• Kamis, 25/04/2024 15:41 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

BONOBO LUNCURKAN SINGLE DAN VIDEO KLIP TERBARU “ATK"

- Rabu, 07/09/2022 17:02 WIB
BONOBO LUNCURKAN SINGLE DAN VIDEO KLIP TERBARU “ATK"
Foto oleh: Grant Spanier

Produser, DJ, dan musisi peraih 5 nominasi GRAMMY® Award, Bonobo, hari ini merilis single terbarunya “ATK” yang menjadi lagu baru pertamanya sejak album ‘Fragments’ yang ia rilis Januari 2022 lalu. “ATK” dirilis oleh Bonobo lewat label OUTLIER miliknya yang bekerjasama dengan label Ninja Tune.

“‘ATK’ dibuat di waktu yang sama saat aku mengerjakan album ‘Fragments’. Awalnya lagu ini adalah DJ edit dari lagu ‘Dada’ milik Atakora Manu, sebelum akhirnya berubah menjadi sebuah lagu baru dengan nyawa tersendiri. Aku merasa lagu ini tidak cocok di album ‘Fragments’ dan ingin menyimpan lagu itu untuk dirilis lewat OUTLIER dan ditujukan untuk lantai dansa,” ujar Bonobo. Manu adalah seorang gitaris, komposer, dan engineer studio asal Ghana yang sangat berpengaruh dan ia yang membentuk band legendaris Kakaiku No. 2 bersama Moses Kweku Oppong di akhir dekade 60an.

“ATK” dirilis bersamaan dengan video klip yang disutradarai oleh McGloughlin Brothers yang telah berkolaborasi dengan A$AP Rocky dan Max Cooper yang membawa semua penontonnya ke perjalanan mengunjungi berbagai tekstur, pemandangan, dan bentuk dan serta ukuran. Video tersebut menampilkan cuplikan-cuplikan grafiti, jendela dan dinding berwarna-warni, lantai-lantai ala Portugis, dan berbagai stasiun kereta api di seluruh dunia yang mengikuti irama lagu yang bergerak cepat.

“Kami ingin membuat sebuah film bernuansa minimalis yang mewakili ide tentang kedamaian dan persepsi, serta membiarkan dunia ini menunjukkan warna aslinya secara spontan. Jika anda pernah memandang keluar dari jendela kereta dan melihat kabel-kabel ‘berdansa’ bak magis, hal itulah yang ingin kami tangkap melalui film ini.” ujar McGloughlin Brothers.

Tahun 2022 menjadi tahun yang penuh pencapaian bagi Bonobo — album ‘Fragments’ capai posisi #3 di chart Billboard Top Dance / Electronic Albums, ia mendapatkan dua nominasi GRAMMY® Awardsalah satunya untuk lagu “Heartbreak” yang ia rilis lewat label OUTLIER, dan ia juga tampil di seri NPR Tiny Desk Concert untuk pertama kalinya. Dalam berbagai wawancara dengan The Fader, Billboard, Mixmag, dan Composer Magazine, Simon membahas tentang sulitnya mendapatkan inspirasi di awal masa pandemi pada 2020 saat ia sedang mengerjakan album ‘Fragments’ di studionya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Album
‘Fragments’ dihujani review dan fitur dari berbagai publikasi dan figur ternama dunia seperti Pitchfork, SPIN, Zane Lowe, Spotify’s Best Electronic Songs of 2021 dan Simon difitur sebagai cover story DJ Mag. NPR Music memuji album ‘Fragments’, mengatakan the grooves cut so deep…it has so much life in it, it makes you want to move.” The Observer memujinya sebagai “brilliant, wondrous work,” dan memberikan 5 bintang dari 5 bintang.  

Bonobo adalah salah satu nama terbesar dalam ranah musik dance saat ini. Ia telah tampil di panggung utama berbagai festival musik ternama dunia termasuk
Sónar Hong Kong, Laneway Festival Singapore, Glastonbury Festival, dan Coachella. Ia juga telah berkolaborasi dengan banyak musisi dari berbagai genre termasuk Erykah Badu dan Jon Hopkins, dan merilis remix untuk Gorillaz dan Michael Kiwanuka. Bonobo juga telah berkolaborasi dengan sederet musisi ternama di skena musik dunia termasuk Jamila Woods, Joji, Kadhja Bonet, Jordan Rakei, O’Flynn, dan Miguel Atwood-Ferguson yang difitur di album ‘Fragments’.

Tags

Artikel Terkait

Terkini