• Minggu, 14/04/2024 11:41 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

Faktanya, Kondisi Gigi Memengaruhi Kesehatan Mental

- Senin, 13/03/2023 10:09 WIB
Faktanya, Kondisi Gigi Memengaruhi Kesehatan Mental
Dok pribadi

Penampilan mengambil peranan besar dalam membentuk cara seseorang mempersepsikan dirinya yang menentukan rasa percaya diri. Dilansir pada situs National Alliance of Mental Illness, walaupun masalah kepercayaan diri tidak dikategorikan sebagai masalah mental, namun hal ini masih berkaitan dengan kualitas hidup dan kondisi kesehatan mental seseorang–yang menimbulkan risiko gangguan kecemasan hingga depresi.

Pada jurnal berjudul “Impact of Dental Disorders and its Influence on Self Esteem Levels among Adolescents” menyatakan, ketidakpuasan terhadap penampilan dapat menjadi pemicu rendah tingkat kepercayaan diri. Penelitian tersebut juga menyatakan, gangguan kesehatan pada gigi seperti maloklusi, kondisi susunan dan atau posisi gigi tidak sejajar–berpengaruh pada psikologi sosial seseorang. Tidak hanya itu, pada kasus maloklusi dengan tingkat keparahan tinggi dapat meningkatkan resiko munculnya gangguan kesehatan lain seperti nyeri sendi, stroke, hingga serangan jantung.

Membangun kepercayaan diri tentunya penting bagi setiap orang untuk mencapai kualitas hidup yang baik. Bagi mereka yang memiliki masalah maloklusi dan ingin meningkatkan kepercayaan dirinya, pemakaian perapi gigi atau aligner jadi solusi efektif. Alat medis berbahan plastik bening yang berfungsi merapikan gigi ini banyak diminati karena mudah dilepas-pasang sesuai kebutuhan. Proses perataan gigi minim iritasi dan tidak menyakitkan juga menjadi keunggulan aligner dibandingkan dengan pemakaian kawat gigi.

Coway, perusahaan pemurni air dan udara No.1 Korea Selatan dengan keunggulan pada produk water purifier dan air purifier-nya, memahami pentingnya menghargai diri dan memelihara kesehatan. Untuk mencapai wellness, banyak hal yang saling terkait. Kesehatan fisik memengaruhi kesehatan mental dan begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, Coway berkolaborasi dengan Rata, perusahaan healthcare berbasis teknologi yang berfokus pada estetika gigi dengan produk aligner. Melalui kampanye #BersihMerata, pasien yang melakukan pengecekan serta perawatan di klinik Rata Senayan dapat merasakan langsung produk air purifier dan water purifier Coway.

Jeon Chan, Chief of Marketing & Education Coway Indonesia berkomentar, “Kerja sama ini merupakan bentuk kontribusi sosial Coway sebagai perusahaan yang memiliki keahlian di bidang air dan udara dalam melindungi hal-hal yang berharga dari alam. Kami melihat peranan penting Rata dalam meningkatkan kesehatan masyarakat lewat layanan premiumnya sebagai alasan utama untuk berkolaborasi bersama.”

“Kami menyambut baik kerja sama ini dalam rangka mendorong kesadaran akan pentingnya kesehatan fisik dan mental. Kerja sama ini diharapkan bisa membuat pasien lebih rileks dan nyaman saat melakukan perawatan gigi di Klinik Rata,” kata drg. Deviana Maria, Co-Founder dan Chief Marketing Officer Rata.

Kolaborasi kedua brand ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya menyayangi diri sendiri dengan menjaga kesehatan gigi dan tubuh secara keseluruhan. Pemakaian aligner Rata untuk menunjang kepercayaan diri ditambah dengan menjaga asupan air minum sehat dan berkualitas dengan penggunaan water purifier Coway dapat dilakukan sebagai bentuk upaya memelihara kesehatan

Tags

Artikel Terkait

Terkini