• Minggu, 14/07/2024 02:44 WIB
SCM GRUP MENGUMUMKAN DIRI SEBAGAI PEMEGANG HAK SIAR OLYMPIC GAMES PARIS 2024

Indonesian Television Awards 2024: Sembilan Tahun Konsisten Menghadirkan Apresiasi untuk Program dan Insan Televisi

- Sabtu, 15/06/2024 21:43 WIB
Indonesian Television Awards 2024: Sembilan Tahun Konsisten Menghadirkan Apresiasi untuk Program dan Insan Televisi
Dok RCTI

Jakarta, 15 Juni 2024 – RCTI kembali menggelar Indonesian Television Awards (ITA) 2024, penghargaan terbesar dan paling bergengsi bagi program dan insan pertelevisian Indonesia. Acara puncak ITA 2024, yang memasuki tahun kesembilan, akan disiarkan secara langsung di RCTI dan GTV pada 10 Juli 2024 dari studio terbesar dan tercanggih di Asia, Studio RCTI+ di kawasan MNC Studios, Jakarta, mulai pukul 21.00 WIB. Sebagai rangkaian acara, keesokan harinya pada 11 Juli 2024 akan digelar Concert Celebration ITA 2024 mulai pukul 21.30 WIB.

“Sebagai televisi yang dijuluki `home of awards`, RCTI berkomitmen untuk terus memberikan apresiasi kepada para insan berprestasi di bidang pertelevisian. Tahun ini, kami kembali menghadirkan Indonesian Television Awards sebagai wujud apresiasi terhadap program-program televisi dan para insan pertelevisian Indonesia yang telah menghibur masyarakat melalui tayangan bermutu,” ujar Dini Putri, Programming & Acquisition Director RCTI.

Dini menambahkan, selain memberikan penghargaan, ITA juga diharapkan mampu memberikan kontribusi berarti dalam perkembangan industri televisi Indonesia, terutama sebagai motivasi bagi para insan pertelevisian Tanah Air untuk terus berkarya dan menciptakan program berkualitas yang dapat menghibur serta memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Indonesian Television Awards 2024 menghadirkan 12 kategori penghargaan, yang terbagi dalam slot tayang program televisi dan pelaku industri televisi di Indonesia. Dari 12 kategori tersebut, 8 di antaranya adalah program televisi dan 4 lainnya adalah kategori individu. Nominasi ditentukan bukan berdasarkan rating, tetapi melalui survei Top of Mind pemirsa mengenai program televisi yang tayang selama periode Agustus 2023 hingga April 2024.

Survei dilakukan di 22 kota besar di Indonesia dengan jumlah sampel mencapai 1.500 responden oleh lembaga independen Roy Morgan Research. Keterlibatan pemirsa sangat penting untuk menentukan penerima penghargaan “Terpopuler” di ITA 2024, melalui voting di media sosial (Instagram dan Facebook) serta aplikasi RCTI+ yang dibuka mulai 14 Juni hingga 7 Juli 2024 (pukul 23.59 WIB). Perhitungan hasil voting dilakukan oleh lembaga independen Provetic dan verifikasi oleh auditor independen.

“Survei ITA 2024 dilakukan dengan cara mendatangi rumah-rumah pemirsa dan melakukan wawancara untuk mengetahui program terpopuler di setiap kategori. Dari survei di 22 kota tersebut, terpilihlah nominasi untuk setiap kategori,” jelas Ira Soekirman, Director Roy Morgan.

“Dalam beberapa tahun terakhir, penetrasi internet dan pengguna media sosial di Indonesia meningkat pesat. Sementara itu, RCTI yang merupakan televisi swasta pertama di Indonesia, telah beberapa kali melakukan kolaborasi antara televisi dan media sosial, seperti dalam program ITA 2024. Oleh karena itu, ajang ITA menunjukkan bahwa televisi dan media sosial bisa saling mendukung,” ujar Shafiq Pontoh, Chief Strategy Officer Provetic.

Berikut adalah daftar kategori dan nominasi Indonesian Television Awards 2024:

PROGRAM PRIME TIME DRAMA TERPOPULER
A1. AKU MENCINTAIMU KARENA ALLAH – RCTI
A2. BIDADARI SURGAMU – SCTV
A3. CINTA TANPA KARENA – RCTI
A4. MAGIC 5 – INDOSIAR
A5. TERTAWAN HATI – SCTV

PROGRAM PRIME TIME NON DRAMA TERPOPULER
B1. ARISAN – TRANS7
B2. FAMILY 100 – MNCTV
B3. LAPOR PAK! – TRANS7
B4. ON THE SPOT – TRANS7
B5. SUPER DEAL INDONESIA – GTV

PROGRAM NON PRIME TIME DRAMA TERPOPULER
C1. FTV PAGI – SCTV
C2. FTV SIANG – SCTV
C3. KISAH NYATA – INDOSIAR
C4. TOP: TUKANG OJEK PREMAN – RCTI
C5. TUKANG BUBUR PENGEN NAIK HAJI – RCTI

PROGRAM NON PRIME TIME NON DRAMA TERPOPULER
D1. BROWNIS OBROWLAN MANIS – TRANS TV
D2

Tags

Artikel Terkait

Terkini