• Jum'at, 29/03/2024 20:32 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice akan hadir di Jakarta saat libur Lebaran 2024 14 & 15 April di Indonesia Arena

GELAR KARYA PARADE PERTUNJUKAN SENI MEDIA BARU 2021  

- Rabu, 15/12/2021 12:00 WIB
GELAR KARYA PARADE PERTUNJUKAN SENI MEDIA BARU 2021  
Ist

Sukses dilaksanakankan tahun 2020 lalu secara daring, tahun ini, program Parade Pertunjukan Seni Media Baru yang digagas oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Garin Workshop kembali digelar. Program yang bertujuan untuk membangkitkan kreativitas dan produktivitas seniman/komunitas seni di Indonesia diharapkan dapat menginspirasi anak muda dalam eksplorasi media baru.

Program Parade Pertunjukan Seni Media Baru hadir dengan berbagai macam rangkaian kegiatan untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda, sehingga dapat merasakan pengalaman baru dalam menikmati pertunjukan seni. Seperti tahun sebelumnya,acara ini akan membagikan berbagai pengalaman dan sharing proses kreatif, mulai dari Ngobras (Ngobrol Santai) hingga Parade Pertunjukan Seni Media Baru bersama Garin Nugroho dan narasumber kompeten lainnya, diharapkan banyak potensi baru yang dapat hadir tanpa terkendala ruang bertemu. Tak hanya untuk mengasah lebih lanjut kreativitas para pelaku seni pertunjukan namun juga memperkuat sistem pengelolaan dan kolaborasi dalam seni pertunjukan.

Program ini terbuka untuk seniman muda Indonesia yang mempunyai gagasan pertunjukan seni dengan sentuhan media baru yang dituangkan dalam proposal. Pendaftaran yang dibuka mulai dari 9Juni -  9 Juli 2021mencapai jumlah peserta 235 proposal dari seluruh provinsi di Indonesia. Setelah melalui proses seleksi , terpilihlah 6 proposal terbaik yang berhak mendapatkan dana produksi, pendampingan online (Inkubasi Kreatif) dan pendampingan kreatif maupun produksi dari mentor yang berpengalaman di bidangnya dalam berdiskusi ataupun membuka wawasan terhadap karya yang diproduksi. Mentor-mentor yang dilibatkan dalam proses kreatif ini adalah para seniman yang berpengalam di dunia seni pertunjukan dan media baru, diantaranya Keni K. Soeriaatmadjaselaku founder Sasikirana Dance Lab & DocumenTari, Deden Bulqiniseorang Visual Artist, Iswadi Pratama, seniman sekaligus pendiri Teater satu di Lampungdan Garin Nugroho, seorang Penulis dan Sutradara Film dan pertunjukan.  

Enam (6) karya dari proposal terpilih tahun ini akan menemani liburan akhir tahun untuk tetap #bahagiadarirumah dengan ditayangkan perdana secara ExclusiveGelar Karya Parade Pertunjukan Seni Media Baru 2021 untuk tetap dapat #nontondirumah melalui Kanal Budaya Indonesiana TVpada tanggal 20 - 25 Desember 2021 dan tayangan ulang diYoutube Budaya Saya pada tanggal26 - 31 Desember 2021, diantaranya :

1. “Leviathan Lamalera” Karya dariPrehistoric Soul Project, Bali

2. “Arisan Siasat” Karya dariArtikulasi Performatif, Jogjakarta

3. “Gandrung Kedua” Karya dariStudio Klampisan, Banyuwangi

4. “Story of Tapa Malenggang” Karya dariMendalo Dance Project , Jambi

5. “Rirang” Karya dariSiberdaya, Pontianak

6. “Mordana” Karya dariWhanid Project, Jogjakarta

“Potensi kreator seni pertunjukan di Indonesia yang sungguh luar biasa akan menjadi sia-sia jika tidak dirawat dengan baik. Program ini berangkat dari tumbuh-kembangnya seni pertunjukan di Indonesia, namun tidak sejalan dengan tumbuhnya regenerasi kreator muda yang mampu terus konsisten berkarya sekaligus membangun komunitas seni di lingkungannya.” Ujar Garin Nugroho.

Dalam rangkaian program Ngobras (Ngobrol Santai) Media Baru  NGOBRAS SPESIAL : RILIS KARYAdiisi dengan bincang-bincang menarik bersama 6 perwakilan kelompok seni yang karyanya terpilih dan seniman profesional yang membagi ilmu dan pengalaman menangani proyek seni kolaboratif yaitu Garin Nugroho, Keni Soeriaatmadja, Deden Bulqini. Dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  juga akan menghadirkan Dirjen. Kebudayaan, Bapak Hilmar Farid dan Bapak Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik dan Media.

“Dengan kemajuan teknologi saat ini semakin mempermudah orang untuk lebih kreatif membuat karya yang isi pesannya membangun karakter bangsa dan bisa ditayangkan juga secara digital.” Menurut Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik dan Media.

 

Tags

Artikel Terkait

Terkini