• Senin, 17/06/2024 13:56 WIB
HITMAN RETURNS: David Foster & Friends 2024." Konser yang sangat dinantikan ini akan diadakan pada Sabtu, 15 Juni di ICE BSD City. Tangerang

Membedah Fitur Pintar Pada Mobil Listrik: Advanced Driver Assistance Systems (ADAS)

- Selasa, 11/06/2024 12:29 WIB
Membedah Fitur Pintar Pada Mobil Listrik: Advanced Driver Assistance Systems (ADAS)
Dok Neta

Era mobil listrik kini semakin berkembang pesat, menghadirkan beragam inovasi teknologi serta fitur-fitur pintar yang tidak hanya canggih, tetapi juga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Salah satu fitur pintar yang penting untuk keamanan dan kenyamanan berkendara adalah Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Teknologi ini menggabungkan sensor, kamera, serta sistem pintar yang mendeteksi area sekitar mobil, membantu pengemudi mencegah potensi kecelakaan. Apa saja fitur-fitur pada ADAS?

NETA, distributor merek mobil listrik terkemuka di Indonesia, meluncurkan line-up terbarunya, NETA V-II, yang menghadirkan fitur ADAS sebagai salah satu keunggulannya. Fitur Smart Driving dengan 9 fungsi ADAS pada NETA V-II memberikan perlindungan keamanan tambahan saat di perjalanan. Berikut adalah fitur-fitur tersebut:

1. Forward Collision Warning (FCW
Mendeteksi objek yang berpotensi menyebabkan tabrakan dan memberikan peringatan kepada pengemudi.

2. Automatic Emergency Braking (AEB)

Saat mobil mendeteksi objek yang berpotensi mengakibatkan tabrakan, sistem akan melakukan pengereman otomatis untuk mengurangi dampak tabrakan.

3. Front Vehicle Start Alert (FSA)

Mendeteksi pergerakan objek di depan mobil. Jika saat berhenti di lampu merah objek di depan bergerak maju, sistem akan memberikan pengingat berupa suara kepada pengendara.

4. Full-Speed Adaptive Cruise Control (ACC)

Membantu mobil berakselerasi dan deselerasi menyesuaikan kecepatan kendaraan di depannya.

5. Traffic Jam Assist (TJA)

  Bagian dari Adaptive Cruise Control (ACC) yang membaca jarak mobil di depannya dan membantu mobil berakselerasi serta deselerasi otomatis saat berada di kemacetan atau di jalan raya, mengurangi kelelahan berkendara.

6. Intelligent Cruise Assist (ICA)

   Aktif di kecepatan di atas 60 km/jam, membantu menjaga mobil selalu berada pada jarak aman dari kendaraan di depannya.

7. Lane Departure Warning (LDW)

   Mendeteksi jika mobil berpindah jalur tanpa disengaja dan memberikan peringatan kepada pengemudi.

8. Emergency Lane Keeping System (ELKS)

   Jika peringatan dari Lane Departure Warning diabaikan, sistem akan mengoreksi setir agar mobil kembali ke jalur yang benar.

9. High Beam Assist (HBA)

   Memungkinkan lampu depan mobil secara otomatis beralih antara lampu jauh dan lampu dekat, tergantung pada kondisi lalu lintas.

"Fitur ADAS pada smart EV menjadi sangat penting saat ini, terutama mengingat kondisi jalanan di Indonesia yang padat dan sering macet. Kondisi ini sering membuat pengendara cepat lelah dan kurang awas terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan fitur ADAS, beban pengendara dapat berkurang karena fitur ini memberikan bantuan agar pengemudi lebih waspada serta mengurangi dampak saat terjadi tabrakan. NETA V-II sendiri memiliki 9 fungsi ADAS yang sangat cocok untuk pasar Indonesia,” ungkap Jordy Angkawidjaja, Product Planning Manager PT NETA Auto Indonesia.

Dengan berbagai fitur pintar dan perubahan pada eksterior serta interior yang lebih stylish, NETA V-II hadir dengan harga kompetitif di pasaran, yakni Rp 299 juta (OTR Jakarta). Selain itu, NETA memberikan keuntungan tambahan seperti Lifetime Warranty, gratis saldo PLN Mobile 2,5 juta, dan gratis wall charging beserta instalasi. Hal ini menunjukkan komitmen NETA terhadap konsumennya, memberikan produk berkualitas serta layanan purnajual premium untuk jangka panjang.

Tags

Artikel Terkait

Terkini