• Jum'at, 26/04/2024 02:32 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

UNKNOWN MORTAL ORCHESTRA RILIS SINGLE & VIDEO KLIP BARU "NADJA"

- Kamis, 23/02/2023 18:39 WIB
UNKNOWN MORTAL ORCHESTRA   RILIS SINGLE & VIDEO KLIP BARU "NADJA"
Foto oleh Juan Ortiz Arenas

Band asal Selandia Baru, Unknown Mortal Orchestra (UMO), baru saja membagikan "Nadja," sebuah single dari album terbaru mereka ‘V, yang akan dirilis pada 17 Maret 2023 mendatang lewat label musik Jagjaguwar.

Single ini dirilis dengan video klip yang disutradarai oleh Vira-Lata yang mendokumentasikan kehidupan dari dua wanita muda yang sebelumnya membintangi video klip mereka untuk single
Layla yang dirilis awal bulan ini dan disebut oleh The New York Times sebagai video yang "penuh kehangatan dengan vokal dan melodi yang penuh emosi." Pada Oktober 2022 lalu, UMO merilis lagu pertama dari album ‘V’ yaitu "I Killed Captain Cook" yang menampilkan ibunda Ruban, Aipolani Nielson, pemenang Miss Aloha Hula 1973.

"Kami sangat kagum dengan kekuatan dari kesederhanaan kedua lagu ini; bagaimana keindahan muncul secara alami, dan menghasilkan sebuah karya jujur dan puitis yang menyentuh hati. Kami ingin menyelaraskan kelembutan puitis dari lagu-lagu ini dengan alur cerita intim yang secara visual terasa jujur sambil menampilkan momen-momen dari sebuah persahabatan sejati,” ujar Ruban Nielson, frontman UMO.

 

Album ‘V’ direkam di dua tempat yang saling bertolak belakang yaitu Palm Springs, California – dengan jalan-jalan tolnya yang gersang – dan di di Hilo, Hawaii dengan tepi pantainya yang rindang. Musisi asal Hawaii-Selandia Baru, Ruban Nielson, menjadi bintang utama album ‘V’ yang memadukan berbagai sound – rock adult-oriented khas West Coast Amerika Serikat, hit klasik, pop nyentrik, dan musik Hapa-haole Hawaii.

Lewat
‘V’, Ruban merangkum ulang perjalanan yang membawanya ke titik saat ini. Di masa-masa awal pandemi, saudara laki-laki Ruban, Kody, terbang dari Selandia Baru ke Palm Springs untuk membantu proses rekaman. Namun, salah satu paman mereka yang tinggal di Hawaii jatuh sakit dan Ruban pun menyadari bahwa ia sedang menghadapi sebuah tragedi antara hidup dan mati. Ia pun menjadikan keluarganya prioritas pertama. Ruban lalu menerbangkan ibu dan saudara-saudara ibunya dari Selandia Baru dan Portland, Amerika Serikat ke Hawaii. Ruban kemudian bertemu kembali dengan Kody di acara pernikahan saudara sepupu mereka di Hawaii. Keduanya lalu kembali ke Palm Springs untuk menyelesaikan album ‘V’ yang menampilkan 14 lagu yang kaya dengan lagu-lagu antemik, soundinstrumental yang sinematik, dan nuansa pop yang tidak biasa. Ayah mereka, Chris Nielson (saksofon dan seruling), dan anggota UMO, Jake Portrait, ikut berkontribusi di album ‘V’.

‘V’ dengan sempurna menggambarkan suasana langit biru, bar cocktail tepi pantai, kolam renang hotel, dan kegelapan yang bersembunyi di bawah permukaan yang tampak sempurna. Deretan pohon-pohon palem di Palm Springs mengingatkan Ruban akan masa kecilnya yang sering dihabiskan di kolam renang hotel dengan saudara-saudaranya seraya orang tua mereka tampil dalam sebuah grup band di samudra Pasifik dan Asia Timur. Ruban pun kemudian menyadari sikap hedonisme dan sisi gelap dari gaya hidup orang tuanya yang muncul akibat tuntutan pekerjaan mereka.

“Di hawaii, semua fokus bergeser dari diriku dan musikku,” ujar Ruban. “Tiba-tiba aku mulai memikirkan apa yang orang lain butuhkan dan peranku di keluargaku. Aku juga belajar bahwa hal-hal yang aku ketahui tentang diriku ternyata lebih besar dari yang aku kira. Sisi sedikit nyeleneh dari diriku ternyata datang dari sisi Polynesia diriku. Awalnya aku kira aku sedang mengesampingkan musikku untuk fokus terhadap keluargaku, namun akhirnya keduanya bersatu.”

Tujuan utama album
‘V’ bagi Ruban adalah untuk membuat musik dan karya yang menembus batas popularitas semata dan juga batas-batas kultur. Ruban juga ingin membawa kembali sisi bersenang-senang dalam proses bermusik. Bagi Ruban, ‘V’ adalah momentum penuh suka cita dalam berkarya seraya ia menemukan kembali dirinya dan membawa UMO ke tingkat kreativitas yang lebih tinggi lagi.

Unknown Mortal Orchestra juga mengumumkan tur pertama mereka sejak 4 tahun, dengan tur
headlinedi Amerika Utara dan Inggris Raya, yang akan dimulai pada bulan Maret, setelah perilisan album ’V’. Sebelum ke Inggris, mereka juga akan tampil di Los Angeles, Phoenix, Denver, Detroit, and New York City. 

UMO secara konsisten mengumpulkan banyak pendengar baru di Asia.
Mereka telah tampil di Jakarta pada tahun 2018 dan telah mengumpulkan lebih dari 3 juta stream di Indonesia.

 

Daftar lagu album ‘V’:

1. The Garden
2. Guilty Pleasures
3. Meshuggah
4. The Widow
5. In The Rear View
6. That Life
7. Layla
8. Shin Ramyun
9. Weekend Run
10. The Beach
11. Nadja
12. Keaukaha
13. I Killed Captain Cook

14 Dra

Tags

Artikel Terkait

Terkini