• Kamis, 16/05/2024 17:48 WIB
Musisi internasional Color Me Badd akan tampil bersama sejumlah musisi nasional seperti SamSons, The Groove dengan Tiara Effendy, Andien, dan Iwa K. Acara ini akan diselenggarakan pada Jumat & Sabtu, 7-8 Juni 2024, serta penampilan HiVi dalam Afternoon Special Show yang akan diadakan pada Sabtu, 8

Shye Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 & Rilis Single "Somehow"

- Kamis, 07/09/2023 13:03 WIB
Shye Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 & Rilis Single "Somehow"
Foto oleh: Shye

Penyanyi, penulis lagu, dan produser asal Singapura, Shye, telah merilis single terbarunya berjudul “Somehow”. Menampilkan warna vokal Shye yang lembut di atas permainan drum dan bass yang santai, “Somehow” menceritakan tentang munculnya perasaan terhadap seseorang secara tiba-tiba dan bagaimana rasa yang dimulai dari kekaguman dapat berkembang lewat cara-cara yang tak terduga. “Somehow” dapat didengarkan lewat tautan ini.

Tentang lagu terbarunya yang ia rilis secara independen, Shye mengatakan, 
“‘Somehow’ sangat berbeda dengan lagu-lagu tentang cinta yang dulu aku pertama tulis. Lagu ini menceritakan tentang betapa kompleksnya rasa kasih sayang dengan berbagai bentuknya, tak hanya tentang cinta yang romantis. Saat ini aku merasa lebih nyaman untuk membagikan opiniku tentang hal tersebut. Meski rasanya sangat menyenangkan saat kita memiliki perasaan yang kuat terhadap seseorang, kadang hal itu dapat membuat kita frustasi karena ada ketakutan bahwa sebuah “pengakuan” dapat disalah artikan. Maka dari itu, di lagu ini aku bernyanyi “Sometimes I wish I didn’t know what happiness felt like with you”. Perasaan seperti itu harus dinikmati, seperti perasaan-perasaan lain di kehidupan kita

Somehow” dirilis setelah sederet single yang Shye lepas tahun ini termasuk "Joke""Flower""Safe" dan EP yang ia rilis tahun lalu yaitu `idk it`s complicated`. Shye kembali membawa sound bedroom pop khasnya di EP tersebut yang membahas topik-topik seputar rasa suka terhadap orang lain dan persahabatan, serta tentang menemukan tempat yang dapat menerimamu apa adanya. Shye baru-baru ini berkompetisi di acara televisi Qing Nian Pai Ji Hua (青年派计划) di China di mana ia berhasil terpilih menjadi finalis setelah proses kompetisi selama empat bulan.

 TENTANG SHYE

Shye adalah seorang musisi independen, produser, dan penulis lagu berusia 20 tahun dari Singapura, yang juga menulis, merekam, dan melakukan mixing dan mastering untuk musiknya sendiri dari rumah.

Perjalanan musiknya berawal ketika ia mencoba membuat musik sendiri melalui video-video 
tutorial di YouTube di usia 15 tahun. Ia mulai merekam cover dari berbagai lagu, dan kemudian menulis dan merilis lagu-lagu original di SoundCloud, sebelum merilis single pertamanya "One Fine Day" pada Mei 2018, yang membawanya memenangkan Vans Musicians Wanted di umurnya yang baru menginjak 16 tahun.

Kemenangan ini membawanya tampil di show pertamanya di Guangzhou dan ia pun semakin populer di Singapura sebelum akhirnya tampil di festival musik lokal serta festival musik seperti Baybeats dan acara malam tahun baru di acara TV nasional, ‘Let’s celebrate 2021’ yang turut menampilkan Jason Derulo.

Shye telah tampil sebagai pembuka untuk berbagai musisi internasional seperti 
Daniel CaesarClairoSuperorganism, dan Sales saat mereka konser di Singapura. Ia juga tampil di festival musik regional seperti Urbanscapes di Malaysia (2019) dan Asia Rolling Music Festival di Taiwan (2022) dan secara virtual di Music Lane

Okinawa dan Bangkok Music City (2020)

Sejak EP perdananya, `Augustine` (2018), Shye terus menetapkan jalurnya sendiri dalam bermusik dan telah merilis tiga karya yang ia produksi sendiri. Album perdananya yang berisi 14 lagu berjudul `days to morning glory` (2020), lalu EP keduanya `hello TRINITY` (2021) dan EP terbarunya, `idk it`s complicated` (2022) yang ia rilis pada headline show pertamanya yang terjual habis.

Shye baru-baru ini masuk ke daftar 30 Under 30 edisi 2023 dari Forbes Asia. Selain itu, album perdananya `days to morning glory` berhasil masuk dalam NME’s 25 Best Albums in Asia (2020) dan memenangkan `Album of the Year` di Singapore Youth Music Awards (2021). Sedangkan EP terbarunya, ‘idk it’s complicated’ juga masuk ke daftar Bandwagon Asia’s Best 7 albums of 2022.  

Shye juga dinobatkan sebagai Best New Act from Asia` di 2022 BandLab NME Awards dan meraih 2022 KKBOX `Rising Star Award`. Ia juga merupakan Spotify RADAR artist dan difitur di billboard untuk Spotify Equal’s Campaign di Times Square NYC pada Desember 2021.

Sebagai seorang musisi yang terus berkarya, Shye percaya bahwa selalu ada ruang untuk berkembang, dan dengan setiap rilisan barunya, selalu ada pelajaran berharga yang ia dapatkan. "Lebih baik menjadi seperti berlian dengan sedikit noda dibandingkan seperti kerikil walaupun tanpa noda."

Shye terus menantang dirinya sendiri sambil mengeksplorasi dan menemukan kembali suara dan gaya musiknya. Shye berharap dapat membagikan warna dan rasa yang berbeda dari suaranya kepada para pencinta musik di seluruh dunia.

Selain bermusik, Shye juga suka dengan fotografi dan videografi, travelling, fashion, menari, Kpop, dan binatang peliharaannya. Ia memiliki tiga kucing dan dua anjing, namun ia sangat menyayangi kucingnya yang baginya merupakan sumber kegembiraan dan serotonin terbaik.

Shye telah tampil di berbagai majalah fashion dan ditampilkan di sampul GRAZIAFEMALE Singapore, NYLON Singapore, Men`s Folio, dan PinPrestige. Ia juga telah berkolaborasi dengan berbagai brand ternama seperti Chanel, Dior, Gucci, Fendi, Longchamp Loewe, MCM, Prada, Valentino, Tory Burch, Acne Studio, Adidas, Converse, Calvin Klein, dan YSL Beauty.

Saat ini Indonesia duduk di posisi #3 dalam daftar negara-negara di dunia yang paling sering mendengarkan musiknya secara streaming.

Tags

Artikel Terkait

Terkini