khai dreams – Meledak di Spotify & Rilis Single "rats" [200 JUTA stream + dipakai 140 RIBU post TikTok!]

khai dreams – Meledak di Spotify & Rilis Single "rats" [200 JUTA stream + dipakai 140 RIBU post TikTok!]
Foto oleh: Stu Robinson; Ilustrasi oleh: Yana Pan

Musisi asal Amerika Serikat khai dreams hari ini mengumumkan album perdananya berjudul ‘Absolute Heartbreak’ yang siap dirilis pada 27 Januari 2023 melalui AWAL Recordings. Sebuah album yang menampilkan 10 lagu, ‘Absolute Heartbreak’ akan menjadi rumah bagi single “bugs” yang video klip bernuansa animasinya disutradarai oleh Yana Pan, dengan alur cerita yang dibuat oleh khai sendiri. Bersamaan dengan pengumuman album perdananya, khai turut merilis single terbarunya berjudul “rats” – sebuah lagu bernuansa pop dengan melodi serba catchy dan lirik-lirik yang serba jujur. Kental dengan nuansa bedroom pop, album ‘Absolute Heartbreak’ dengan sempurna memamerkan talenta menulis lagu khai dan menjadi penanda era barunya. Single “rats” dapat didengarkan melalui tautan inidan album ‘Absolute Heartbreak’ dapat di-pre-save lewat tautan berikut: http://khaidreams.ffm.to/absoluteheartbreak

Mengenai single terbarunya, khai mengatakan,
“Asal mula lagu ini dimulai saat aku sedang mendengarkan ‘white summer and green bicycle, red hair with black guitar’ oleh The Pillows. Lirik dan melodi bagian intro kemudian datang kepadaku saat aku sedang mendengarkan lagu tersebut. Aku menulis sisanya saat aku sedang mengalami kondisi burnt out dan sedang merasa depresi. Saat itu aku merasa tidak memiliki kendali akan hidupku. Aku melakukan banyak hal dan berujung di berbagai situasi yang membingungkan bagiku karena aku tidak sepenuhnya hadir di momen-momen itu.”

Seorang musisi non-biner dengan keturunan Vietnam, khai menggunakan internet sebagai tempat ia bersinar dan menjadi dirinya sendiri. Situs-situs seperti Gaia Online, Neopets, dan Runescape menjadi tempat khai menjadi seseorang yang ia inginkan. Musik menjadi tempat yang sama baginya. Berbagai hal seperti wormhole YouTube, software audio seperti Audacity, dan mempelajari cara bermain ukulele menjadi pelarian bagi khai di mana ia dapat bermimpi. Lewat eksplorasi-eksplorasi tersebut, khai yang saat ini berumur 23 tahun mulai merilis musik dari kamar tidurnya pada 2017 lewat sejumlah single seperti "I Hold You Close To Me" dan "Lost In You", diikuti dengan EP kolaborasi dengan Atwood pada 2018 berjudul ‘Nice Colors’. Pada 2019, khai merilis EP ‘Now and Then’ yang menampilkan single "Sunkissed", yang telah sukses mengumpulkan lebih dari 200 juta stream di berbagai platform streaming musik dan telah digunakan oleh lebih dari 140.000 video di TikTok.

 

TENTANG KHAI DREAMS

Saat beranjak dewasa, internet menjadi tempat di mana khai merasa nyaman menjadi dirinya sendiri.“Aku lahir dan tumbuh di Eugene, Oregon. Namun internet adalah tempat asalku,” ujarnya sambil mengingat-ingat berbagai dunia virtual tempat ia beristirahat sejenak dari dunia nyata.

Tumbuh di lingkungan homogenik yang didominasi oleh orang-orang berkulit putih, musisi non-biner berketurunan Vietnam tersebut sempat merasa kesulitan merasa terhubung dengan orang-orang di sekitarnya.
“Aku tidak dekat dengan saudara-saudaraku dan tidak terbuka dengan banyak orang,” ujar khai. Situs-situs seperti Gaia Online, Neopets, dan Runescape menjadi tempat khai menjadi seseorang yang ia inginkan. Musik menjadi tempat yang sama baginya. Berbagai hal seperti video-video YouTube, software audio seperti Audacity, dan mempelajari cara bermain ukulele menjadi pelarian bagi khai di mana ia dapat bermimpi. “Saat itu kolektif musik Odd Future sedang ramai dibicarakan yang membuat kita semua merasa bahwa anak-anak muda sebenarnya memiliki kesempatan.”

Meski musiknya terhubung dengan banyak pencinta musik di seluruh dunia, khai sempat merasa kesulitan menemukan komunitas yang dapat menjadi rumah baginya semasa ia remaja.
“Aku sempat merasakan berbagai kecemasan, depresi, dan merasa diasingkan,” ujar khai. Di tahun ke-2 masa SMA khai, ia pindah ke sekolah alternatif di mana khai dapat mengeksplorasi berbagai bagian dari identitas gender dan kulturnya yang belum pernah ia eksplor sebelumnya. “Aku mengambil kelas studi etnis. Guruku seorang transgender dan ia menjadi transgender pertama yang aku kenal,” ujar khai. “Hal tersebut membantuku untuk membuat semuanya menjadi lebih jelas. Aku akhirnya dapat melihat diriku sendiri dan menjawab berbagai pertanyaan tentang perasaan-perasaanku yang sudah lama ada di benakku.”

Masa SMA menjadi masa transformatif bagi khai di mana khai dapat merasa bangga dengan budaya Vietnam yang mengalir di darahnya dan menjadi momentum khai bangga akan sisi femininitasnya. Periode tersebut menjadi momen khai menemukan bakatnya di musik. Suatu hari seorang teman khai memainkan lagu pertamanya untuk semua orang di kelas.
“Rasanya momen itu seperti momen paling memalukan di hidupku,” ujar khai. Saat ternyata semua orang menyukai musiknya, khai kemudian merasa terdorong untuk mengeksplorasi skena musik online. Melodi-melodi serba catchy, style musik khasnya, dan cara khai bercerita sukses mengumpulkan pendengar-pendengar setia di SoundCloud yang kemudian membawanya sebagai musisi pembuka tur mxmtoon pada 2019. Single-single khai seperti “Lost in You” dan “Sunkissed” yang bernuansa nostaljik kemudian meledak di Spotify dan menjadi fondasi yang kuat untuk karirnya di industri musik saat ini.

Frank Ocean, Sufjan Stevens, Earl Sweatshirt, Mitski, dan band folk-punk Nana Grizol menjadi sosok-sosok inspiratif bagi khai dari segi
sound dan pencapaian yang ingin ia raih. Musik khai membahas hubungan antar manusia dan pemandangan indah seraya ia terus berevolusi lewat “musik bedroom pop yang santai” ujar khai. Pendewasaan dirinya menjadi fokus dari album ‘Absolute Heartbreak’ yang siap dirilis p

TAGS : khai dreams – Meledak di Spotify & Rilis Single "rats" [200 JUTA stream + dipakai 140 RIBU post TikTok!] Musik