• Minggu, 14/07/2024 02:09 WIB
SCM GRUP MENGUMUMKAN DIRI SEBAGAI PEMEGANG HAK SIAR OLYMPIC GAMES PARIS 2024

Penggemar Inggris Meriahkan Suasana Menjelang Pembukaan Euro 2024

- Minggu, 16/06/2024 15:06 WIB
Penggemar Inggris Meriahkan Suasana Menjelang Pembukaan Euro 2024
Dok Metro

GELSENKIRCHEN, Jerman – Ribuan penggemar tim nasional Inggris membanjiri pub-pub di Gelsenkirchen sebagai persiapan untuk pertandingan pembuka Euro 2024 melawan Serbia yang akan digelar besok malam. Diperkirakan sekitar 350.000 pendukung akan berangkat ke Jerman untuk mendukung Gareth Southgate, Harry Kane, dan rekan-rekannya, dengan 40.000 di antaranya diperkirakan tiba tepat waktu untuk kick-off pada Minggu malam.

Para pendukung yang bepergian ke Jerman tiba dengan berbagai cara, baik melalui pesawat, bus, maupun feri. Mereka memadati pub-pub di kota tua Gelsenkirchen, mengibarkan bendera St George dan menyanyikan lagu-lagu seperti `please don’t take me home`.

Pemandangan serupa juga terlihat di Düsseldorf, di mana beberapa pendukung mengejek kekalahan telak Skotlandia 5-1 melawan tuan rumah Jerman. Tom Parkinson, seorang pekerja bangunan berusia 40 tahun dari London, mengatakan kepada The Sun, “Saya hanya ingin melarikan diri dari cuaca dan pemilu di rumah — sangat suram, saya ingin menjauh.”

Gareth Southgate mengimbau para penggemar Inggris untuk merayakan sepak bola dan menikmati waktu mereka selama turnamen, meskipun ada kekhawatiran keamanan terkait pertandingan pembuka Grup C melawan Serbia. Polisi di Jerman menyebut pertandingan ini sebagai ‘berisiko tinggi’, dengan laporan sebelumnya tentang kedatangan kelompok ultra Serbia di wilayah tersebut.

Dengan para penggemar Inggris bepergian dalam jumlah besar untuk pertama kalinya sejak 2016, perhatian tidak hanya tertuju pada perilaku mereka menjelang pertandingan, tetapi juga pada penampilan pemain di lapangan di Veltins Arena. Southgate menyatakan harapannya agar semua orang menikmati sepak bola dan menggunakan kesempatan ini untuk bersenang-senang serta bertemu orang-orang dari berbagai belahan dunia.

Di Gelsenkirchen, para penggemar terlihat menyanyikan lagu ‘Sweet Caroline’ dari Neil Diamond – lagu yang menjadi soundtrack perjalanan Inggris ke final Euro 2020 di Wembley. Namun, di tempat lain, beberapa penggemar terekam menyanyikan lagu ‘10 German bombers’. Kepala polisi, Peter Both, menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa menghentikan tindakan tersebut tetapi mendesak para penggemar untuk bersikap bijaksana.

“Yang ingin saya katakan kepada mereka adalah: Jangan jadi bajingan. Jika mereka menyanyikan lagu seperti ini, saya tidak bisa mengubahnya. Itu tidak bisa dihukum di Jerman. Saya berharap semua penggemar lainnya yang damai dan taat hukum mengatakan kepada mereka: ‘Hentikan’,” ujar Both kepada The Telegraph.

Di Inggris, para penggemar yang menonton dari rumah juga mulai bersiap-siap dengan membeli persediaan bir. Tesco memperkirakan akan menjual 33 juta bungkus bir dan cider selama bulan mendatang, sementara Asda mengharapkan penjualan 14 juta unit Budweiser dan lebih dari 25.000 TV layar besar ultra-HD.

Turnamen ini menjadi ajang pertemuan bagi para penggemar sepak bola dari seluruh Eropa untuk merayakan olahraga yang mereka cintai, bertemu orang-orang baru, dan menikmati waktu yang menyenangkan bersama.

Tags

Artikel Terkait

Terkini