• Minggu, 14/07/2024 01:37 WIB
SCM GRUP MENGUMUMKAN DIRI SEBAGAI PEMEGANG HAK SIAR OLYMPIC GAMES PARIS 2024

Kolaborasi Feel Koplo dengan Alan Walker Hadirkan Remix Dangdut Elektronik `Who I Am`

- Kamis, 29/02/2024 15:00 WIB
Kolaborasi Feel Koplo dengan Alan Walker Hadirkan Remix Dangdut Elektronik `Who I Am`
Dok Pribadi

Awal tahun 2024 disambut dengan kolaborasi menarik antara Feel Koplo dan musisi global, Alan Walker. Setelah sebelumnya sukses berkolaborasi dengan musisi internasional seperti Yellow Claw dan The Walters, kali ini Feel Koplo dipilih oleh Alan Walker untuk merilis remix resmi dari single “Who I Am” (bersama Putri Ariani & Pedar Elias) yang akan diluncurkan pada 29 Februari mendatang. EP dapat didengarkan di sini.

Remix yang digarap oleh Feel Koplo dalam kolaborasi ini menonjolkan unsur musik Dangdut, sebuah pilihan yang awalnya diambil secara tidak sengaja. Namun, setelah melalui prosesnya, Feel Koplo merasa ini merupakan keputusan terbaik untuk mengangkat budaya Indonesia dan memperkuat genre musik Dangdut di kancah internasional, terutama Dangdut remix atau yang sering disebut Electronic Dangdut Music (EDM).

“Lagu ini cukup menantang bagi kami (Feel Koplo), karena belum pernah kami coba tempo secepat ini sebelumnya, padahal tempo seperti ini sering digunakan dalam lagu-lagu Dangdut. Tetapi, akhirnya kami mendapatkan inspirasi setelah mendengarkan lagu-lagu Dangdut dengan tempo yang sama dan menyatukan instrumen-instrumen tradisional seperti angklung, gendang, dan suling yang menjadi senjata utama di lagu kolaborasi ini,” ungkap Tendi, Produser dan DJ dari Feel Koplo.

Alan Walker juga berbicara tentang kolaborasinya dengan musisi Indonesia seperti Feel Koplo dan Putri Ariani, mengungkapkan bahwa Indonesia selalu memiliki tempat istimewa baginya. “Remix Dangdut dari Feel Koplo membuat lagu “Who I Am” semakin hidup dan saya menyukai perpaduan musik elektronik dan tradisional Indonesia di dalam remix ini,” ungkap Alan Walker.

"Kami sangat bersyukur bisa bekerja sama dengan artis global seperti Alan Walker. Kesempatan ini kami manfaatkan untuk memperkuat musik Dangdut di kancah internasional," tambah Ikhsan, MC dan Hypeman dari Feel Koplo.

Perilisan single remix ini akan didukung dengan video musik yang digarap oleh Feel Koplo. Dalam video musiknya, satu elemen yang ditonjolkan menjadi simbol adalah Delman, merepresentasikan domestifikasi atau pengubahan hal yang "liar", sejalan dengan usaha Feel Koplo untuk "menjinakkan" musik dan kultur populer untuk masyarakat Indonesia.

“Ketika mendengar hasil remix-nya, teringat akan suasana pedesaan yang syahdu, serta kehidupan di dalam gang. Delman yang sering terlihat di kota Bandung cocok dengan vibe lagu ini. Di tengah kemajuan teknologi, Delman menjadi simbol yang mengingatkan kita akan keaslian dan kehidupan sederhana,” ungkap Wildan Sugara, Hypeman dan juga Art Director dari Feel Koplo.

Tidak hanya kolaborasi dengan Feel Koplo, versi dari Putri Ariani juga akan dirilis pada 8 Maret mendatang. Gubahan dari Putri Ariani akan mengajak pendengar masuk ke dalam dunianya, membuktikan bahwa musik adalah bahasa universal yang mampu menyatukan semua.

Tags

Artikel Terkait

Terkini