• Selasa, 22/10/2024 08:59 WIB
Terima Kasih Presiden RI Ir. H. Joko Widodo 2014-2024, Selamat Bertugas Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029 Grup musik rock kenamaan asal Amerika Serikat, Hoobastank, akan menjadi opening act untuk konser The Script - Satellites World Tour 2025 yang akan digelar di Jakarta dan Surabaya. Kedua konser ini dijadwalkan pada Jumat, 14 Februari 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD dan Minggu, 16 F

Maruti Suzuki India Mulai Operasikan Pabrik Percontohan Biogas di Manesar

- Rabu, 10/07/2024 20:13 WIB
Maruti Suzuki India Mulai Operasikan Pabrik Percontohan Biogas di Manesar
Dok Suzuki

Manesar, Haryana, India - Anak perusahaan Suzuki Motor Corporation di India, Maruti Suzuki India (MSIL), telah memulai aktivitas pabrik percontohan untuk pembangkitan dan pemurnian biogas di Pabrik Manesar sejak Juni 2024. Pabrik biogas ini merupakan langkah terbaru MSIL dalam mendukung penggunaan energi terbarukan di India.

Pabrik percontohan ini menghasilkan biogas dari rumput gajah, sebuah perennial grass dari keluarga Poaceae, yang dibudidayakan di lokasi pabrik Manesar, serta sisa makanan dari kantin pabrik. Biogas yang dihasilkan dimurnikan dan dapat digunakan untuk memasak di kantin serta proses produksi. Residu dari proses ini akan dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk hortikultura internal.

Dengan kapasitas produksi 0,2 ton biogas per hari, pabrik ini diharapkan dapat mengurangi emisi sekitar 190 ton CO2 setiap tahunnya.

MSIL telah lama mempromosikan penggunaan energi terbarukan di India, seperti pemasangan panel surya di setiap pabrik dan pemanfaatan listrik ramah lingkungan. Maruti Suzuki berencana menginvestasikan total 4,5 miliar rupee (sekitar 7,9 miliar yen) dalam inisiatif terkait energi terbarukan selama tiga tahun mulai FY2024.

Melalui inisiatif ini, Suzuki Motor Corporation berkomitmen untuk terus berupaya mewujudkan karbon netral dan mengurangi dampak lingkungan.

Tags

Artikel Terkait

Terkini