• Selasa, 21/05/2024 02:35 WIB
Musisi internasional Color Me Badd akan tampil bersama sejumlah musisi nasional seperti SamSons, The Groove dengan Tiara Effendy, Andien, dan Iwa K. Acara ini akan diselenggarakan pada Jumat & Sabtu, 7-8 Juni 2024, serta penampilan HiVi dalam Afternoon Special Show yang akan diadakan pada Sabtu, 8

Setiap Lebaran di Timor Leste Berjalan Lancar dengan Saling Menghormati antar Agama

- Senin, 08/04/2024 11:01 WIB
Setiap Lebaran di Timor Leste Berjalan Lancar dengan Saling Menghormati antar Agama
Abio Salsinha

Perayaan Idul Fitri di Timor Leste setiap tahun  berlangsung dengan damai dan penuh toleransi antar umat beragama. Meskipun mayoritas penduduk Timor Leste menganut agama Katolik, umat Muslim yang merayakan Idul Fitri juga merasakan dukungan dan penghormatan dari agama lain.

Abio Salsinha, seorang  penyanyi kelahiran Liquisa Timor Leste, menyatakan bahwa setiap tahun saat Idul Fitri tiba, perkantoran dan pertokoan diliburkan nasional untuk memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk merayakan hari raya mereka dengan tenang dan khidmat. "Ada juga pegawai atau pedagang yang memilih untuk pulang kampung," ujar Abio lewat wa nya.

Menurut Abio, tradisi ini tidak hanya berlaku untuk perayaan Idul Fitri, tetapi juga untuk perayaan Natal bagi umat Katolik. Perkantoran dan toko-toko tutup untuk memberikan kesempatan kepada umat Katolik untuk merayakan hari raya mereka dengan keluarga dan teman-teman.

Lebih lanjut, Abio menegaskan bahwa di Timor Leste, kerukunan antar umat beragama sangat kuat. Selama perayaan Idul Fitri, umat Muslim dan umat Katolik saling berbagi dan bersilaturahmi sebagai bentuk penghormatan dan toleransi antar agama.

Perayaan Idul Fitri di Timor Leste tidak hanya menjadi momen untuk merayakan kemenangan setelah menjalani ibadah puasa, tetapi juga sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaraan antar umat beragama dalam semangat kerukunan dan persatuan.

Tags

Artikel Terkait

Terkini