• Selasa, 21/05/2024 01:45 WIB
Musisi internasional Color Me Badd akan tampil bersama sejumlah musisi nasional seperti SamSons, The Groove dengan Tiara Effendy, Andien, dan Iwa K. Acara ini akan diselenggarakan pada Jumat & Sabtu, 7-8 Juni 2024, serta penampilan HiVi dalam Afternoon Special Show yang akan diadakan pada Sabtu, 8

Kariernya dari Guru SD ke Polisi: Kisah Lorens Dalu Daton

- Jum'at, 05/04/2024 22:22 WIB
Kariernya dari Guru SD ke Polisi: Kisah Lorens Dalu Daton
Kasat Lantas Polres Flotim, Iptu Lorens Dalu Daton

Flotim, NTT - Lorens Dalu Daton, Kasat Lantas Polres Flotim, memiliki perjalanan hidup yang inspiratif. Awalnya, ia bercita-cita menjadi guru SD. Namun, takdir membawanya menjadi seorang polisi yang kini memimpin satuan lalu lintas di Flores Timur.

Lorens menuturkan bahwa cita-citanya menjadi guru SD sempat terwujud. Ia mengajar di kampung halamannya dengan gaji Rp 15.000 per bulan selama 6 bulan. Namun, hatinya tergerak untuk mengikuti tes polisi saat mendengar pengumumannya.

“Saya memberanikan diri untuk daftar polisi tanpa sepengetahuan orang tua karena mereka tidak mau kami masuk polisi atau tentara. Saya anak laki-laki tunggal dari 5 bersaudara, dan orang tua saya petani ladang tadah hujan," ungkap Lorens.

Tekadnya untuk menjadi polisi begitu kuat. Ia nekat berbohong kepada orang tua, mengatakan bahwa dia pergi ke Kupang untuk mengikuti tes guru.

“Saat dinyatakan lulus baru saya jujur dan minta maaf sama orang tua sambil meneteskan air mata," kenangnya.

Tugas pertamanya sebagai polisi di Timor Timur penuh dengan tantangan. Situasi konflik dan minimnya personel membuatnya harus bekerja keras.

"Awalnya punya perasaan takut karena daerah konflik, ditambah dengan pengiriman yang satu kabupaten bahkan satu polwil saat itu semua kembali ke NTT hanya saya yang dapat di Timor Timur," ujar Lorens.

Meskipun penuh rintangan, Lorens tetap teguh menjalankan tugasnya. Dedikasi dan kerja kerasnya mengantarkannya ke posisi Kasat Lantas Polres Flotim saat ini.

Kisah Lorens Dalu Daton menjadi contoh bahwa tekad dan kerja keras dapat mengantarkan seseorang mencapai cita-citanya, bahkan di luar ekspektasi. Ia pun menjadi inspirasi bagi generasi muda di Flores Timur untuk mengejar mimpi mereka.

Tags

Artikel Terkait

Terkini