Coway Indonesia Edukasi 2.000 Anak Untuk Mengelola Sampah Plastik

Coway Indonesia Edukasi 2.000 Anak Untuk Mengelola Sampah Plastik
Penyerahan Reusable Bag kepada SDN Jatipulo 01 Sumber: Dokumentasi PT. Coway International Indonesia

Komitmen untuk menanggulangi sampah plastik di Indonesia perlu didukung secara berkelanjutan oleh seluruh pemangku kepentingan dan PT Coway International Indonesia (Coway Indonesia) memilih untuk ikut menjadi bagian dari solusi di dalamnya. Coway Indonesia bersama dengan Korea Trade - Investment Promotion Agency (KOTRA Jakarta) menjalin kerja sama dalam hal peningkatan kualitas kebersihan dan kesejahteraan di lingkungan sekolah. 

Upaya ini merupakan bagian dari inisiatif Korea Peduli atau K-Peduli dalam salah satu programnya yaitu “P.E.T Bottle Recycle Program” untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan dengan mengedukasi pentingnya pengelolaan sampah sejak dini agar terhindar dari bahaya mikroplastik. K-Peduli diluncurkan oleh KOTRA Jakarta bersama Gugah Nurani Indonesia, dalam bentuk platform yang bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif perusahaan kecil dan menengah Korea di Indonesia dalam kegiatan CSR. 

Hal ini sejalan dengan visi Coway Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik serta fokus untuk menciptakan masa depan yang memiliki air bersih, udara segar, dan lingkungan yang murni. Coway sendiri merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang sudah berdiri sejak 1989. Bergerak di bidang peralatan rumah tangga seperti Air Purifier (penjernih udara) dan Water Purifier (pemurni air), Coway berdedikasi untuk meneliti dan mengembangkan solusi lingkungan terutama dalam kesehatan dan kesejahteraan. 

Melalui upaya ini, Coway Indonesia membagikan 2.000 tas ramah lingkungan kepada enam sekolah di daerah Jakarta yaitu SDN Palmerah 19, SDN Palmerah 07, SDN Kemanggisan 01, SDN Palmerah 15,SDN Palmerah 17, dan SDN Jati Pulo 06 yang akan digunakan oleh siswa-siswi untuk mengumpulkan botol plastik. Setelah dikumpulkan, botol plastik tersebut akan melalui proses daur ulang dan hasil penjualannya dapat dimanfaatkan oleh koperasi sekolah yang dapat digunakan oleh siswa - siswi sekolah tersebut.

Tak hanya memberikan fasilitas pendukung bagi sekolah, Coway Indonesia juga membekali siswa-siswi dengan materi dan pelatihan sehingga mereka dapat memahami cara pengelolaan botol plastik dan menerapkannya di lingkungan sekolah maupun rumah. Upaya edukasi ini juga mengajarkan agar siswa-siswi bijak dalam menggunakan plastik.

Program ini juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta selaras dengan berbagai upaya strategis yang dilakukan pemerintah dalam pengurangan dan penanganan sampah. Kesadaran dan kepedulian siswa-siswi terhadap lingkungan sejak dini dapat membantu mengurangi penumpukan sampah dan mengurangi dampak negatif dari mikroplastik.

Hong Inwha selaku Presiden Direktur Coway Indonesia menyampaikan, “Kami merasa senang dan bangga menjadi bagian dari solusi untuk mendukung upaya pemerintah dalam terciptanya masa depan bebas sampah. Kami berharap, serangkaian inisiatif dan kegiatan yang telah dilakukan Coway Indonesia melalui kerja sama dengan KOTRA Jakarta dapat meningkatkan motivasi siswa-siswi agar semakin peduli terhadap lingkungan.”

Bok Dug Gyou selaku Direktur Indonesia - Korea Business Cooperation Center (IKBCC), KOTRA Jakarta menambahkan, “Setiap tahunnya, Indonesia menghasilkan 7.8 juta ton sampah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.9 juta ton sampah tidak dikelola dengan baik sehingga berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau bocor ke laut. Hal ini menyebabkan pencemaran ekosistem darat dan laut yang juga akan mengakibatkan bahaya mikroplastik bagi seluruh makhluk hidup. Kami berharap program ini dapat menjadi terobosan bagi generasi muda untuk mengurangi penggunaan plastik ke depannya.”

Kepala Sekolah SDN Kemanggisan 01, Jamhuri, turut mengungkapkan apresiasinya, “Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan yang Coway Indonesia dan KOTRA Jakarta berikan. Semoga inisiatif ini bisa menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi seluruh siswa-siswi, orangtua, komunitas sekolah, serta sektor swasta agar bersama-sama mendukung target pemerintah dalam mengurangi sampah plastik sekaligus menghidupkan ekonomi sirkular.”

Adanya kerja sama ini tidak hanya memperkuat komitmen, namun juga memperkuat kolaborasi antar sektor untuk menciptakan lingkungan yang bersih. Ke depannya, Coway Indonesia akan terus melahirkan berbagai inisiatif baru sembari menjalin kerja sama lebih kuat dengan berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang bersih.

Pada September 2019, Coway didirikan di Indonesia sebagai The Best Life Solution Company yang berkomitmen untuk terus mendukung kesehatan masyarakat Indonesia. Sejauh ini, Coway telah merilis lima produk Water Purifier, yaitu Ombak (CHP-7310R), Villaem (CHP-18AR), Neo Plus (CHP-264L), Cinnamon (P-6320R), dan Core (CHP-671R). Seluruh produk pemurni air tersebut dikembangkan di Research and Development (R&D) Center di Korea Selatan yang telah dipercaya TÜV SÜD untuk menjalankan tes Restriction of Hazardous Substance (RoHS) atau tes Pedoman Pembatasan Bahan Berbahaya.

TAGS : Plastik Coway Indonesia Edukasi 2.000 Anak Untuk Mengelola Sampah Plastik