• Minggu, 14/04/2024 11:22 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

KASAL: KOPASKA DIPERLUKAN SEBAGAI FAKTOR PENGALI KEKUATAN UNTUK MENGHADAPI ANCAMAN PERANG MASA DEPAN

- Selasa, 02/04/2024 17:53 WIB
KASAL: KOPASKA DIPERLUKAN SEBAGAI FAKTOR PENGALI KEKUATAN UNTUK MENGHADAPI ANCAMAN PERANG MASA DEPAN
Dok Dispenal

Kopaska harus mampu menjadi faktor pengali kekuatan yang dapat mengatasi berbagai ancaman perang masa depan yang semakin kompleks.

“Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali saat menjadi Pembicara Utama dalam Sarasehan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan tema “Kopaska Sebagai Prajurit Peperangan Laut Khusus Siap Mendukung Tugas TNI AL Menuju Indonesia Maju" di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, pada Senin (01/04).

Sarasehan tersebut diadakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Kopaska TNI AL yang jatuh pada 31 Maret 2024 kemarin. Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 personel TNI AL, termasuk Pejabat Mabesal, Balakpus, Kotama Pembina dan Operasional, serta personel Brevet Kopaska.

Dalam kesempatan ini, Kasal menjelaskan bahwa, sejalan dengan visi pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, pembangunan postur kekuatan TNI Angkatan Laut yang modern, memiliki daya tangkal kawasan, dan bersifat global menjadi suatu keharusan.

“Oleh karena itu, Kopaska harus responsif dalam merumuskan dan mengimplementasikan visi TNI Angkatan Laut tersebut ke dalam rencana pembangunan postur Kopaska yang terukur dan terarah sesuai dengan tugasnya," ujar Kasal.

Pada acara Sarasehan Kopaska ini, dilakukan presentasi terkait “Potensi Indonesia sebagai negara maritim dan konsep penyusunan postur TNI AL 2025-2044 sebagai kekuatan pertahanan laut yang kuat dalam menghadapi ancaman keamanan regional dan global di masa mendatang", yang disampaikan oleh Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono.

Selanjutnya, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan menyampaikan paparan tentang "Perkembangan lingkungan strategis yang berkaitan dengan Pasukan Khusus dan potensi pelibatan Kopaska dalam tugas operasi TNI dan TNI AL".Terakhir, Wadan Puskopaska Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko menyampaikan materi tentang "Prioritas, strategi, dan konsep pembangunan postur Kopaska meliputi kekuatan, kemampuan, operasional, dan organisasi Komando Pasukan Katak 2025-2044".

Tags

Artikel Terkait

Terkini