Roaring K-pop booming membalikkan nasib CD yang menurun dan album berwujud lainnya

Munady
Sabtu, 02/11/2019 19:50 WIB
Roaring K-pop booming membalikkan nasib CD yang menurun dan album berwujud lainnya
BTS ( dok Big Hit Entertainment.( Yonhap)

Sejak awal 2000-an, compact disc sebagai format distribusi musik telah semakin digantikan oleh penyimpanan digital dan format distribusi lainnya seperti streaming internet.

Membalikkan penurunan tersebut, bagaimanapun, penjualan album fisik - kebanyakan CD tetapi juga kaset, piringan hitam dan Kihno - telah mencatat pertumbuhan dramatis selama beberapa tahun terakhir sejak 2014 di Korea Selatan.

Pada tahun 2017, penjualan gabungan dari 400 rekaman musik teratas dalam format album fisik mencapai 16,93 juta kopi, naik 56,6 persen dari tahun sebelumnya, menurut Asosiasi Konten Musik Korea.

Angka yang sesuai mencapai 22,82 juta pada tahun berikutnya, melampaui angka 20 juta untuk pertama kalinya sejak asosiasi mulai mengumpulkan data pada tahun 2011.

Tahun ini, jumlah itu juga diperkirakan akan naik, dengan penjualan 20,97 juta kopi terdaftar sejak awal 2019 hingga 26 Oktober.

Di belakang ekspansi yang tidak biasa seperti itu adalah kekuatan yang terus meningkat dari industri K-pop dan fandom K-pop yang antusias serta strategi pemasaran yang canggih dari para distributor musik.

Menurut grafik album Gaon, yang dioperasikan oleh Asosiasi Konten Musik Korea, BTS kembali menjadi penjual album terbaik, dengan album terbarunya, "Map of the Soul: Persona," telah terjual lebih dari 3 juta kopi pada 1 November, kekuatan pendorong utama untuk penjualan 2019 catatan musik fisik.( Yonhap)

KOMENTAR