termasuk Jamila Woods, Joji, Kadhja Bonet, Jordan Rakei, O’Flynn, dan Miguel Atwood-Ferguson. Berawal dari sejumlah ide dan keinginan Simon untuk terus bereksperimentasi, ‘Fragments’ akhirnya tercipta dari ledakan kreativitas para kolaboratornya dan saat Simon memutuskan untuk bertolak ke alam liar.

Sebagai salah satu nama terbesar dalam ranah musik dance, karir Simon telah membuahkan 5 nominasi GRAMMY® Award termasuk nominasi GRAMMY di kategori Best Dance/Electronic Recording category tahun ini dan sebanyak 2 juta tiket terjual untuk tur album ‘Migration’-nya pada 2017. Album tersebut mencapai posisi #1 chart Billboard Dance Album dan masuk ke Top 10 di sejumlah negara. Simon juga telah tampil di panggung utama berbagai festival musik ternama dunia termasuk Coachella, Glastonbury, Laneway Festival Singapore, dan Sónar Hong Kong.

`Fragments` Tracklist:

1. Polyghost (feat. Miguel Atwood-Ferguson) 
2. Shadows (feat. Jordan Rakei) 
3. Rosewood 
4. Otomo (feat. O’Flynn) 
5. Tides (feat. Jamila Woods)
6. Elysian
7. Closer 
8. Age of Phase 
9. From You (feat. Joji)
10. Counterpart 
11. Sapien
12. Day by Day (feat. Kadhja Bonet)

TAGS : Musik Bonobo salah satu nama terbesar di jagad elektronik rilis "Shadows" bersama Jordan Rakei