• Minggu, 14/07/2024 02:46 WIB
SCM GRUP MENGUMUMKAN DIRI SEBAGAI PEMEGANG HAK SIAR OLYMPIC GAMES PARIS 2024

Melanie Subono dan Hamid Alatas Rilis Proyek Blues "Standing Still"

- Rabu, 10/07/2024 15:45 WIB
Melanie Subono dan Hamid Alatas Rilis Proyek Blues "Standing Still"
Dok Rina

Blues mungkin bukan "mainan" Melanie Subono dalam merilis karya musiknya, namun apa yang tidak mungkin. Berawal dari ajakan membuat proyek oleh Hamid Alatas, Melanie tertarik untuk mencoba hal baru.

“Gue selalu suka blues, karena gue bertumbuh dengan blues dan gue ketemu satu produk yang bisa nemenin gue main blues. Blues tuh selalu bikin gue rileks, paling bisa bikin gue mengekspresikan diri dengan bebas,” ujar Hamid.

Hamid Alatas bukanlah nama baru dalam dunia musik blues. Pemain keyboard yang juga composer ini sudah bertahun-tahun berseliweran di kancah blues, maka tak heran referensi musiknya pun cukup mumpuni. Ia juga merupakan keyboardist begitu banyak band. Tak hanya Melanie yang digandengnya, Gugun Blues Shelter (gitar), Angga (bass) dan Refki (drum) pun bergabung dalam proyek musik ‘Standing Still’ ini.

Maka lengkaplah lagu `Standing Still` yang kaya akan sentuhan. Kamu bisa mendengarkan melodi gitar khas Gugun juga komposisi yang sangat dinamis di lagu ini. Sebuah lagu yang sangat cocok didengarkan untuk bersantai sore atau memulai hari.

“Selama ini gue menjadi additional untuk orang-orang tapi sekarang bisa ngeluarin single sendiri. Dan satu kesenangan gue banget bisa ngajak Melanie, Gugun, Angga, Refki buat sama-sama ngerjain proyek gokil ini,” tambah Hamid.

"Gue percaya, semua musisi yang terlibat di sini bener-bener tahu apa yang mereka lakuin. Makanya lagu ini tuh enaaaaaakkk bangetttt... Serius, dengerin aja!" tambah Melanie.

Standing Still` bercerita tentang seseorang yang terbangun dari fantasinya, tetap bertahan dan menjalani harinya. Kadang kenyataan tidak seindah khayalan, tapi hidup harus terus dilalui maka ia akan tetap berdiri menjalani.

Lagu ini merupakan gubahan Gugun Blues Shelter dan liriknya ditulis Melanie. Sementara Hamid dan Melanie pun mengambil posisi sebagai produser dengan nama bendera Studio SiMima yang mereka bangun bersama. ‘Standing Still’ sudah bisa dinikmati di semua platform musik digital. Juga bisa ditonton lewat link bit.ly/standingstillhamidalatas.

‘Standing Still’ merupakan salah satu karya yang berdiri di atas rumah produksi bernama ‘Studio SiMima’ yang didirikan Melanie Subono bersama Hamid Alatas. Karena bergerak dan bersuara, adalah dua hal ini tak bisa dipisahkan dari sosok Melanie Subono. Namun pendewasaan karya dan diri membuat putri sulung promotor Adrie Subono ini harus mencari cara lain agar keduanya tetap berjalan dengan kondisi saat ini.

Maka dibangunlah Studio SiMima bersama orang terdekatnya, musisi Hamid Alatas. Studio SiMima adalah sebuah rumah produksi yang menangani proyek-proyek musik dan video yang tentunya disangkutpautkan dengan kecintaan mereka terhadap budaya.

"Hari gini ngomongin demo tuh nggak kelar-kelar. Let’s do something else, tapi nggak turun ke jalan. Ini kerinduan aku yang capek tur sementara banyak kesempatan untuk gue bekerja di balik layar. Eyang Habibie pernah bilang perempuan bisa jadi apa saja dan teruslah melawan. Ini cara dan jalan baru gue," ujar Melanie.

Studio SiMima adalah "anak" kedua Melanie yang dilahirkan untuk dia lakukan remote dari rumah. Pertama adalah Rumah Harapan Melanie, sebuah gerakan sosial yang kini telah menjadi Yayasan dan sudah berjalan selama 16 tahun. Rumah Harapan Melanie telah membantu begitu banyak kasus di seluruh Indonesia hingga ke pelosok.

"Kebanyakan proyek yang ditangani Studio SiMima menambahkan budaya jadi komersil. Bekerja dengan brand-brand yang mau peduli sama budaya. Ini bakal jadi seru karena gue berangkat dari musik rock, punk sementara Hamid dengan blues-nya," jelas Melanie.

Beberapa proyek sudah berjalan dengan bendera Studio SiMima dan ke depannya masih banyak lagi kontrak berjalan.

Tags

Artikel Terkait

Terkini