• Jum'at, 29/03/2024 20:15 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice akan hadir di Jakarta saat libur Lebaran 2024 14 & 15 April di Indonesia Arena

Swellpro SplashDrone 4, Drone Canggih yang Bisa Masuk ke Air

- Selasa, 26/07/2022 10:38 WIB
Swellpro SplashDrone 4, Drone Canggih yang Bisa Masuk ke Air
Drone tahan air “Drone swellpro splash drone 4

Selama ini drone dikenal tidak dapat dioperasikan saat hujan ataupun di area berair. Namun kini hadir drone tahan air, Swellpro Splash Drone 4 yang semakin menambah penggunaan drone untuk menjawab kebutuhan pengguna. TIdak bisa dipungkiri, menerbangkan drone saat hujan atau dekat perairan seperti pelabuhan dan pantai memiliki resiko yang tinggi. Untungnya, Swellpro Drone dirancang khusus tahan air tawar, air hujan, air laut dan sangat cocok untuk diterbangkan dalam segala cuaca. Keunggulan ini menjadi pembeda dengan drone lain yang diperuntukkan terbang di atas daratan. Meskipun ada drone lain yang tahan air, tetapi memiliki ukuran yang besar sehingga kurang praktis.

Walaupun drone terbang dalam keadaan basah, drone tetap aman dan tidak terjadi konslet. Percikan air maupun pasir bisa saja masuk lewat sela-sela propeller. Beberapa aktivias yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan drone swellpro Splash Drone 4 antara lain videografi air, pengambilan sampel air, investigasi pencemaran lautan hingga mendeteksi keberadaan ikan untuk kegiatan memancing. Selain itu terdapat beberapa keunggulan Swellpro Splash drone 4 ini antara lain:

1.  Material Body Tahan Air

Material body menggunakan bahan khusus yang mampu menahan masuknya air ke bagian dalam drone. Material ini pula dipasang ke body remote yang membuatnya tahan air juga. Rasa khawatir masuknya air lewat propeller pun bukan menjadi masalah bagi swellpro splash drone 4.  Lebih dari melindungi body, material yang digunakan juga membuat drone dan remote dapat mengapung di air. Akan memudahkan bagi pilot drone dengan kemampuan ini sehingga bisa lebih fokus ke misi penerbangan. Seandainya remote jatuh ke air, tinggal ambil saja karena bisa mengapung dan terlindung dari korsleting.

2. Land / Take off Everywhere dan Power Flip

Karena material yang digunakan tersebut, swellpro splash drone 4 bisa diterbangkan dari permukaan air. Kemampuan yang tidak bisa dimiliki drone tahan air lain. Sehingga akan memudahkan misi penerbangan ketika sedang perjalanan di kapal.

Semisal pilot drone berada di kapal yang kecil. Proses pendaratan drone akan lebih leluasa dengan kemampuan landing di permukaan air. Karena secara otomatis drone akan mengambang.  Seandainya drone mendarat dengan posisi terbalik di permukaan air bagaimana? Fitur bernama power flip lah yang bisa membalikkan kembali posisi drone ke semula. Ketika drone terbalik, tinggal tambah power saja lalu drone akan ke posisi semula siap terbang.

3. Kamera dan Payloads 

Lantas bagaimana dengan kameranya? bukan masalah, karena disertakan juga kamera waterproof. Terdapat empat jenis kamera waterproof dengan berbagai kemampuan untuk digunakan berbagai misi perairan. Dari kamera yang menawarkan kualitas 4K sampai Nightvision dengan besaran sensor beragam. 

Selain itu, swellpro splash drone 4 bisa digunakan sebagai drone industri. Keperluan payloads untuk misi perairan disediakan dengan mampu membawa beban 2 kilogram. Tersedia empat jenis payloads untuk kebutuhan penelitian sampai penyelamatan. Satu hal yang menarik ialah drone ini bisa terbang membawa payloads sekaligus kamera.

4. Fitur Mumpuni

Kemampuan fisik drone yang memukau turut serta dengan fitur terbang yang dimiliki. Pilot drone bisa lebih mudah untuk pengambilan gambar sampai misi. Ada lima fitur yang pilot bisa gunakan untuk mempermudah penerbangan.

Dimulai dari fitur take off untuk membuat drone terbang secara otomatis. Selanjutnya, fitur orbit mode yang membuat drone secara otomatis terbang mengeliling objek. Fitur mission planning bisa memudahkan pilot untuk mengatur jalur terbang drone di layar remote. Selain ketiga itu, ada fitur return to homedan follow me.

Spesifikasi umum Swellpro Splash Drone 4:

● Standar Waterproof drone : IP67

● Standar Waterproof Remote : IP66

● Jangkauan terbang : 5 Kilometer

● Durasi Terbang : 30 Menit

● Baterai : 6600 mAh jenis LiPo

● Kamera : Compatible 4 Kamera

● Payloads : Up to 2 kilogram

● Berat : 2.18 kg

Dilihat dari spesifikasi umum saja, banyak kelebihan pada drone tahan air ini. Standar tahan air sudah dimiliki drone dan remote controlnya. Sedangkan spesifikasi jangkauannya sangat bersaing dengan drone lain. Apalagi dengan berat hanya 2 kilogram membuat Swellpro Splash Drone 4 menjadi easy to travel everywhere. Penggunaan drone kini bisa mendapatkan Swellpro Splash Drone 4 di beberapa e-commerce salah satunya Terra Store.

Narasumber: Michael Wishnu Wardana (CEO Terra Drone Indonesia)

Tentang Terra Drone Indonesia

PT Terra Drone Indonesia (https://terra-drone.co.id/) merupakan perusahaan penyedia jasa pemanfaatan drone untuk kegiatan survei udara dalam aplikasi industri yang meliputi pemetaan & pemodelan udara, serta inspeksi & pemantauan udara. Selain itu, Terra Drone Indonesia juga memberikan pelatihan & konsultasi bagi perusahaan yang sudah menggunakan drone untuk operasional sehari-hari. Terra Drone Indonesia memiliki fokus untuk menyediakan solusi di sektor minyak & gas, pertambangan, konstruksi, inf

Tags

Artikel Terkait

Terkini