• Minggu, 28/04/2024 15:26 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

BYD Memusatkan Pengembangan Teknologi Blade Battery di Pabrik Baterai FinDreams di Chongqing

- Sabtu, 24/02/2024 19:36 WIB
BYD Memusatkan Pengembangan Teknologi Blade Battery di Pabrik Baterai FinDreams di Chongqing
Dok BYD

Build Your Dreams (BYD), perusahaan teknologi yang terkenal dengan inovasi berkelanjutan melalui teknologi elektrifikasi, terus mengukir prestasi dengan fokus pada pengembangan baterai canggih. BYD telah menjadi pionir dalam ekosistem energi tanpa emisi dengan rangkaian inovasi di sektor pembangkit listrik, penyimpanan energi, dan penggunaan energi. Salah satu inovasi terkemuka BYD adalah baterai lithium-ion yang digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk telepon seluler dan kendaraan listrik.

Pada tahun 2022, BYD mulai memproduksi baterai melalui anak perusahaannya, FinDreams Battery, yang berbasis di Chongqing, China. Kemudian, pada tahun 2023, BYD resmi memasuki pasar kendaraan listrik dengan menghadirkan produk-produk New Energy Vehicle (NEV) yang ditenagai oleh baterai inovatif bernama Blade Battery.

"Inovasi dalam teknologi baterai BYD telah memenangkan pengakuan luas dan memperoleh posisi terdepan di pasar global. Dengan penelitian dan pengembangan yang kuat, kami berkomitmen untuk berperan aktif dalam mewujudkan mobilitas ramah lingkungan melalui kendaraan listrik. Oleh karena itu, kami saat ini fokus pada pengembangan NEV dengan menggunakan inovasi baterai Blade Battery kami," ujar Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia.

Keunggulan Blade Battery BYD

Melalui riset yang teliti, BYD telah menghasilkan Blade Battery yang unggul dalam penggunaan pada kendaraan listrik. Baterai ini dapat menjangkau jarak hingga 600 km dan meningkatkan kepadatan energi hingga 50 persen. Selain itu, tingkat keamanan Blade Battery telah teruji secara menyeluruh, menjadikannya sebagai fondasi kokoh bagi pengembangan kendaraan listrik BYD.

"Baterai adalah inti dari kendaraan listrik, dan keunggulan teknologi baterai BYD, termasuk posisi kami sebagai produsen baterai terbesar kedua di dunia, memberikan keunggulan kompetitif yang tak tertandingi," jelas Luther Panjaitan, Kepala Komunikasi Pemasaran PT BYD Motor Indonesia.

Blade Battery telah berhasil melewati serangkaian uji coba ekstensif, termasuk uji penetrasi paku yang menguji kemampuan baterai untuk menghindari risiko kebakaran saat terjadi kecelakaan. Dengan masa pakai mencapai 1.200.000 km atau sekitar 3.000 kali pengisian, Blade Battery cocok untuk penggunaan jangka panjang. Selain itu, Blade Battery juga menunjukkan kinerja yang luar biasa dalam berbagai kondisi ekstrem, seperti kehancuran, penekukan, pemanasan hingga 300 °C, dan pengisian berlebihan hingga 260 persen.

Blade Battery sebagai e-Platform NEV BYD

Blade Battery tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi, tetapi juga merupakan bagian integral dari struktur NEV. BYD telah mengembangkan e-platform 3.0 dengan desain yang mengintegrasikan Blade Battery sebagai salah satu komponen utama. Struktur ini memberikan perlindungan maksimal saat terjadi tabrakan dan meningkatkan efisiensi kendaraan listrik secara keseluruhan.

Pabrik Baterai FinDreams BYD

Pengembangan teknologi energi baru BYD dimulai sejak tahun 1995, dengan inovasi baterai lithium-ion phosphate untuk memenuhi kebutuhan di sektor energi baru. Pada tahun 2022, BYD mendirikan FinDreams Battery sebagai pusat produksi utama baterai lithium-ion untuk berbagai aplikasi, terutama kendaraan listrik.

Pabrik baterai FinDreams beroperasi dalam dua tahap pembangunan. Tahap pertama memiliki kapasitas produksi 20.000 GigaWatt, mampu menghasilkan 500.000 unit baterai. Sedangkan tahap kedua, dengan kapasitas 15.000 GigaWatt, dapat memproduksi 300.000 unit baterai. Dengan fasilitas produksi yang canggih ini, FinDreams mampu memproduksi total 850.000 unit baterai setiap tahunnya.

Blade Battery telah menjadi pendorong utama bagi perkembangan BYD dalam pasar kendaraan listrik global. Dengan komitmen yang kuat terhadap inovasi dan keberlanjutan, BYD terus memimpin industri dalam menciptakan solusi mobilitas masa depan yang ramah lingkungan.

Tags

Artikel Terkait

Terkini