Berhadiah Total 500 Juta Rupiah! CAF Betta Festival 2022 Umumkan Pemenang Kategori IBC dan SNI

Ajang kompetisi ikan hias dan Cupang terbesar di Jawa Barat, CAF Betta Festival yang digelar di Trans Studio Bandung, akhirnya sampai pada proses pengumuman pemenang. Sebelumnya, seleksi dan penjurian dilakukan mengikuti standar International Betta Congress (IBC) dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Juara Umum untuk kategori SNI adalah ikan Cupang Gatotkaca dari Semarang, Jawa Tengah dan Juara Umum untuk kategori IBC adalah ikan Cupang Mocuan. Keduanya berhasil menjadi juara dan masing-masing mendapatkan hadiah sebesar 25 juta rupiah”, kata Zaenal Somantri, Event Director CAF Betta Festival saat jumpa pers di lokasi acara, Sabtu (15/01/2022).

Turut hadir dalam jumpa pers Yanuar Anugrah (CEO CAF Group), Zaenal Somantri (Event Director CAF Betta Festival), Dominicus Ferdinand (Ketua Juri IBC), Yusuf Muharam (Perwakilan Juri SNI), Wing Wiryawan (Presiden Asosiasi Betta Indonesia), dan Arif Ardiansyah (Ketua Pelaksana bidang IT). Dalam pengumuman pemenang kompetisi yang digelar malam harinya juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Noorhadi Sadli (Tenaga Ahli Organisasi, Tata Laksana & Hubungan Antar Lembaga), serta Sundawan Salya (Direktur Utama TV Mata Milenial Indonesia) sebagai media partner acara ini.

Zaenal Somantri menjelasakan, pada kompetisi ikan Cupang ada beberapa tingkatan pemenang.

“Per kelas ditentukan Juara 1-nya, yang terlaksana hari ini dan kemudian diumumkan pemenangnya”, ujarnya.

Ada 2000 lebih ikan yang telah dinilai oleh juri. “Untuk jumlah tim, kurang lebih ada ratusan tim yang ikut”, imbuhnya. Ia menambahkan, pelaksanaan acara yang digelar selama empat hari tersebut terbagi menjadi beberapa segmen; Batch In Cupang Peserta (13 Januari), Penjurian Kompetisi Cupang (14 Januari), Pengumuman Pemenang Juara Umum & Grand Champion (15 Januari) kemudian di hari terakhir Exhibition & Batch Out serta ada Pasar Kuliner Tradisional (16 Januari).

Selain uang tunai, hadiah fantastis lainnya juga telah disiapkan untuk diberikan kepada masing- masing pemenang per kategori seperti: 1 unit Yamaha NMAX untuk Kategori Best of Show IBC, 2 unit Yamaha LEXY untuk kategori Best of Optional IBC dan Best of Form (Regular), 1 unit Yamaha MIO M3 untuk Kategori Best of Form (Baby). Total hadiah 161 juta rupiah untuk Kategori Best of Division (Regular & Optional), dan total hadiah senilai 70 juta rupiah untuk Grand Champion SNI.

Adapun pembagian kategori terdiri dari 2 kelas yaitu International Betta Congress (IBC) dan Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan total kelas Cupang yang dikompetisikan sebanyak 173 kelas untuk IBC dan SNI. Kompetisi ini dinilai oleh dewan juri dengan jumlah terbanyak se- Indonesia yaitu 11 Juri SNI dan 11 Juri IBC (total 22 juri yang semuanya bersertifikasi).

Komitmen Bangkitkan Industri Kreatif

PT Cahaya Anugrah Firdaus (CAF) selaku penggagas acara CAF Betta Festival yang mengangkat tema “Pride Local Culture” mengaku terinspirasi dari manfaat ikan hias di Indonesia yang sangat berpengaruh pada perekonomian bangsa Indonesia, karena Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan non-konsumsi atau ikan hias di dunia.

Dalam kesempatan jumpa pers di lokasi acara, Yanuar Anugrah, CEO CAF Group menjelaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membangkitkan industri kreatif di Indonesia. Tak hanya di bidang ikan hias, sebelumnya perusahaannya juga telah sukses menggelar lomba balap mobil Tamiya serta belum lama ini kejuaraan sepeda gunung Downhill dan Enduro TERAS CAF 1st Series di tahun lalu.

“Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT. Namun, saat ini kami melihat banyak pihak yang terdampak (pandemi Covid-19). Setelah kami amati dan riset, bidang-bidang industri kreatif ini paling terdampak namun juga berpotensi untuk cepat bangkit,” kata Yanuar Anugrah kepada awak media.

Ia menambahkan, gelaran CAF Betta Festival 2022 menjadi upaya dari perusahaannya untuk membantu pemerintah membangkitkan kembali perekonomian Indonesia pada umumnya dan Bandung, Jawa Barat pada khususnya.

TAGS : Ajang Berhadiah Total 500 Juta Rupiah! CAF Betta Festival 2022 Umumkan Pemenang Kategori IBC dan SNI