• Jum'at, 03/05/2024 15:12 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

10 Tahun Perjalanan NETA: Menduduki Posisi Puncak sebagai Startup EV Terkemuka di China & Ekspansi Sukses ke Berbagai Negara

- Jum'at, 22/03/2024 22:18 WIB
10 Tahun Perjalanan NETA: Menduduki Posisi Puncak sebagai Startup EV Terkemuka di China & Ekspansi Sukses ke Berbagai Negara
Dok Neta

NETA Overseas merayakan 10 tahun perjalanan yang sukses dalam menghadirkan kendaraan listrik EV yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga penuh inovasi dan teknologi canggih. Berpegang pada prinsip "Tech For All," NETA telah mencatat sejumlah pencapaian luar biasa di berbagai belahan dunia. Perjalanan yang dimulai sejak 2014 ini tidak hanya mencapai pasar internasional di berbagai negara, tetapi juga meneguhkan posisi NETA sebagai startup EV terkemuka di China pada tahun 2022 dengan penjualan mencapai 150.000 unit di pasar China.

Perjalanan Global NETA

Pada tahun 2014, Hozon, yang kemudian bertransformasi menjadi NETA, didirikan di China. Sejak itu, NETA telah berkomitmen untuk pengembangan dan pembangunan Pusat Riset & Pengembangan di Yangtze Delta, China pada tahun 2015, yang kemudian berhasil mendapatkan lisensi kualifikasi & produksi kendaraan pada tahun 2018. Pada tahun yang sama, NETA meluncurkan produk pertamanya, N01. Inovasi terus mengalir dengan kehadiran dua model SUV, yaitu NETA U dan NETA V, pada tahun 2020, yang semakin mengukuhkan posisi NETA sebagai pionir dalam teknologi mobil listrik.

Pada tahun 2020, NETA memulai ekspansi global dan berhasil masuk ke pasar otomotif di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Afrika. NETA juga menjadi perusahaan startup EV pertama yang merancang model setir kanan untuk memenuhi permintaan pasar Asia Tenggara. Ekspansi global semakin terlihat pada tahun 2022, dengan kehadiran resmi di Thailand dan pendirian pabrik pertamanya untuk kebutuhan ekspor ASEAN. Di Thailand, NETA berhasil mencatat penjualan hingga 10.565 unit dalam waktu hanya 10 bulan, meraih peringkat ke-2 sebagai Best Selling EV di tahun 2023. Prestasi NETA diakui dengan sejumlah penghargaan bergengsi termasuk Best Hatchback EV oleh Thailand’s Annual Award dan Platinum Award oleh MUSE Design Awards 2023.

Prestasi NETA tidak hanya mencakup ekspansi geografis, tetapi juga meliputi angka penjualan ekspor pada industri mobil listrik. NETA menjadi eksportir teratas di antara perusahaan mobil startup China pada tahun 2023, dengan pengiriman global mencapai 15.913 unit dan memiliki lebih dari 100 saluran penjualan di berbagai negara. Dengan ekspansi pasar ini, NETA berhasil mencatat total penjualan kumulatif hingga 380.000 unit di pasar domestik maupun global sejak awal berdirinya.

Fokus pada Ekspansi Global dengan Penetrasi Lokal

Strategi NETA untuk pasar internasional berfokus pada penetrasi lokal di setiap negara. Di Thailand, NETA ditunjuk sebagai pusat manufaktur khususnya untuk model setir kanan sesuai dengan permintaan pasar ASEAN. Pada tahun 2023, NETA memulai debutnya di Indonesia melalui GAIKINDO Indonesia International Automotive Show (GIIAS) 2023. Komitmen NETA untuk pasar Indonesia tidak hanya membawa mobil listrik dengan teknologi canggih, tetapi juga melibatkan kerja sama dengan PT Handal Indonesia Motor untuk merakit mobil secara lokal, yaitu CKD untuk pasar Indonesia.

Di tahun 2024, NETA melangkah lebih jauh dengan menandatangani kerjasama untuk pembangunan pabrik lokal ketiganya di Malaysia yang dijadwalkan akan memulai produksi pada tahun 2025 mendatang. Selain pabrik, NETA juga berencana untuk berkolaborasi dengan mitra lokal dalam pengadaan bahan baku, layanan purna jual, fasilitas pengisian daya, dan lain-lain, untuk berkontribusi pada setiap negara tujuannya.

Perjalanan NETA selama 10 tahun ini tidak hanya mencerminkan perjalanan bisnis yang sukses, tetapi juga komitmen NETA terhadap inovasi, keberlanjutan, dan kontribusi pada lingkungan global yang lebih baik. NETA akan terus berupaya untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi canggih, yang diciptakan untuk semua kalangan.

Tags

Artikel Terkait

Terkini