• Senin, 17/06/2024 14:11 WIB
HITMAN RETURNS: David Foster & Friends 2024." Konser yang sangat dinantikan ini akan diadakan pada Sabtu, 15 Juni di ICE BSD City. Tangerang

Daniel Dyonisius Mengajak Varnasvara dan Sri Hanuraga Berkolaborasi di Singel “Relung”

- Rabu, 22/05/2024 20:23 WIB
Daniel Dyonisius Mengajak Varnasvara dan Sri Hanuraga Berkolaborasi di Singel “Relung”
Dok Pribadi

Setelah merilis album debutnya, *Miles to Go* (Demajors Records), pada tahun 2021, gitaris dan komposer Daniel Dyonisius, yang kerap disapa Dan, memprakarsai Varnasvara: sebuah kolektif musik jazz rock yang mengeksplorasi interaksi antara penulisan lagu, musik elektronik, dan bahasa musik daerah di Indonesia. Grup eksperimental ini didirikan dengan visi untuk membuka ruang belajar, diskusi, dan komunikasi antara komposisi musik beraliran jazz rock dengan berbagai warna musik tradisional Nusantara.

Setelah kurang lebih satu tahun berproses, Varnasvara merilis sebuah single perdana bertajuk “Relung”, dengan musik dan lirik yang ditulis oleh Dan sendiri. Meskipun “Relung” masih mempertahankan elemen improvisasi jazz yang dikemas dengan nuansa indie rock, warna musik yang diramu dalam track ini menggambarkan keberangkatan yang cukup jauh dari format gitar trio di album *Miles to Go*, yang melibatkan dukungan dari musisi Dewa Budjana. “Relung” menawarkan kebaharuan dan warna musik beragam yang lahir dari perpaduan vokal dengan instrumentasi yang kaya mulai dari gitar dan synthesizer hingga alat musik tradisional seperti kongahyan, tehyan, rebab, kendang, dan rindik.

Dengan lirik berbahasa Indonesia, “Relung” membawa pengaruh dari karya-karya musisi tanah air seperti Guruh Sukarno Putra, Ebiet G. Ade, Chrisye, Eros Djarot, Yockie Suryoprayogo, dan Dewa Budjana. Inspirasi di balik lagu ini berangkat dari refleksi diri penulis serta interaksinya dengan berbagai kelompok rentan. “Relung” bercerita mengenai kedalaman dan keindahan kreativitas kelompok-kelompok ini, khususnya anak-anak neurodivergen, yang masih terkadang disalahartikan dan distigmatisasi masyarakat.

Penggarapan “Relung” didukung oleh berbagai musisi, termasuk Daniel Dyonisius (penulis lagu, gitar, vokal, bas, synthesizer), Ursulla Serenakartika (vokal), Seto Noviantoro (kongahyan, tehyan, rebab), AU Agus Maulana (kendang), Jambul Aditya Puma (rindik), dan Kelvin Andreas (drums). Track ini juga menghadirkan Sri Hanuraga (electric piano, synthesizer) sebagai musisi bintang tamu, serta didukung penyanyi latar Klemensia Aubriel, Patricius Fillio, Melkior Sebastian, Pulkeria Anabel, Adelanny Sitompul, Uti Sitompul, dan Cindy Claudia Chandra.

Single “Relung” menjadi langkah pertama Varnasvara dan Daniel Dyonisius dalam menggarap sebuah album berisikan lagu-lagu ciptaan sendiri yang akan dirilis di tahun 2024. Dengan visi kolaboratif ini, Varnasvara akan terus menjelajahi dan menggabungkan warna-warna musik untuk menciptakan pengalaman yang unik bagi para pendengar.

Tags

Artikel Terkait

Terkini