• Sabtu, 27/04/2024 03:37 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

Demi Kerinduan Yang Belum Tuntas; Iwan Fals Dan Band Menghelat Konser Bertalu Rindu “Cinta”

- Sabtu, 03/09/2022 20:18 WIB
Demi Kerinduan Yang Belum Tuntas; Iwan Fals Dan Band Menghelat Konser Bertalu Rindu “Cinta”
Iwan Fals ( dok Musica Studio )

hubungan yang erat antara kerinduan dan penantian. Setiap penantian tentu dasarnya atas kerinduan, begitupun sebaliknya. Penantian kali ini adalah milik daripada jutaan kalau bukan ribuan penggemar setia Iwan Fals dari segala penjuru negeri untuk segera berjumpa dalam riuh riang, gegap gempita pentas idolanya.

Kerinduan bukan hanya milik penggemarnya saja. Pun, dengan Iwan Fals yang selalu menanti ‘Panggung Kita’ dibunyikan lagi. “Sejujurnya, kalau diingat lagi, masa-masa pandemi, itu salah satu masa paling sedih. Saya sedih karena banyak orang, saudara-saudara saya menggantungkan hidupnya dari dunia pentas dan harus kehilangan penghasilan, seperti kru panggung, kru lighting, kru sound sytem.”

Pun, juga, saya harus dipisahkan dengan pendengar musik saya, yang selama ini menjadi bagian penting dari hidup saya, rasanya sedih dan kelam sekali masa itu. Tapi, sedikit terobati dengan menggarap album ‘Pun Aku’ di tahun lalu. Selama masih bisa berkarya, mungkin itu penyambung rinduku pada pendengar, walau belum bisa tatap muka”, ungkap pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto, mengungkapkan kerinduannya akan pementasan offline yang sempat “mati” saat masa pandemi. 

Tahun, 2018 adalah terakhir kalinya Iwan Fals melakukan pentas di ‘Panggung Kita’ di kediamannya di Leuwinanggung lewat pentas rutin bertajuk ‘Konser Situs Budaya’. Empat tahun bukan waktu yang sekejap untuk menanti. Selain mesti menuntaskan sekian tur di 2019, Iwan Fals dan tak terkecuali seantero negeri dibuat menanti oleh situasi pandemi yang tak menentu selama 2 tahun terakhir semenjak 2020. Di masa itu pula, ‘Panggung Kita’ bak raksasa yang beristirahat, dan turut menanti keriaan yang akan terjadi selanjutnya

Konser Bertalu Rindu “Cinta” adalah jawaban dari dua rindu yang bertalu antara Iwan Fals dan penggemar setianya. Dihelat di ‘Panggung Kita’, Leuwinanggung, 3 September 2022, bertepatan dengan hari ulang tahun Iwan Fals yang ke 61. Konser ini digagas dan dirancang langsung oleh Rosana Listanto, yang akrab disapa Mbak Yos atau Ibu Yos, istri Iwan Fals sekaligus pendiri Tiga Rambu.

“Saya sendiri yang mengonsep tema dan literasi acaranya, dan kita hanya punya waktu dua minggu semenjak ini digagas dan diputuskan. Jadi, waktu persiapannya cukup tight. Tapi saya yakin bisa memberikan yang terbaik”, tutur Ibu Yos, membeberkan persiapan konser yang juga dinantinya sejak lama.

Tampil dengan membawakan repertoar magis, bergemuruh, menggelitik, namun romantis, semua berpadu dalam satu pertunjukan, Iwan Fals menyajikan 16 nomor terbaik yang dicomot dari album-album terdahulunya. Lagu-lagu seperti ’15 Juli 1996’, ‘Untuk Para Pengabdi’, ‘Di Ujung Abad’ yang diambil dari album ‘Suara Hati’ (2002), atau dari album Swami I (1989) seperti ‘Potret’, ‘Esek-Esek Udug-Udug’, dan ‘Cinta’, dan nomor lama lainnya membahana dari ‘Panggung Kita’, Leuwinanggung, di petang, 3 September 2022.

Nama ‘Iwan Fals & Band’ kerap kali terpampang di setiap pertunjukan yang dilakukan oleh Iwan Fals. Menjadi musisi pendukung Iwan Fals dengan beberapa wajah baru, Ardy Sikki (Bass), Sugarda Wijaya Amiarsa (Gitar, Perkusi dan Keyboard), Otta Tarrega (Keyboard dan Synth), Zulqi Ramadhan (Gitar), serta putra bungsu dari pasangan Iwan Fals dan Ibu Yos, Raya Rambu Rabbani (Drum) merasa menggebu dan gugup tampil di hadapan ribuan penonton di ‘Panggung Kita’, “tentu excited, tapi agak nervous, karena pertama kalinya merasakan ‘Panggung Kita”, pungkas Raya.

Beraksi bersama insan-insan belia, Iwan Fals seolah tak pernah kunjung tua karena masih berkeinginan untuk tumbuh dan tidak merasakan banyak kendala dalam perjalanan setiap penampilannya. “Justru menyenangkan,

 

Tags

Artikel Terkait

Terkini