• Jum'at, 19/04/2024 08:25 WIB
Sebanyak 30 negara, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia The International Ice Stars in Peter Pan on Ice di Jakartadi Indonesia Arena di Undur Sampai Bulan Desember 2024

 5 Resep Olahan Selai Kacang Untuk Menu Buka Puasa

- Jum'at, 16/04/2021 10:54 WIB
 5 Resep Olahan Selai Kacang Untuk Menu Buka Puasa
Ist

Selai kacang bukan lagi menjadi makanan yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Dengan rasa yang gurih dan sedikit manis, selai kacang banyak digunakan untuk olahan sandwich saat sarapan. Nyatanya, selai kacang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan, lho! Dari kudapan hingga makanan berat, tahukah kamu bahwa terdapat berbagai resep selai kacang yang cocok untuk dinikmati di waktu berbuka puasa selama bulan Ramadan ini? Walaupun Ramadan kali ini terasa berbeda dalam situasi pandemi, tetapi kita bisa tetap bersenang-senang saat berada di rumah bersama keluarga dengan ditemani resep-resep lezat di bawah ini. Yuk, simak apa saja sihresepnya!

Tentu kamu sudah tidak asing dengan anjuran untuk berbuka dengan yang manis, bukan? Buat kamu pencinta cheesecake dan ingin menikmatinya di waktu berbuka, kamu bisa membuat cheesecake-mu lebih spesial dengan sentuhan lapisan luar kacang. Untuk menambahkan lapisan luarnya, kamu hanya membutuhkan remahan Graham cracker, selai kacang, dan telur. Sebelum menuangkan adonan cheesecake ke dalam loyang, tekan adonan lapisan luar tadi di bagian bawah dan samping loyang. Lalu, panggang dehselama 1 jam! Eits, sebelum dimakan, jangan lupa simpan dulu di kulkas selama 3 jam. Dijamin jadi favorit keluarga!

Setelah makan hidangan berbuka puasa, keluarga pasti lapar dan ingin makanan berat. Jika bosan dengan olahan ayam yang biasa, kamu bisa membuat ayam panggang dan disajikan dengan saus kacang ini! Cara membuatnya juga mudah sekali. Kamu hanya membutuhkan sebuah panci untuk mencampurkan selai kacang, air, cuka apel, gula aren, kecap asin, minyak, jahe yang telah dihaluskan, dan biji wijen. Masak hingga mendidih, kira-kira satu menit, lalu kecilkan api dan aduk hingga satu menit. Selesai, deh! Mau dicocol atau dituang ke atas ayam, dua-duanya sama-sama lezat. 

Percaya nggak sihkamu bisa bikin dessert lezat ini dalam 10 menit? Yes, bisa banget! Kamu hanya perlu mencampurkan selai kacang, tepung, bubuk coklat, gula, baking powder, garam, susu hangat, mentega, dan vanili ke dalam mugyang aman untuk microwave. Lalu, masukan ke dalam microwavedan atur waktu selama 1 menit 30 detik. Setelah selesai, kamu bisa taburkan chocolate chipatau sirup coklat sesuai selera. Cocok banget nihbuat yang nggak punya waktu bikin menu buka puasa atau saat anak tiba-tiba mendambakan kue coklat. 

Masih ada sisa makanan seperti ayam atau daging sisa sahur? Jangan sampai mubazir! Kamu bisa kreasikan sisa makananmu untuk jadi menu buka puasa, lho. Kamu hanya perlu siapkan roti dan letakkan di tray pemanggang. Di mangkok terpisah, campurkan selai kacang, saus BBQ, dan jus jeruk. Sisakan setengah dari campuran saus tersebutdi mangkok lain ya. Lalu, masukan ayam atau dagingnya ke saus dan letakkan di atas roti. Lengkapi dengan taburan keju mozarella di atasnya dan dipanggang selama 5 menit saja! Sensasi makan di restoran dengan bahan-bahan yang mudah, buka puasa jadi lebih nikmat, deh.

Ingin makan dessertuntuk buka puasa tapi lagi diet? Nggak masalah! Cobain resep ini, yuk! Muffin tanpa tepung ini cocok untuk kamu yang ingin buka puasa dengan yang manis-manis dan rendah kalori. Kamu hanya perlu campurkan selai kacang, telur, pisang, baking soda, vanili, dan madu di blender. Jika sudah halus, tuangkan adonan tersebut ke cetakan muffinatau cupcake yang kamu punya. Kamu juga bisa tambahkan topping kesukaanmu, seperti kismis, kacang almond, atau coklat. Panggang hingga 12 menit dan muffintanpa tepungmu sudah jadi! Sehat dan juga enak!

 

 

Tags

Artikel Terkait

Terkini